6 Kue dari Indonesia : khas Gresik wajib dicoba

oleh - Senin, Maret 14, 2022

Istiqomahsweet.com - Gresik salah satu kota di Indonesia yang tidak jauh dari Surabaya. Daerah ini memiliki berbagai macam 6 jenis kuliner kue yang wajib di coba jika berkunjung ke Gresik.

Jenis Kue dari Indonesia
Kue Pudak Khas Gresik


Jajanan tradisional Gresik sudah melegenda pada antara masyarakat. Beberapa jajanan bahkan masih mampu ditemukan pada pasar atau sentra oleh-oleh khas Gresik. Aneka jajanan ini mampu sebagai pelengkap kulineran kota wali ini.

Makanan-kuliner ini bahkan hanya terdapat pada Gresik. Jajanan spesial Gresik ini dijamin akan bikin ketagihan. Berikut 6 jajanan spesial Gresik,


1. Pudak

Pudak ini termasuk salah satu kue atau camilan khas tradisional Gresik yang sangat legendaris. Campuran tepung beras, gula dan santan disebut pudak. Adonan dibungkus pisang dan dikukus.


Ada tiga versi berbeda dari camilan ini, yaitu Pudak Putih (gula pasir), pudak red (gula Jawa) dan Pudnak Sago. Bau Nuga Pudak Pandan sangat lezat. Pudak memiliki bentuk unik yang tidak akan ditemukan di camilan lain.

2. Bonggolan

Bonggolan adalah camilan yang terbuat dari bahan-bahan dasar daging ikan dengan garam dan bawang putih. jajanan ini hanya terdapat di pantai utara Kabupaten Gresik untuk ditemukan.

Bonggol memiliki rasa ikan yang khas. Bonggol terlihat mirip dengan Palembang Pempek. Bonggolan biasanya dimakan dengan kecap, saus cabai atau petis. Bisa juga sebagai pelengkap nasi lauk pauk ataupun dijadikan sebagai kerupuk.

3. Martabak usus

Biasanya martabak identik dengan daging. Berbeda dengagn martabak usus camilan Gresik yang masih hits sampai sekarang. Sudut kota ini memiliki martabak usus. Makanan jalanan ini sangat unik.

Martibak telur mirip dengan sendi temporomandibular. Ini memiliki mie nasi goreng dan masakan kecap kedelai. Cabai Petis biasanya dimakan bersama Martabak.

4. Jubung

Kue manis yang sudah cukup lama ada. Namanya jenang jubung. Jubung sendiri diambil dari bahasa Gresik yang berarti daun pinang. Makanan jenis ini diberi nama jubung karena dibungkus dengan daun pinang. Tapi jenang jubung Gresik merupakan yang paling otentik dan asli.

Bahan utama untuk membuat jenang jubung adalah tepung ketan hitam. Jubung mempunyai tampilan seperti misalnya jenang, karena terbuat berdasarkan ketan hitam yg ditaburi biji wijen pada atasnya.. Bahan lain yang melengkapi yaitu santan gula pasir dan juga wijen untuk ditabur di atasnya. Semua bahan dicampur menjadi satu hingga menjadi adonan. Adonan kemudian dimasukkan ke dalam wadah yang bernama jubung untuk dikukus. Jangan lupa tabur wijen di atasnya.

Cita rasa jenang jubung kuliner khas gresik sendiri manis dan legit. Tambahan wijen di atasnya membuat jenang jubung terasa lebih nikmat. Jenang jubung bisa kamu bawa pulang sebagai oleh oleh khas Gresik karena makanan ini awet hingga berhari-hari. Sebenarnya kita juga bisa menemukan jenang jubung di daerah lain.

Biasanya, jubung ditempatkan pada selongsong rona putih yg terbuat berdasarkan daun pinang belia. . Untuk menciptakan jubung proses tadi dilakukan perendaman ketan hitam, lalu menggiling ketan, mengolah ketan, hingga membungkus ketan sebagai jubung diharapkan ketelatenan & kesabaran lantaran proses awal pembuatan camilan ini menghabiskan saat lebih kurang 24 jam. Selain Jubung, rakyat setempat pula menyebutnya menggunakan nama Ope.

5. Kue sekotor

Kue sekotor mirip dengan kue lumpur. Kue yang lebih aman memiliki rasa asin dan gurih. Kue ini dibuat dengan tepung, tepung nasi, dan santan. Kue biasanya diisi dengan sayuran. Kue sekotor ini biasanya ditemukan di pasar. Kue ini sering hadir di acara-acara santai yang ada di Gresik.

6. Arang-Arang Kambang

Arang-arang kambang termasuk salah satu camilan khas pada upacara pernikahan adalah changang arang. Arang kambang terbuat dari nasi lengket. Makanan terbuat dari kaset nasi lengket. Kombinasi pisang, santan dan gula Jawa dimungkinkan.

Arang Kambang memiliki rasa manis, asin, dan segar. Kambang Charcoal adalah makanan tradisional tradisional yang ditemukan selama bulan Ramadhan.






Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.