Pesona Wisata Alam Puthuk Panggang Welut, Mojokerto

oleh - Rabu, Juli 27, 2022

Istiqomahsweet.com - Traveling merupakan salah satu hobby kita, karena kita bisa bertemu juga karena traveling. Jadi setelah menikah meskipun waktu itu sudah hamil, traveling tetap kita lakukan. Tapi kita traveling masih dekat yang bisa dijangkau yaitu hanya menikmati pesona wisata alam puthuk panggang welut, Mojokerto.

wisata alam puthuk panggang welut

Di Mojokerto memiliki banyak tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam berupa hutan pinus ditambah dengan spot foto instagramable yang keren. Jadi kita memilih menikmati pesona wisata alam puthuk panggang welut, Mojokerto di Jawa Timur.

Wisata alam puthuk panggang welut ini merupakan tempat wisata pacet Mojokerto memiliki panorama alam yang memanjakan mata, di lokasi Puthuk Panggang ini kita menemukan pengalaman yang berbeda, apalagi saya ketika hamil seperti itu.

Keindahan panorama alam hutan pinus yang menjulang tinggi di Wisata Puthuk Panggang Welut yang asri merupakan daya tarik utama tempat wisata ini. Keberadaan wisata alam puthuk panggang welut memang memiliki suasana yang menyejukkan masih asri dan damai, karena terdapat pepohonan pinus tinggi-tinggi rindang, suasana inilah yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat refreshing bersama keluarga terutama buat saya ibu hamil yang butuh kesegaran.

wisata alam puthuk panggang welut

Sejarah Wisata Alam Puthuk Panggang Welut

Wisata Pacet ini dibangun pada tahun 2017 memang terbilang wisata yang masih baru, keberadaan wisata berkat inisiatif dari mahasiswa UNESA, mereka ingin mengubah hutan pinus menjadi sebuah tempat wisata menarik dikunjungi.

Sampai sekarang lokasi wisata sudah dibangun sejumlah spot-spot foto mulai dari taman bunga, rumah pohon, tempat duduk lucu, payung berwarna-warni, frame love, batu warna-warni dan masih banyak lainnya. Tidak jarang pula di sana kerap kali digunakan sebagai tempat camping bagi para komunitas.

Namun karena pandemi dua tahun silam, membuat wisata ini sepi pengunjung. Sehingga membuat semuanya kurang terawat dengan baik. Karena sejumlah spot foto sudah mulai rusak. Tapi pandemi sudah usai, mungkin saat ini sudah mulai di tata lagi.

Lokasi Dan Rute Menuju Puthuk Panggang Welut

Tempat wisata alam di Mojokerto ini menempati alamat di Nogosari, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Untuk Rute menuju wisata alam puthuk panggang welut kita menempuh perjalanan dua jam dari kota Gresik.

wisata alam puthuk panggang welut

Harga Tiket Masuk Puthuk Panggang Welut Mojokerto

Di puthuk panggang welut tergolong wisata alam murah yang ada di Mojokerto, karena pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 8.000 / orang. Sedangkan untuk tarif parkir motor Rp 2.000 dan Mobil sebesar Rp 5.000.

Jadi untuk menikmati wahana dan spot foto lainnya tidak dikenakan biaya. Namun harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola. Karena situasi kemarin masih pandemi sehingga tidak terlalu ramai pengunjung.

Nah, harga tiket masuk wisata alam puthuk panggang welut terjangkau bagi semua kalangan bukan? Bisa liburan bersama pasangan, keluarga dan teman menikmati pesona wisata alam jadi menyenangkan.


wisata alam puthuk panggang welut

Fasilitas dan Jam Buka Puthuk Panggang Welut Mojokerto

Puthuk Panggang Welut Pacet bisa menampung lebih dari 1000, karena memiliki lahan lahan seluas 10 hektar yang tidak pernah sepi akan pengunjung, khususnya wisatawan yang memburu hunting foto selfie.

Pada setiap wisata alam memang harus memiliki fasilitas umum yang memadai. Fasilitas umum yang ada di Puthuk Panggang tersebut diantaranya Area Parkir yang luas, Toilet, Mushola, Spot Foto, Camping Ground hingga Free Wifi.

Disana kita beristirahat dan menikmati suasana di kursi – kursi dibawah pohon pinus. Sayangnya kita ke sana untuk para pedagang makanan pada tutup, karena suasana masih pandemijadi tidak terlalu ramai pengunjung. Untuk jam buka Puthuk Panggang Welut mulai pukul 08.00 - 16.30 WIB pada setiap harinya.
wisata alam puthuk panggang welut

Karena di Wisata Puthuk Panggang Welut memiliki berbagai spot foto kece yang menjadi buruan wisatawan terutama dari kalangan remaja. Telah dibangun berbagai spot foto keren dan kreatif, mulai dari rumah pohon, payung warna-warni, batu warna-warni, frame love, taman bunga, tempat duduk cakep, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain spot selfie yang keren, tetapi Puthuk Panggang memberikan pengalaman serta edukasi yang bermanfaat untuk anak. Bagaimana tidak, dengan memberikan wahana permainan bagi anak - anak tentu tempat wisata di Pacet Mojokerto akan sangat ramah untuk dikunjungi anak - anak.

Tempat wisata dengan bernuansa alam tentunya akan sangat cocok untuk dijadikan tempat camping. Mendirikan tenda ditengah tengah alam bebas tentunya akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mengesankan.

Selain keindahan Hutan Pinus Puthuk Panggang, disekitar kawasan lokasi wisata juga terdapat air terjun yang bernama Air Terjun Curah Watu. Setelah lelah menikmati keindahan hutan pinus, wisatawan juga dapat langsung menuju Wisata Air Terjun Curah Watu untuk bermain dengan air.

Seperti tempat wisata alam populer di Jawa Timur, pesona wisata alam puthuk panggang welut juga sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Di sekitar lokasi wisata terdapat air terjun Curah Watu. Nah menarik sekali, jadi sembari menyaksikan keindahan alam hutan pinus, jadi bisa seru-seruan bermain air di air terjun.

Jika ingin mandi atau sekedar menikmati di air terjun, ke sananya kita harus turun kebawah, buat saya bumil memang agak ngos-ngosan ketika turun dan naik. Jadi kita hanya berfoto saja tidak bermain air terlalu dekat. Biasanya sih saya suka bermain air, berhubung hamil jadi hanya menjadi penikmat saja hehehhe. 

Penutup

Nah, itulah cerita singkat kita tentang, harga tiket masuk dan lokasi wisata alam puthuk panggang welut Mojokerto. Semoga memberikan gambaran dan manfaat sekaligus sebagai referensi ketika mencari wisata Mojokerto.

Unuk Ibu hamil sebenarnya tidak untuk ditiru ya melakukan traveling jauh, karena bisa membahayakan sekali jika tidak memiliki fisik yang kuat. Apalagi di air terjun yang pasti jalanananya agak susah dan licin. Tapi untuk di wisata alam puthuk panggang welut, Mojokerto tidak begitu esktream bagi saya.

Mungkin Kamu Suka

21 Komentar

  1. Sehat selalu bumil, makasi udah diajakin main ke air terjun

    BalasHapus
  2. Seger banget kayaknya mbaa .... jadi pengen, tapi jalannya agak licin gitu ya mba?

    BalasHapus
  3. Belum kesampaian ke wisata ini saya,hehehe semoga next bisa terealisasikan

    BalasHapus
  4. Indah sekali mbk pemandangannya. Harga masuknya juga terjangkau๐Ÿ˜

    BalasHapus
  5. wah wisata alam yang mgasyikkan nih..

    BalasHapus
  6. Belum pernah ke Mojokerto tapi memang ini salah satu destinasi yang ingin saya datangi sih.. Apalagi wisata alam begini, enak banget buat refreshing euy..

    BalasHapus
  7. Lumayan deket sini klo Mojokerto mah, Terima kasih Review nya kak. Sangat Bermafaat ๐ŸŽ๐Ÿ‘‹

    BalasHapus
  8. cantiknyaaaa mbak view hutan pinus Wisata alam puthuk panggang welut ini

    namanya pun unik ya

    BalasHapus
  9. Makin banyak ya destinasi hutan pinus yang bisa dijadikan tempat wisata, setuju mba bumil jangan deh, tracknya panjang biasanya ha ha ha. Baca htm nya duh murce amat ya. Btw welut itu apa mba?

    BalasHapus
  10. Saya belum pernah nih berkunjung ke kota Mojokerto, dan saya jadi penasaran sama lokasi wisata yang rekomended di Mojokerto. Setelah browsing ternyata di Mojokerto banyak juga wosata candi dan air terjun ya. dan saya baru tau ternyata di Mojokerto ada patung budha raksasa, menarik ya!

    BalasHapus
  11. Mesti jadi wish list nih Mojokerto, seneng banget explore fotografi di tempat wisata kaya gini :)

    BalasHapus
  12. Rasanya di beberapa daerah cukup banyak lokasi wisata yang dikhususkan untuk berpose ria ya. Masyarakat mungkin senang saja difoto dalam keadaan kece buat materi medsos. Asiknya di sana juga ada air terjunnya.

    BalasHapus
  13. Aku juga tetap traveling setelah menikah, mbak. Cuma memang selama istri hamil dan nanti beberapa tahun ke depan saat anak masih bayi, belum bisa traveling dulu. Kalau aku sih malah kurang suka ya dengan spot-spot foto buatan seperti itu, alamnya udah cantik dari sononya.

    BalasHapus
  14. wah luas banget ya tempat wisatanya ini, mbak. bagus banget kalau mau mengenalkan wisata alam ke anak. ku penasaran puthuk itu artinya apa ya/

    BalasHapus
  15. Banyak spot foto kekinian ya di sana. Buat yang suka foto-foto ala kekinian kayaknya bakal puas banget, nih. Asik juga kalan-jalan ke sana

    BalasHapus
  16. Penasaran dengan namanya, puthuk itu apa? Kalau welut kan belut.
    Kalau ke daerah Mojokerto, boleh nih diagendakan main ke sini.
    Oh ya mbak Is dari Gresik?

    BalasHapus
  17. Wah banyak spot-spot foto keren dong ya di sini. Mudah2an nanti ramai lagi ya wisata alam ini. Duh liat air terjunnya kog berasa pengen nyemplung ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  18. MasyaAllah seger banget keknya yaa kak, jadi pengen kesana jugaa nih lama ngga tempat tinggi hihi

    BalasHapus
  19. Wisata alam Puthuk Panggang Welut Mojokerto boleh juga buat ngadem. Ada hutan pinus dan air terjunnya juga. Cocok nih buat nenangin pikiran kita

    BalasHapus
  20. Ke Mojokerto dulu belum tau ada wisata ini, ya baru pernah mendaki ke Gunung Pundak aja

    BalasHapus
  21. waah satu kita nih, tapi btw emang mojokerto arah ke Pacet & Trawas banyak banget wisata alam atau buatan yang di alamkan ya mba. hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.