5 Tips sebagai Blogger Pemula

oleh - Selasa, Maret 15, 2022

Istiqomahsweet.com - Bagaimana caranya menjadi seorang penulis blogger? Cukup mudah sebenarnya, pastinya harus memiliki situs blog. Ada banyak hal yang perlu dilakukan. Ini adalah sesuatu yang tidak semua orang tahu.

5 Tips sebagai Blogger Pemula


Dalam artikel ini kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menjadi blogger profesional. Sebelum strategi untuk mendapat manfaat ke dalam blogger diberlakukan, upaya harus dilakukan untuk menyiapkan blog dengan benar.

Apa yang harus dilakukan di awal untuk mempersiapkan menjadi seorang penulis blogger? Kalau alasan saya sendiri memang ingin bisa menjadi seorang travel blogger. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memulai menulis blog :

1. Membuat Perencanaan Tujuan

Jika ingin menjadi blogger pemula yang baik, sebelum memulai harus tahu tujuan proyek. Karena jika mengetahui tentang tujuan di awal menulis termasuk awal dari proses. Dengan memiliki tujuan bisa tahu apa yang akan dilakukan dan arah blog yang akan dikembangkan nantinya.

Ini penting karena hasil kegiatan tidak ditampilkan dalam beberapa hari. Perlu upaya berkelanjutan untuk menjadi besar. Apa tujuan dari sebuah situs web? Untuk mendapatkan penghasilan online dengan berbagi informasi.

2. Tentukan Tema 

Banyak sekali topik blog yg sanggup Anda pilih. Namun, bukan berarti Anda sanggup membahas seluruh topik & menciptakan blog gado-gado atau campuran, ya? Anda relatif menentukan galat satu utama bahasan menjadi topik.

Lalu, menyebarkan topik tadi buat jangka panjang. Pilihlah topik blog yg sinkron menggunakan minat & keahlian. Dengan demikian, nir terdapat istilah bosan saat mengelola blog atau kehabisan pandangan baru ketika akan menulis konten. Selain itu, pilihlah topik yang paling diperlukan masyarakat. Hal ini umumnya Anda ketahui menurut banyaknya pencarian yg dilakukan pada mesin pencari.

3. Pilih Platform Blogspot atau Wordpress

Memilih platform blog adalah hal krusial menurut cara sebagai blogger sukses. Sebab, kesalahan menentukan platform akan Mengganggu perkembangan blog Anda. Saat ini masih ada poly pilihan platform yg tersedia. Pilihlah sinkron menggunakan tujuan & skill Anda.

Bagi pemula, memakai platform CMS (Content Management System) merupakan pilihan terbaik. WordPress merupakan galat satu CMS yg sanggup Anda gunakan. Platform ini menaruh kemudahan bagi Anda buat bisa mengelola blog bahkan tanpa kemampuan coding sama sekali. Tidak hanya itu, WordPress adalah platform yg ramah mesin pencari. Artinya, akan mendukung blog Anda buat sanggup tampil pada laman primer Google menggunakan lebih mudah.

4. Bergabung dengan Komunitas Blogger

Bergabunglah ke komunitas. Di Indonesia, komunitas blogger mulai ditemui. Contohnya, Komunitas Blogger HUB, Kumpulan Ema-emak Blogger, Blogspedia dan masih banyak lainnya. Dengan bergabung ke komunitas, Anda sanggup menerima beberapa manfaat dari blog itu sendiri mulai dari awal mula menggunakan blog dan bisa mengembangkan blog itu sendiri.

Sebelum Anda menerima manfaat berdasarkan pihak lain, berbagilah keterangan krusial ke orang lain dulu. Bisa menggunakan menjawab pertanyaan berdasarkan anggota lain pada forum. Bisa pula menggunakan mengembangkan link ke artikel blog anggota komunitas yg relevan. Tawarkan kolaborasi.

Jangan ragu buat mengajak blogger lain menciptakan konten bersama. Terutama, blogger yg mempunyai kelebihan pada satu topik tertentu. Cara lain, Anda sanggup menulis artikel pada blog mereka alias guest post.


5. Meningkatkan Skill

Produk utama situs web Anda adalah artikel. Kualitas artikel yang Anda buat akan ditentukan oleh keterampilan menulis Anda. Sayang jika Anda memiliki topik yang unik. Itu tidak dapat mengirimkannya dengan baik.

Keterampilan menulis harus selalu ditingkatkan. Metode ini berlaku untuk Anda yang baru saja membuat situs web baru dan ingin meningkatkan kinerjanya. Informasi baru adalah salah satu hal yang didapat pengunjung blog.

Jika Anda ingin mendapatkan jumlah pengunjung yang terlihat, selalu belajar hal-hal baru. Anda dapat terus membuat konten yang menarik. Anda dapat mempelajari hal-hal baru dengan melakukan eksperimen atau bacaan Anda sendiri dari sumber resmi.

Nah, saya sendiri juga memiliki beberapa alasan menjadi seorang blogger. Jadi meski sebagai pemula harus memiliki alasan terbesar dan alasan yang kuat untuk menjadi seorang penulis blogger.

Mungkin Kamu Suka

2 Komentar

  1. Nomor 4 sih yang ngaruh banget

    Sebelum kenal komunitas dulu aku ngeblog nya murni kayak diary aja
    Setelah kenal komunitas (waktu itu di grup facebook) baru deh jadi ngerti genre-genre, ciri khas penulisan, niche, dan sebagainya sampai akhirnya blog ku sebesar sekarang :')

    BalasHapus
  2. Sangat di rekomendasikan untuk bergabung dengan komunitas blogger, karena untuk membangkitkan semangat. Disana juga banyak sekali pengetahuan tentang dunia blog. mereka biasanya menyediakan mentor. kita sebagai anggota tinggal menikmatinya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.