3 Ciri Khas Gresik, Kebudayaan, Kuliner, Wisata

oleh - Sabtu, Juli 02, 2022

Istiqomahsweet.com - Gresik merupakan sebuah kota yang berada di pesisir laut dekat dengan Ibu Kota Jawa Timur yaitu Surabaya, di Gresik juga termasuk kota industri yang sudah berkembang hingga saat ini. Kota pesisir yang memiliki berbagai macam ciri khas Gresik seperti kebudayaan, kuliner dan wisata.

3 Ciri Khas Gresik

 

Gresik juga dikenal dengan kota industri, karena banyak perusahaan yang ada di Gresik. Buat kalian yang bukan orang Gresik dan belum pernah berkunjung di Gresik harus tahu 3 Ciri Khas Gresik, Kebudayaan, Kuliner, Wisata.

Berikut akan saya jelaskan mengenai 3 Ciri Khas Gresik, Kebudayaan, Kuliner, Wisata, di antaranya :

Kebudayaan Ciri Khas Gresik

Gresik di kenal dengan budayanya yang terus berjalan dan turun temurun dari generasi ke generasi, seperti halnya ciri khas budaya Gresik Damar Kurung yang termasuk salah icon kota Gresik.

Damar Kurung termasuk sebagai souvenir lampu khas kota ini. Damar kurung dan Masmundari sebagai sesepuh yang pandai membuat Damar Kurung dijadikan sesuatu berharga bagi Gresik, Pemerintah Kabupaten Gresik menjadikan damar kurung sebagai maskot kota, membuat tiruan damar kurung ukuran besar untuk lampu dan monumen kota, anak-anak pun digerakkan melukis gaya damar kurung, hingga akhirnya damar kurung identik menjadi ciri khas kota Gresik dan perefleksi budaya, sejarah, dan nilai-nilai kehidupan masyarakat Gresik.

Wisata Tradisi Ciri Khas Gresik

Selain itu ada tradisi yang telah cukup lama hingga sekarang masih terus berlangsung yakni tradisi rebo wekasan, Haul Bungah, Nyadran di desa Abar-abir, malem selawe, dan pasar bandeng.

Pasar Bandeng

Pasar Bandengn ini termasuk tradisi jual-beli serta lelang yang identik dengan ikan bandeng di kota Gresik tepatnya di pasar kota. Pasar bandeng ini hanya diadakan satu tahun sekali setiap malam 28-29 bulan Ramadhan.

Malam Selawe

Malam selawae ini menjadi sebuah tradisi khas bulan ramadhan di kota Gresik, selain menandakan perburuan lailatul qadar. Malam selawe biasanyahari ke-24 ramadhan yang diadakan di makam Sunan Giri.

Tradisi malam selawe atau menjelang hari ke 25 ramadhan bisa dibilang malam puncak ramdhan banyak peziarah yang datang ke Makam Sunan Giri , mulai dari anak kecil, remaja, sampai orang yang tua dan lanjut usia. Mereka tak hanya dtang dari daerah Gresik dan sekitarnya tapi dari peziarah luar daerah, bahkan luar pulau.

Kolak Ayam

Kolak ayam merupakan menu buka puasa yang menjadi f avorit warga Gumeno setiap malam 23 pada bulan ramadhan. Meski namanya kolak ayam, tapi jangan dibayangin sama seperti kolak pisang, kolak labu, kolak ketela .

Ini merupakan masakan ayam yang berkuah santan. Tradisi yang berusia lebih dari 500 tahun ini punya keunikan yaitu orang yang membuat, memasak dan menyiapkan segala bahan yang digunakan untuk memasak kolak ini adlah kaum adam.

Hal itu merupakan syarat untuk membuat kolak ayam . Meski yang bekereja adalah kaum adam, kaum hawa tak hanya berdiam diri menunggu masakan disajikan , tapi mereka punya tugs yakni memarut kelapa sebagai santan yang dijadikan untuk kolak ayam ini di rumah mereka masing masing

Wisata pusaka Ciri Khas Gresik

Gresik memiliki banyak peninggalan sejarah yang berpotensi sebagai pusaka (heritage), komunitas Mataseger telah mempelopori kegiatan pelestarian pusaka ini dengan ikut membidani lahirnya Perda Cagar Budaya Nomor 27/2011, tinggal peran serta Pemerintah dan masyarakat untuk ikut memelihara dan memanfaatkan potensi ini.Gresik Kota Lama (ratusan bangunan kuno yang menyebar di kota lama)
Benteng Lodewijk Mengare
Situs Gosari
Situs Kanjeng Sepuh Sedayu
Dan masi banyak lainnya

Fauna Ciri Khas Gresik

Fauna Identitas Kabupaten Gresik adalah Rusa Bawean yaitu Rusa yang berasal dari Pulau Bawean Kabupaten Gresik. Rusa Bawean selain menjadi fauna identitas/ maskot Kabupaten Gresik, tetapi juga hewan kebanggaan warga Gresik.

Kuliner Ciri Khas Gresik

Siapa yang tidak menyukai kuliner? pasti jawabannya tidak ada. Karena hampir setiap orang menyukai. Hanya saja memiliki cita rasa kuliner yang berbeda setiap orangnya. Indonesia sendiri terkenal dengan khas kulinernya.

Makanan Ciri Khas Gresik

Nasi krawu
Pudak
Sego rumo
Otak-otak bandeng
Bonggolan
Jubung
Ayas
Ubus
Gajih pinggir
Bontosan Giri yang hanya ada di daerah sekitar makam Sunan Giri.

Minuman Ciri Khas Gresik

Es Siwalan
Legen panceng
Temu lawak
Wedang pokak

Wisata Ciri Khas Gresik

Wisata Sejarah

Wisata Makam Maulana Malik Ibrahim, anda akan melihat sebuah kompleks pemakaman dengan gapura yang berbentuk paduraksa yang merupakan ruangan dari pengurus. Di tengah cungkupnya sendiri anda tidak hanya akan menemukan makam Maulana Malik Ibrahim, namun ada juga makam-makam dari sang isteri Sayyidah Siti Fatimah, dan di sebelahnya lagi adalah makam sang putera, Syekh Maulana Maghfur.




Makam Sunan Giri atau Kompleks Pemakaman Sunan Giri adalah salah satu pemakaman khusus dari salah satu Walisanga atau Wali Sembilan, penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Kompleks yang terletak di Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik ini merupakan tempat persemayaman jasad Sunan Giri atau yang bernama asli Raden Paku Muhammad Ainul Yaqin. Selain jasad Sunan Giri, kompleks ini juga bersemayam jasad-jasad keluarga seperti ibu asuh,[1] istri-istri, dan putera-puterinya.[2] Kompleks Makam Sunan Giri ini dulunya adalah lokasi kerajaan Giri Kedaton yang didirikan oleh Sunan Giri pada 9 Maret 1487[1]


Wisata religi lainnya di Gresik adalah Situs Giri Kedaton yang berbentuk sebuah bukit yang dibuat berteras-teras atau berundak. Semakin ke atas, tangga yang berundak tersebut semakin kecil. Sampai saat ini masih ditemukan lima teras saja.

Wisata Alam

Pulau Bawean merupakan tujuan wisata bahari, yang terdapat suaka alam dan suaka margasatwa, wisata pantai “pasir putih” yang berada di desa dalegan kecamatan Panceng yang menyuguhkan suasana hiburan pemandangan laut, bermain dan mandi di pantai yang aman dan nyaman.
Pantai Dalegan

Pantai ini terletak di desa Delegan Kecamatan Panceng dari Gresik kota berjarak sekitar 40 km, setelah dari Sidayu dan melewati hutan jati Panceng ada papan penunjuk arah menunjukkan wisata Pantai Dalegan, dari jalan arteri masuk ke utara sekitar 1 km sudah sampai di lokasi. Pantai Delegan sangat cocok untuk wisata pantai, lomba perahu atau memancing. Pantai berpasir putih ini setiap bulan Agustus diadakan atraksi wisata berupa perlombaan yang terkait dengan wisata bahari.Pantai Delegan dibuka untuk umum sejak tahun 2003.


Itulah penjelasan 3 Ciri Khas Gresik, Kebudayaan, Kuliner, Wisata. Bagi kalian yang di luar daerah, wajib untuk liburan ke Gresik, meskipun hanya berjalan-jalan.

Mungkin Kamu Suka

3 Komentar

  1. Aku pernah punya temen Bawean mba. Bahasa sehari-hari madura ya? Ngomongnya cepet banget, aku susah pahamnya wkwk

    BalasHapus
  2. Wah belum pernah aku ke gresik....

    BalasHapus
  3. penasaran jadi pengen ke gresik nih..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.