8 Cara Membahagiakan Diri Sendiri

oleh - Sabtu, Maret 12, 2022

Istiqomahsweet.com - Semua orang ingin bahagia, tetapi tidak semuanya tahu caranya. Masalah utama terkadang terlalu memikirkan orang lain. Sudah waktunya untuk memilih jalan kembali, karena Anda telah mengabaikan kebahagiaan saya sendiri untuk orang lain. Jika setiap orang belum menyadari cara bahagia yang sederhana.


8 Cara Membahagiakan Diri Sendiri
photo by canva

Jadi kebahagiaan seharusnya tidak bergantung pada orang lain. Beberapa cara untuk menemukan kebahagiaan dapat dicoba. 8 Cara Membahagiakan Diri Sendiri. 

1. Selalu Bersyukur

Jangan membandingkan apa yang Anda miliki dengan orang lain. Itu tidak akan membuatmu bahagia. Nikmati hidup dengan rasa syukur. Karena dengan selalu bersyukur membuat hidup tenang dan bahagia.
 
Selain bersyukur nikmatilah dengan tertawa bersama orang terdekat, karena tertawa dapat mengurangi risiko stres dan emosi tidak stabil. Murah senyum dan tertawa termasuk salah satu cara untuk bahagia sendiri.

2. Mencintai Pekerjaan

Jika pekerjaan membuat Anda stres, cobalah untuk mulai mencintai pekerjaan yang sudah dilakukan. Ketika didasarkan pada cinta, akan lebih mudah untuk bekerja dan bahagia menikmati pekerjaan.

Ketika harapan gagal menjadi kenyataan, memang akan membuat sangat kecewa. Ini realistis tentang hidup dan tujuan Anda. Untuk target kecil yang dapat Anda capai untuk membuat diri Anda bahagia lakukan pekerjaan dengan bahagia

3.  Be Your Self

Tidak boleh berpura-pura menjadi orang lain untuk diterima semua orang.  Jika ingin melakukan itu,sama halnya memalsukan jati diri sendiri. Dengan menjadi diri sendiri adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan mental Anda. 

Mungkin Anda tidak bahagia karena masih terjebak nostalgia. Bagaimana kamu pergi? Jangan dibungkus lagi, apa pun itu, buruk atau sangat buruk. Perlambat jika sulit.

4. Best Quality Time

temukan cara membahagiakan diri sendiri tanpa orang lain. ciptakan ketenangan untuk membahagiakan diri kamu, misalnya dengan membuat quality time pribadi. pergilah sendiri misalnya untuk sekadar menjalani hobi main game, nonton film, belanja, dan sebagainya. meski sendirian kamu akan tetap merasa bahagia dan terpuaskan.

hemat boleh, tapi jangan terlalu pelit apalagi sama dirimu sendiri. contohnya dengan cara mentraktir diri sendiri. itu menyenangkan, lho. sesekali belilah makanan enak untuk memuaskan keinginanmu. coba datang ke suatu tempat ntuk mencicipi makanan yang super lezat. atau menikmati suasana keindahan alam.

selain baik untuk kesehatan badan karena nutrisinya, pikiran kamu juga bisa lebih tenang. kebahagiaan sering tertahan oleh diri kita sendiri. ingin melakukan sesuatu, tetapi tidak ada keyakinan di dalam diri. contohnya, rasa hati mau resign dari kantor, tapi… nah, pikiran semacam itu yang mengekang diri kamu. akhirnya malah bisa bikin stres. cukup rencanakan apa yang mau kamu lakukan. setelah itu lakukan saja.

5. Jangan Takut Salah

takut salah ketika melakukan sesuatu sering sekali bikin orang merasa insecure. padahal salah satu cara bahagia setiap hari adalah dengan tidak takut melakukan kesalahan. dengan begitu kamu jadi lebih leluasa mengerjakan berbagai hal.

tidak akan ada lagi perasaan pesimis atau kecemasan berlebih yang menghantui. kalau pada akhirnya salah, maka perbaiki kesalahannya, bukannya diratapi sepanjang waktu. kebanyakan orang kehilangan momen bahagianya karena malu atau merasa tidak enak bilang tidak. Jangan pernah ragu untuk menolak sesuatu yang dirasa tidak sesuai dengan dirimu. jika hati berkata tidak, maka beranilah untuk mengungkapkannya.

6. Berbaik Hati untuk Orang Lain

ketika kita ingin menolong orang adalah kegiatan yang bisa membahagiakan diri sendiri, lho. alasannya karena menolong biasanya memunculkan kepuasan diri. menurut sebuah penelitian di ucla, perasaan semacam ini bisa mencegah stres. pasalnya, orang yang sulit merasa puas terhadap dirinya sangat rentan mengalami stres.

7. Membuat Pola Hidup Sehat

sudah ada bukti ilmiahnya bahwa makanan manis memang bagus untuk kebahagiaan. itulah alasan sebaiknya kamu selalu sedia makanan seperti coklat, es krim, permen, dan lain-lain. saat pikiran mulai kalut, suap sesendok es krim. cesss… nikmat di mulut sekaligus langsung melepas hormon serotonin untuk memperbaiki mood.

setelah sibuk bekerja selama lima hari dalam seminggu, olahraga bisa jadi jalan keluar yang menggembirakan. selain berguna untuk kesehatan fisik, kestabilan mental pun jadi lebih terjaga. bukan cuma itu, tetapi kegiatan olahraga biasanya juga akan menambah lingkaran pertemanan.

8. Memiliki Tujuan untuk Perubahan dalam Hidup

apabila masih belum menemukan kebahagiaan, mungkin kamu perlu membuat perubahan signifikan. setiap orang punya isu masing-masing, entah itu perilaku, kebiasaan, pekerjaan, dan sebagainya. coba cari apa yang kira-kira perlu kamu ubah dari dirimu sendiri, bukan malah berusaha mengubah orang lain.

untuk menutup daftar panjang ini, ada satu quotes membahagiakan diri sendiri yang harus kamu resapi. mulai sekarang lakukanlah tips-tips membahagiakan diri sendiri di atas dan jadilah orang yang bisa menghargai diri sendiri. kalau bukan kamu, siapa lagi?

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.