Membangun Personal Branding Travel Blogger

oleh - Rabu, Agustus 17, 2022

Istiqomahsweet.com - Memiliki impian menjadi seorang travel blogger memang bukanlah hal yang mudah. Membutuhkan effort yang tinggi untuk mendapatkan hobby yang dibayar itu.


Personal Branding

Membangun personal branding travel blogger ini salah satu impian yang berawal dari sebuah hobby, karena saya ingin bisa saya jadikan sebagai passion untuk seterusnya.

Bagi seorang seniman, pekerjaan seni yang berasal dari hobby merupakan suatu aktivitas yang membahagiakan apalagi sudah mendapatkan sebagai penghasilan utama. Iya, karena alasan saya memilih sebagai travel blogger karena memang ingin bisa bercerita tentang dunia, terutama tentang perjalanan peradaban muslim yang ada di dunia.

Berbagi cerita tentang perjalanan seorang pelancong seperti saya, melalui dunia literasi blogger ini. Meski sebelumnya belum pernah terfikir untuk memiliki sebuah blog. Jadi masih terus menulis apapun.

Travel Blogger


Saya awal mulanya terinpirasi dari Trinity. Bisa menjelajah dunia yang indah memang sudah keinginan saya, maka dari itu melalui sebuah tulisan untuk menceritakan semua hal mengenai travelling.

Dunia literasi sudah saya gemari sejak usia dini, seperti membaca membuat saya menjadi tahu segalanya dan dengan menulis dapat mengutarakan imajinasi yang saya miliki.

Hobby Traveling 

Membaca dan menulis memang sudah menjadi hoby, tapi saya juga sangat menyukai dunia olahraga dan travelling. Tapi sebelumnya saya juga seorang aktivis di berbagai organisasi dan komunitas.

Karena memang tidak pernah lelah dan tidak terbiasa diam di rumah, jadi apapun kegiatan selalu bisa saya lakukan untuk tetap aktif di luar, selagi itu akan membuat manfaat kedepannya.

Sebenarnya untuk dunia literasi sudah lama saya tekuni, hanya saja belum bisa terfokus seperti saat ini. Karena masih banyak prioritas yang harus saya dahulukan. Nah saat ini, menulis sudah menjadi bagian prioritas untuk tetap bisa saya terapkan.

Karya saya masih antologi sebanyak 15 buku yang sudah diterbitkan, terdapat beberapa karya tulis yang sudah dimuat disebuah majalah, masih ada juga naskah yang sudah saya buat dibeberapa platform dan media. Maka dari itu saya tidak boleh merasa cepat puas. Namun saya akan terus berusaha untuk tetap bisa berkarya.

Personal branding travel blogger

Tapi setelah saya terus belajar, saya baru menyadari passion yang tepat, yaitu dengan menulis. Dari menulis ini saya ingin bisa membuat branding sebagai travel blogger. Karena dari sana saya ingin sebuah hobby menjadi sebuah passion.

Proses Menulis

Dahuku memang tahunya hanya sekedar menulis, tapi tidak pernah berfikir bahwa menulis ini bisa menghasilkan uang. Meski saya dahulunya belum mendapatkan penghasilan menulis. Saya tetap melakukan proses menulis, meskipun hanya sekedar menulis di buku diary dan menulis di social media.

Tapi untuk sat ini menulis konten sudah banyak dibutuhkan. Maka dari itu, konten yang ingin saya fokuskan adalah travel blogger. Karena dari travel blogger mengajarkan saya untuk terus berproses di lingkungan baru sehingga bisa mengenal orang-orang baru, bisa berani memulai tantangan baru diluaran sana, saya juga bisa mengeksplor suasana baru dan yang pasti itu bisa menikmati keindahan di tempat yang berbeda.

Proses Belajar Mengajar Teknologi

Belajar teknologi memang sudah saya lakukan sejak saya duduk dibangku sekolah. Tapi dahulu memang belum faham betul. Jika dengan teknologi bisa bekerja dan bisa mendapatkan uang.

Dengan adanya teknologi saya terus membangun personal branding ini dengan tekun belajar darimana saja. Rela mengeluarkan uang untuk mengikuti beberapa kelas. Agar saya bisa diterima oleh beberapa penulis yang sudah asli dibidangnya.

Proses Membranding Diri Sebagai Travel Blogger 

Maka dari itu saya mencoba membuat name card. Agar orang lain perlahan tahu, bahwa saya seorang penulis. Siapa tahu, perlahan impian saya sebagai travel blogger bisa terwujud dengan saya konsisten menulis.

Name Card Travel Blogger

Saat ini memang membutuhkan konsisten untuk membuat konten bermanfaat dari menjadi seorang Travel Blogger. Karena saya belum banyak traveling, hingga lupa membuat konten.

Buat konten yang bermanfaat untuk orang lain. Konten yang bermanfaat akan dicari orang di internet. Kalian juga bisa mengoptimasi tulisan kalian dengan mempelajari SEO. Hal tersebut membantu blog saya, untuk mendapatkan peringkat yang lebih di Search Engine yang tentunya akan ada pengunjung yang datang ke situs saya yang sudah membangun sebagai personal branding travel blogger.

Sudah banyak sekali travel blogger yang ada di Indonesia yang sudah menjajakin wisata yang ada, karena sebagai travel blogger harus turut mempromosikan wisata yang ada di setiap daerah. Karena saya juga suka bercerita, jadi ingin membuat sebuah cerita perjalanan ke dalam tulisan travel blogger ini. Sehingga saya dapat berbagi pengalaman mengenai wisata, kuliner, budaya kepada mereka yang sedang membutuhkan informasi.

Jadi yang saya lakukan saat ini, harus mulai berkomitmen untuk terus bisa menulis dengan konten travel blogger. Dimana saya bisa membagikan kisah perjalanan yang saya lakukan. Karena menurut saya setiap penulis pasti akan menemukan pembacanya, begitu dengan seorang travel blogger.

Paling tidak yang harus saya lakukan yaitu berani memulai dan berkomitmen untuk terus membuat branding sebagai travel blogger. Fokus ke satu tujuan yang sudah dibuat, sebuah passion yang harus dijadikan sebagai profesi.

Adanya sebuah passion menjadi seorang travel blogger ini membuat energi saya terus hidup, karena bisa menikmati keindahan ciptaan-Nya. Sehingga tetap menikmati rasa syukur yang sudah diberikan hingga saat ini.

Memiliki impian membangun personal branding travel blogger memang bukan hal yang sangat mudah, perlu waktu dan tekad yang kuat untuk bisa menjadikan sebuah impian menjadi kenyataan.

Keyakinan untuk bisa meraih impian hanyalah terus berusaha dan pantang menyerah. Dimana menikmati sebuah proses untuk tetap berkembang lebih baik lagi.

Meskipun saya masih belum banyak menjelajah. Tapi impian saya untuk menjadi travel blogger tidak akan pernah hilang. Karena saya berharap menjadi travel blogger bersama orang yang terus support, yaitu suami saya dan anak saya.

Dimana kita yang akan meneruskan jejak menjadi seorang travel blogger, sehingga saya tidak berjuang sendirian. Semoga impian saya ini dapat terealisasikan. Menikmati keindahan bersama dengan menjelajahi wisata yang sudah ada, agar bisa selalu bersyukur.

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.