6 cara mempercantik tampilan blogspot agar lebih menarik

oleh - Sabtu, Juli 23, 2022

Istiqomahsweet.com - Belajar blog ini memang sudah mulai duduk dibangku sekolah. Iya bisa dibilang otodidak sekali. Ternyata memang mengetahui bahwa blog ini jenjang karirnya sangat panjang dan ilmunya sangat banyak sekali setelah lulus kuliah.


mempercantik blog

Dahulu ketika sekolah mendapatkan pelajaran otak-atik kode html tapi tetap saja masih tidak faham. Memang berfikirnya bahwasanya saya itu salah jurusan, karena saya tidak menyukai bidang IT. Ternyata, saat ini justru menjadi salah satu hobby sekaligus pekerjaan yang saya lakukan dibidang kepenulisan.

Jadi setelah saya mengikuti kelas blogspedia, saya bisa mendapatkan ilmu lebih dalam mengenai dunia yang dahulu pernah saya tekuni. Meski, saya masih newbie dan perlu banyak belajar lagi. Di sini saya akan berbagi informasi bagaimana caranya mempercantik tampilan blogspot?

Nah, buat pemula seperti saya memang harus terus upgrafe ilmu mengenai dunia teknologi terutama di dunia kepenulisan blogger. Berikut saya jelaskan 6 cara mempercantik tampilan blogspot agar lebih menarik.

Tapi sebelum saya menjelaskan cara mempercantik tampilan blogspot, saya akan menjelaskan apa itu html. Karena memang agak susah-susah gampang memainkan blogspot dengan penuh kode-kode an. Jadi tidak hanya doi saja yang di kode ya hehehhee.


Pengertian HTML

HTML atau kepanjaganan Hypertext Markup Language yang arinya gabungan dari dua istilah yaitu Hypertext dan Markup Language. Hypertext sendiri adalah dokumen tautan yang memungkinkan pengguna terhubung dengan pengguna lain sedangkan markup language adalah sekumpulan kode yang mengatur struktur dan menyajikan informasi.

Sederhananya, html adalah bahasa komputer yang membuat struktur sebuah halaman situs. Jadi di awal sekolah jurusan IT memang sudah dipelajari namun tidak sedetail seperti yag saya ikuti saat ini. Kode html ini membantu memberikan susunan untuk dokumen yang ada di dalam blogspot. Jadi memang harus penuh ketelitian dan hati-hati jika sedang otak-atik html.

Nah, sudah faham belum mengenai kode HTML? Jadi saya akan melanjutkan cara mempercantik tampilan blogspot. Memang setiap blogger memiliki ciri khas yang berbeda, jadi saya akan menjelaskan versi saya, berikut penjelasannya.


mempercantik blog


Navigasi menu 

Menu navigasi website adalah seperangkat link yang pada umumnya mengarah ke halaman internal yang diatur dan disusun dalam sebuah menu, seperti bagian heading, menu homepage, sitemap, about atau label artikel, sehingga memudahkan pengunjung membaca yang mereka inginkan.

mempercantik tampilan blogspot


Ada header, sidebar, konten utama, dan footer. Setiap blogger dapat memodifikasinya sesuai selera dan keinginan. Apa saja isi dari setiap bagian blog? Berikut penjelasannya.

Di bagian header, biasanya diisi oleh judul atau nama blog beserta deskripsi singkat tentang blog. Menu navigasi dan kolom pencarian biasanya juga terletak di bagian ini.

Kemudian di bagian sidebar, Anda bisa mengisinya dengan profil media sosial, artikel terpopuler, artikel rekomendasi, arsip artikel, atau tombol subscribe blog. Bagian selanjutnya adalah konten utama. Konten utama tentu diisi oleh artikel-artikel yang Anda tulis.

Terakhir adalah bagian footer. Di bagian footer Anda bisa mengisinya dengan disclaimer, privacy policy, kontak Anda, atau tombol share media sosial.

Tombol back to top

Untuk mempercantik tampilan blogspot bisa menggunakan tombol back to top, agar pembacara atau
pengunjung tidak perlu scroll terlalu jauh untuk kembali ke homepage.

Memasang Gadget

Gadget/ Widget itu dapat bermanfaat , contohnya widget yang bermanfaat untuk blog seperti profil, Fans page yang dapat mendatangkan visitor, subcribe email, pasang banner komunitas, popular post, yang bermanfaat untuk menambah pagevies dan dapat berguna sebagai backlink blog, label yang dapat mempermudah index search engine dan yang masih banyak lainnya sesuai kebutuhan setiap blogger.


Membuat Profil

Adanya profil di dalam blog ini berisi tentang sedikit informasi kontak atau email, agar pengunjung lebih mudah mengenalmu. Akhirnya sekian lama saya belajar, bisa menemukan profil sesuai keiginan saya. Karena tampilan profil seperti itu memang untuk mempercantik tampilan blogspot saya.

mempercantik blog

Pasang Banner

Adanya pasang banner agar pengunjung juga mengetahui sedang bekerja sama dengan siapa saja, atau untuk memperkenalkan komunitas apa saja yang sudah diikuti.




Social media button

Adanya social media button ini untuk membuat hyperlink yang langsung menghubungkan blog dengan akun sosial media yang kita miliki.

mempercantik blogspot


Permak tampilan


Hal pertama yang dilakukan tentunya adalah membuat gambaran tema seperti apa yang sedang dibutukan oleh blogger. Jadi sebaiknya sesuaikan font dan warna latar blog agar terlihat kontras, sehingga membuat pengujung bisa lama-lama membaca tulisan kita.

Optimasi SEO 

Tidak hanya mempercantik tampilan blogspot , jadi dalam melakukan pemilihan template sebaiknya tetap memperhatikan search engine optimization (SEO). Jangan sampai tampilan blog sendiri memiliki susunan yang berantakan. seperti peletakan H1, H2, H3 dan seterusnya. Agar ketika melakukan inspeksi ke dalam google, bisa dibaca dengan baik oleh google itu sendiri.

Kesimpulan

Mendesain blog memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan diperlukan ketelitian. Anda tidak mendesain blog hanya berdasarkan selera saja, tetapi juga berdasarkan pengalaman pembaca dan dari sisi SEO. Jadi itulah penjelasan dari saya mempercantik tampilan blogspot, agar pengunjung nyaman membaca tulisan yang ada di blog kita.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan Anda bisa membuat desain terbaik untuk blog Anda. Jika ada pertanyaan, hal yang tidak dipahami, atau masukan, silakan tinggalkan komentar di bawah ya!

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.