Fakta Unik : 8 Hal Tentang Indonesia yang Jarang Diketahui

oleh - Minggu, Maret 13, 2022

Istiqomahsweet.com - Bicara soal Indonesia Negara kepualauan terbesar di dunia ini memiliki banyak hal yang patut dibanggakan.


Karena memiliki keanekaragaman hayati yang unik, di mana Indonesia pernah memiliki banyak fauna Asia seperti harimau Sumatera, badak, orang utan, gajah Asia, dan macan tutul, namun jumlah mereka kini telah berkurang drastis, seiring dengan berkurangnya hutan-hutan yang menjadi tempat tinggal mereka.

Fakta Unik Tentang Indonesia
photo by canva


1. Memiliki jumlah Bahasa terbanyak kedua di dunia

Jumlah bahasa percapakan yang ada dalam masyarakat Indonesia melebihi India yang berada di peringkat 4 dengan 454 bahasa maupun Amerika Serikat di urutan 5 dengan 422 bahasa. Keragaman bahasa ditentukan oleh kondisi geografis maupun demografis seperti migrasi penduduk.

2. Memiliki Garis Pantai Terpanjang

Menurut data World Atlas, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang, yaitu lebih dari 54.000 km hingga 99.083 km.

3. Pusat kekayaan maritim terbesar di dunia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia terdiri dari 17.499 pulau dengan panjang garis pantai 81.000 km dan luas perairannya terdiri dari laut teritorial, perairan kepulauan dan perairan pedalaman seluas 2,7 juta km atau 70% dari luas wilayah NKRI.

Sehingga Negara Indonesia termasuk salah satu Negara yang memiliki kekayaan maritim yang terbesar di dunia. 

4. Menempati urutan kelima dengan jumlah pulau terbanyak di dunia

Kepulauan Indonesia terdiri dari lima pulau besar dan 30 kelompok pulau dan pulau kecil, dengan sekitar 6.000 pulau berpenghuni. Kepulauan Indonesia berada di garis khatulistiwa dan membentuk persimpangan antara Samudra Pasifik dan Hindia.

5. Negara dengan keanekaragaman hayati terkaya di dunia

Sebutan untuk Negara Indonesia termasuk Negara megadiversitas yang merupakan salah satu negara dengan keanekaragaman hayati terkaya di dunia.

karena memiliki 77 jenis sumber Karbohidrat, 7 jenis sumber lemak/minyak, 26 jenis kacang-kacangan,389 jenis buah-buahan, 228 jenis sayur-sayuran,40 jenis bahan minuman dan 110 jenis rempah-rempah dan bumbu-bumbuan.


6. Memiliki tambang emas terbesar di dunia

Indonesia termasuk sebagai negara yang memiliki kekayaan alam luar biasa, Indonesia memiliki tambang emas dan tembaga terbesar ke-3 di dunia, yaitu tambang Grasberg yang letaknya di puncak Jaya, Papua.

7. Ikut serta dalam Piala Dunia

Pada tahun 1938 dengan nama Hindia Belanda, Indonesia lolos dan berpartisipasi dalam Piala Dunia FIFA tahun 1938. Namun Indonesia kalah saat melawan Hongarian dengan skor 6-0.

8. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masuk dalam jajaran stadion tebesar di dunia

Dengan kapasitas 88.306 penonton SUGBK menempati posisi ke-8 dalam jajaran stadion terbesar di dunia. Selain itu SUGBK juga menjadi stadion paling terang ke-4 di dunia.















Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.