Kikichemist Seorang Guru Sains Pecinta Puisi

oleh - Rabu, Juni 08, 2022

Istiqomahsweet.com - Blogspedia Coaching #Batch 3, termasuk salah satu kelas impian para blogger pemula seperti saya. Alhamdulillah saya bisa lolos kelas yang sudah termasuk hits dikalangan para blogger. Setelah saya mengikuti kelas sampai ke tahap ini. Kali ini saya memiliki partner baru dalam dunia blogging. Nah, saya akan menceritakan tentang partner blog saya. Siapakah dia?


Profil

Panggil saja Kiki, dengan nama lengkap Sri Rizki Hardianti, S.pd yang memiliki blog kikichemist.blogspot.com. Kiki Kelahiran 1997 bertempat tinggal Di Serbelawan, Kab. Simalungun, Kec. Dolok Batu Nanggar, Medan Sumatera Utara. Alumni Universitas Negeri Medan Jurusan Kimia Stambuk 2015. Tempat kerjanya di salah satu Madrasah Aliyah di Kampung sebagai Guru Kimia sejak 2020 sampai sekarang.

Kiki salah seorang perempuan yang masih terus belajar menulis salah satunya menulis di  dunia perbloggeran untuk menguntaikan kisah dan catatan kehidupan agar memberi manfaat kepada orang lain. Sangat suka dengan puisi dan terus bersemangat mempelajari sesuatu yang baru. 

Sri Rizki Hardianti, S.pd nama perempuan cantik dan anggun ternyata yang menjadi pasangan blogging saya kali ini. Di kelas ini kami diharuskan bekerja sama dalam suatu proyek untuk saling memperkenalkan profil blog masing-masing. Melalui chat, saya menyapa Kak Kiki berkenalan secara online dan singkat ini.

Gaya bahasanya yang ramah berkenalan dengannya seolah-olah kita sudah saling kenal lama. Berbincang hampir seharian dalam dunia maya. Kitapun saling menceritakan kisah kehidupan real dan bercerita mengenai dunia blog. Seperti halnya kisah banyak penulis lainnya, kak Kiki juga menyukai dunia literasi seperti saya juga.

Blog Kiki

Tampilan blog ‘kikichemist’ yang sederhana namun eye catching menyambut saya senang saat melihatnya. Didominasi warna putih dengan paduan warna pinky, blog cantik ini mencuri perhatian saya dengan deretan label dan arsipnya yang tertata rapi. Template yang feminim seperti template yang sukai dengan paduan warna pinku. Jadi kesan pertama saya saat berkunjung di blog ‘kikichemist’, saya sudah bisa menduga bila pemiliknya sangat anggun dan feminim.

"Itupun saya juga tidak tahu kenapa tiba-tiba mau membenahi blog dan ingin memperdalam dunia blog itu sendiri. 
Jadi masih belum ada alasan khusus dalam membuat blog, jadi saat ini masih mau menulis aja gitu. Sehingga saya belum menemukan alasan yang kuat dalam mendalami dunia blog, tapi saya akan terus bersemangat untuk selalu belajar."
Tapi ya alasan utamanya Dia memang ingin berbagi ilmu, ingin menjadikan blog sebagai tempat yang paling dicari sama pembaca, seperti kalau belum tahu tentang ilmu fiqh, atau ilmu pelajaran lainnya. Meski belum terealisasi postingan seperti itu, tapi pantang menyerah salah satu kuncinya.

Sehingga perlu sekali dalam membagi waktu antara kerja dan menulis blog itu sendiri. Bagi saya dan Kak Kiki memang menulis harus ada paksaan dari luar, seperti adanya deadline dari luar baru bisa semangat karena termasuk tantangan tersendiri.

Maka dari itu kita ikutan challengenya blogspedia. Padahal kalo difikir memang masih banyak waktu luang buat yang belum menikah, tapi namanya kesibukan setiap orang itu berbeda. Seperti saya yang sudah menjadi seorang momblogger baru dikaruniai si kecil.

Karya PUISI

Lampau
Oleh : Sri Rizki Hardianti, S.pd

Nanar

Desau dedaunan beriringan menyanyikan doa-doa pertiwi

Kabut wajahnya kelam, aroma lampau memenuhi langit-langit negeri

Meninggalkan bekas tancapan bambu runcing di tengah-tengah pasar

kabung,

Kepada siapa aku mengadu

Ketika di tepi selat Malaka bunga-bunga terapung

Aroma anyir mewangi di atas deret wajah penuh tanya

Kaki-kaki terseok, tersayat belenggu keadilan

Persatuan Indonesia, kemanusiaan yang adil beradab

Tak pernah dikenal para penjajah

Aku tersudut sebagai api

Yang membakar ingatan-ingatan lampau

Tentang irisan nasib tak berkesudahan


Serbelawan, 02 November 2021

  

Hobby

Dahulu Kak Kiki sangat hobby dengan menggambar, namun sekarang ditambah dengan menulis puisi.
Sebenarnya Dahulu hobby menulis puisi tidak digelutinya. Namun pada akhirnya puisi sudah menjadi hobby dalam dirinya.

"Dahulu saya itu memang orang yang anti banget sama puisi. Kayaknya muter-muter diksinya, jadi bikin saya mumet. Setiap nyoba buat puisi pasti jadinya hambar dan gak punya ruh.

Tapi semenjak saya dapat amanah untuk mewakili Provinsi Sumatera Utara buat ikut kelas online bernama "Liksitera (Bilik Puisi Sumatera)" selama setahun penuh, semuanya berubah. 

Akhirnya rasa benci sama puisi itu hilang, yang ada cuma rasa "mau menulis lagi dan lagi". Semakin tertantang buat puisi dan akhirnya lama kelamaan bisa mengelola diksi. Dengan mengikuti beberapa event dan karya puisinya berhasil dimuat dibeberapa antologi hasil perlombaan. Salah satunya buku antologi puisi terbaru berjudul "Titik Temu".

Selain hobby menulis, Kak Kiki juga hobby memasak salah satunya bisa membuat resep-resep baru untuk selalu dicoba.

Hobi menggambar, design2 poster, sama edit2 video tapi gak terlalu didalami jadi masih amatir hihi
Eh hobi saya ngecamp juga mbak, pecinta alam hehe

"Ihhh saya juga suka Naik gunung, kita bisa mendaki bareng asik kali ya kak. 

Sayangnya kita masih jauh ya kak, jadinya masih bersilaturahmi melalui online dulu."

Nah, hobby yang dilakukan oleh kak Kiki salah satunya termasuk hobby yang saya lakukan. Saya berharap suatu saat bisa travelling ke Medan. Sehingga bisa berjumpa dengan kak Kikichemist Seorang Guru Sains Pecinta Puisi.

Aktivitas dan Prestasi

Kalo organisasi kak Kiki sekarang masih aktif di FLP Medan. Terus mengikuti komunitas menulis blogger FLP Medan juga. Selain itu dia juga suka dunia relawan, pernah bergabung menjadi relawan "Human Initiative Sumatera Utara", APP sumut, dan masih banyak sekali ikut kegiatan kerelawanan.

Aktivitas lain yang sudah dilakukan oleh Kak Kiki itu pernah menjadi seorang MC juga. Lalu pernah aktivitasnya menjadi aksi tanam bunga di Bukit Gundaling, kemudian berbelanja bersama yatim, melakukan penyaluran donasi, bantu jadi relawan korban kebakaran, pernah di organisasi UKMI Arrahman, dan masih banyak kegiatan lainnya dengan menjadi panitia seminar.

Kalau prestasi yang pernah diraih oleh Kak Kiki itu Juara 2 lomba video pembelajaran hari amal bakti Kemenag Se-Kab. Simalungun. Pastinya memiliki beberapa karya antologi puisi.

MOTTO Kikichemist

"Hidup itu dari Allah dan hanya untuk Allah.
Jadi, lakukanlah yang terbaik untuk menggapai ridho-Nya."

Mungkin Kamu Suka

2 Komentar

  1. masyaallah seorang guru,blogger juga pandai kimia juga pandai di bidang puisi keren banget si mbak jadi ngiriii rasanya..hehehe
    setuju banget sama penutupnya hidup hanya untuk Allah semata, bismillah sllu semangat di jalan Allah

    BalasHapus
  2. Keren bgt mb kiki ini ya...pinter bikin puisi👍

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.