Novel Bootcamp 2022 with Wordholic Class

oleh - Selasa, Maret 15, 2022

Istiqomahsweet.com - Mengapa kita harus mengasah skill? Suatu hari ada seorang teman yang bertanya. Kenapa selalu aktif dalam semua kegiatan? Sebenarnya ingin jadi apa sih? Lebih baik itu diam di rumah.

Kalau difikir sih, memang lebih enak diam di rumah tidak ada aktivitas apapun,. Karena tidak memerlukan tenaga untuk melakukan aktivitas. Namun, jika hanya diam saja, tidak akan membuat seseorang berkembang di masa depan.


Wordholic Class


Maka dari itu saya lebih memilih mengikuti berbagai macam aktivitas untuk bisa produktif dari mana saja. Dengan mengikuti kegiatan kelas daring, akan memberikan perkembangan skill di masa depan. Nah, kegiatan yang saya lakukan saat ini mengikuti “Novel Bootcamp 2022 with Wordholic Class”.

Tujuan Mengikuti “Novel Bootcamp 2022 with Wordholic Class"

Biasanya kalau belajar sendirian, motivasinya seperti iman, mudah naik, tapi lebih mudah turun juga. Dengan mengikuti Novel Bootcamp 2022 with Wordholic Class, kita akan mendapatkan banyak teman yang memiliki tutjuan yang sama yaitu menulis fiksi.

Memiliki teman belajar bersama di sini sebagai tempat saling sharing, menyemangati atau sekedar tertawa haha hihi berbagi cerita mengenai cerita fiksi. Meski Novel Bootcamp sebatas online, tapi tetap bisa produktif loh.

Misalnya ada yang sudah menyelesaikan tugas, peserta yang lain akan termotivasi untuk menyelesaikan tugas sesuai kreativitasnya masing-masing


Pengalaman Mengikuti Novel Bootcamp 2022 With Wordholic Class

Menulis Fiksi

Tulisan fiksi bukan hal yang asing terutama seorang penulis karena ketika masih SD kita sudah mendapat pelajarannya. Saya sendiri juga suka berimajinasi, maka mengikuti Novel Bootcamp salah satu cara saya mengembangkan skill yang saya miliki dalam menulis fiksi.

Sangat menyenangkan materi yang diberikan, pengalaman pertama bisa mengikuti novel bootcamp hingga selesai di tahun ini. Karena sebagai penulis untuk mendapatkan hasil dari sebuah cerita memang harus tetap produktif menulis.


Cuplikan Materi : Novel Bootcamp 2022

Novel Bootcamp 2022

Cuplikan Materi : Novel Bootcamp 2022


Novel Bootcamp ini diadakan pada bulan februari selama 20 hari bersama mentor kak Reffi Dhinar selaku founder dari Wordholic Class, banyak sekali materi baru mengenai fiksi yang saya dapatkan di sana. Berikut rangkuman dari materi yang sudah saya dapatkan :

Makanya saya bilang jika premis sangat penting. Outline bisa dirombak jika butuh karena plotnya berkembang, tapi premis tidak bisa.

Premis ibarat rangkuman pendek titik awal cerita dan tujuan akhir yang ingin dicapai tokoh. Outline penjabaran tokoh dan kehidupannya, mulai munculnya konflik, dan rangkaian usaha tokoh dengan lebih detail.

Premis tidak jelas, tujuan tidak kuat, hambatan nggak nyambung sama tujuan, ceritamu bisa ngambang.

Novel Bootcamp 2022

Cerita kompleks dan banyak tokoh kuat, maka perlu multiple premise

Intinya, penulis yang tahu tokoh di dalam cerita ini butuh tokoh utamanya apa.

Hukum mutlak premis:

1 tokoh 1 premis


Jika multiple premise:

tujuan tiap tokoh harus kuat dan memang perlu dalam cerita.

Penulis perlu membuat benang merahnya.


Contoh Tugas : Apa ide novelmu? Kisah tentang seorang gadis keturunan suanggi

Siapa Tokoh Utamamu? Nara

Apa tujuan tokoh utamamu? Hidup ingin sebagai perempuan pada umumnya (sekolah, bekerja, menikah, punya anak). Secara alamiah Nara akan mewarisi ilmu suanggi dari ayahnya.

Bagaimana Usahanya? Nara berusaha melenyapkan air sakti yang disimpan neneknya di bawah tempat tidurnya. Air itulah sumber kehidupan ayah dan neneknya yang suanggi. Jika air itu tumpah atau dibuang maka kekuatan nenek dan ayahnya akan musnah untuk selamanya.

Premis

Nara ingin hidup normal seperti anak perempuan lain. Takdirnya yang terlahir sebagai keturunan suanggi menempatkan dirinya akan menjadi secara alamiah menjadi suanggi seperti halnya nenek dan ayahnya. Namun, Nara menolak takdir itu. Dia berusaha memusnahkan sumber kekuatan suanggi nenek dan ayah.


Novel Bootcamp 2022
Tugas : Novel Bootcamp 2022


Setelah mendapatkan materi, seluruh peserta diharapkan mengerjakan sesuai arahan yang sudah diberikan. Nah, ternyata tidak hanya tugas saja, nama saya mendapatkan kesempatan Novel Bootcamp dengan mengikuti masterclass dengan diskon 50%. Wah kesempatan yang sangat bagus bagi saya.

“Selamat siang.

Hari ini saya mau mengumumkan 5 nama peserta Wordholic Class yang sudah mengikuti banyak kelas menulis di 2021 dengan berbagai mentor Wordholic Class.

Kelima nama ini berhak mendapat diskon 50% untuk Masterclass Novel yang harga utamanya 350 ribu. Silakan kontak saya jika berminat menggunakan vouchernya ya.

😊

Thea

Eunike Hanny

Lailatul Istiqomah

Lita Nufus

Yoni Astuti”

Novel Bootcamp 2022
Novel Masterclass 2022

Jangan khawatir yang kurang tahu tentang Novel Bootcamp 2022 with Wordholic Class, karena masih ada Novel Masterclass 2022 di bulan April.

Info lebih lanjut bisa menghubungi :

Arta : 0895329310277

Atria : 085242945639

Terima kasih sudah mampir, terutama teman-teman peserta Novel Bootcamp 2022 with Wordholic Class. Tetap semangat! Sampai jumpa di kelas Novel Masterclass di bulan April.



Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.