Cara Membuat Artikel SEO Untuk Pemula

oleh - Selasa, Agustus 23, 2022

Istiqomahsweet.com - Teknologi akan terus berkembang di setiap waktunya. Maka dari itu sebagai Gen-Z diharuskan untuk selalu upgrade skill, terutama bagi seorang blogger pemula harus bisa menguasai skill SEO.




Sebagai seorang blogger pemula, saya sudah mulai aktif menulis artikel. Tapi bagi saya menulis artikel dengan menerapkan teknik SEO adalah tantangan buat saya.

Maka dari itu pentingnya seorang blogger pemula seperti saya ini harus bisa meningkatkan skill dengan belajar lebih dalam, tentang cara membuat artikel SEO untuk pemula itu seperti apa? Bagaimana?

Jika seorang blogger bisa menulis artikel SEO bahkan bisa menguasai teknik SEO dengan baik, maka artikel yang ditulis akan lebih mudah ter-index atau bisa muncul di mesin pencarian google pada halaman pertama, sehingga akan ada banyak orang yang bisa mudah menemukan sehingga para pengunjung bisa membaca artikel tersebut.

Sebagai seorang blogger saya belum paham secara mendalam tentang SEO itu sendiri. Sangat beruntung kali ini saya bisa mendapatkan informasi tentang cara membuat artikel SEO dari komunitas Joeragan Artikel yang ada di grup telegram. Jadinya saya tidak ketinggalan ilmu yang paling dibutuhkan dalam dunia blogger ini.

Mentor yang mengisi kelas ini adalah kak Malica Ahmad yang juga sorang blogger berpengalaman sangat lama, saat ini sudah mengelola banyak website. Pengalaman kak Malica sudah banyak dalam bidang copywriter, content writer, writerpreneur , dan Chief Marketing Officer, apalagi sudah banyak lomba blog yang sudah diraih.



Kelas cara membuat artikel SEO ini sudah berlangsung selama 5 hari dengan pendampingan penuh dari Mentor yang hebat, kelas dimulai dari tanggal 10 - 15 Agustus 2022. Materi yang disampaikan melalui wag (WhatsApp grub) berupa file PDF, namun kak Malica juga memberikan penjelasan poin per poin.

Para peserta sangat berantusias dalam bertanya kepada Kak Malica dan saya juga tidak kalah ketinggalan untuk bertanya jika saya merasa ada yang kurang difahami.

Kak Malica menjawab dengan sangat detail bahkan disertai dengan beberapa contoh permasalahan artikel di sebuah blog. Nah, ini pada sesi akhir kelas diadakan tatap muka secara online melalui zoom, untuk membahas cara membuat artikel ini lebih jelas praktek secara langsung, sehingga para peserta tlebih mudah memahami.

cara membuat artikel SEO

Meski saya sudah mengenal dunia blog sudah sangat lama sejak tahun 2010 dari mulai masih sekolah SMK, tapi memang membutuhkan waktu yang cukup lama, saya bisa fokus seperti sekarang.

Jadi ada rasa kebanggakan bagi saya, bisa mengikuti kelas ini untuk meningkatkan skill saya sebagai seorang blogger, agar bisa menjadi seorang blogger yang lebih berkembang.

Sebelum membuat artikel SEO, sebaiknya harus paham terlebih dahulu tentang jenis-jenis SEO. SEO sendiri ada dua jenis, yaitu SEO on page dan SEO off page. Pengertian SEO on page adalah teknik SEO yang dilakukan di dalam artikel.

Teknik ini bisa dikatakan sebagai optimasi artikel/konten. Caranya dengan meletakkan kata kunci atau keyword di dalam paragraf, heading, gambar, URL, dan lainnya.

Sedangkan pengertian SEO off page, dilakukan dengan cara memberikan backlink internal ke dalam tulisan atau backlink eksternal ke blog lain. Bisa juga dengan share artikel yang sudah ditulis ke media sosial.

Nah, sebagai seorang blogger jika sudah menulis dengan teknik SEO jadi tulisannya tidak hanya bermanfaat bagi saya saja, melainkan para pengunjung yang menemukan tulisan saya di page google. Berikut penjelasan materi cara membuat artikel SEO untuk pemula yang sudah diberikan oleh mentor antara lain :

Optimasi Cara Membuat Artikel SEO

Cara membuat artikel SEO On Page yang harus diterapkan. Berikut penjelasannya :

(Optimasi Keyword di Judul dan panjang meta judul 55 Karakter)

(Optimasi Judul Sebaiknya diawal)

(Optimasi Keyword di Permalink dan Panjang Permalink maks 75 Karakter)

(Optimasi Keyword di Meta Deskripsi dan maks 155 Karakter)

(Optimasi Keyword di 150 karakter paragraf awal)

(Optimasi Keyword tidak perlu di Bold, Italic, Underline)

(Selalu ada Kesimpulan/konklusi di akhir paragrap)

(Jumlah Kata Pada Artikel sebaiknya lebih banyak daripada kompetitor)

(Paragraf tidak perlu Panjang)

(Optimasi tulisan dengan H1, H2 dan H3 (urut))

(Optimasi Keyword ada di H2 dan H3)

(Keyword di nama image pakai strip (-))

(Berikan judul pada Alt Image/Video)

(Internal Link menuju ke Artikel yang Relevan)

(Gunakan LSI Keyword/keyword Turunan yang Relevan)

(Share artikel di media sosial (FB/Twitter/IG/dll))

(Inspect URL di Google Search Console dan Google Analytic)

(Optimasi Besar file image dengan menggunakan Keyword)

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai optimasi SEO On Page yang bisa diterapkan. Tapi saya sendiri masih banyak kesalahan masih terdapat pada tulisan gambar dan mencari keyword, dengan semangat terus belajar tanpa henti untuk bisa memperbaiki blog yang saya miliki saat ini.

Tools Riset Keyword Artikel SEO

Terkadang saya juga masih salah dalam meletakkan keyword yang kurang sesuai di dalam paragraf artikel. Maka dari itu sebelum menulis perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu. Ataupun bisa memasang beberapa tools untuk meningkatkan SEO itu sendiri. Berikut penjelasan beberapa tools atau alat yang digunakan untuk riset keyword ataupun digunakan sebagai optimasi artikel :

Google Trends

Google Search

Ubber Suggest

Google Search Console
T
Google Analytic

Keywordtoolds.io

Ahrefs

MOZ

Meta SEO Inspector

Kesimpulan

Jika sudah melakukan riset keyword, sudah mengoptimalkan SEO on page dan SEO off page jadi sebaiknya diperhatikan juga jumlah pencarian (search volume), tingkat kesulitan kata kunci, dan persaingan konten dengan kompetitor atau website lain.

Bagaimana sudah faham belum? Jadi banyak juga ilmu yang diberikan ya. Itulah penjelasan cara membuat artikel SEO untuk blogger pemula. Selanjutnya, semoga saya bisa menerapkan semua materi ini ke dalam setiap artikel/konten di blog yang akan saya buat. Semoga bermanfaat.

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.