Tips Belajar SEO untuk Blogger Pemula

oleh - Rabu, Juni 22, 2022

Istiqomahsweet.com - Sebagai seorang blogger harus mengetahui tentang SEO. Terutama seorang blogger pemula, harus belajar dan mencari tahu lebih dalam tentang apa itu SEO? Untuk mendalami SEO tidak ada kata berhenti untuk terus belajar.


Karena perkembangan teknologi sendiri selalu berkembang setiap waktu. Buat blogger pemula tidak perlu khawatir di sini akan saya jelaskan Tips Belajar SEO untuk Blogger Pemula.


Tips Belajar SEO untuk Blogger Pemula


APA ITU SEO

SEO atau (Search Engine Optimization) yang artinya Optimalisasi Mesin Pencari adalah sebuah ide yang membuat situs web muncul di halaman pertama mesin pencari ketika ada seseorang yang mencari sesuatu yang mirip dengan yang dicari.

Jadi sebagai blogger pemula jika ingin menjangkau lebih banyak orang, ia kemungkinan besar ingin memiliki halaman pertama penampilan mesin pencari. Nah, untuk SEO sendiri terdapat dua bagian SEO Off Page dan SEO On Page. Apa arti dari keduanya? Berikut akan saya jelaskan Tips Belajar SEO untuk Blogger Pemula lebih dalam.


Apa itu SEO

SEO On Page

SEO on page membuat konten kamu terlihat berkualitas sehingga dapat menyenangkan pembaca dan dapat terdeteksi oleh mesin pencari Google. Ada beberapa hal yang harus dioptimalkan dari SEO on page :

Meta Description

URL Title

ALT Text untuk Gambar

Tag Title

Internal Link

Site Speed

SEO Off Page

SEO off page ini dilakukan membuat website-mu memiliki kredibilitas tinggi sehingga mendapatkan kepercayaan dari Google untuk ditempatkan di ranking teratas, dengan melakukan link building, backlink, dan sebagainya.

Backlink sendiri merupakan sebuah link yang ditanamkan di website lain dan akan mengarah ke website kita. Jadi usahakan untuk memberikan backlink di situs website dengan kualitas yang bagus, agar optimasi lebih baik.

Tips Belajar SEO untuk Blogger Pemula

Di sini akan saya jelaskan SEO untuk blogger pemula. Karena sebagai blogger pemula memang masih bingung bagaimana harus memulai SEO, berikut Tips Belajar SEO untuk Blogger Pemula yang bisa dimulai untuk optimasi blognya :

SEO Istiqomah Sweet

Membuat Blog

Pastikan sudah memiliki blog terlebih dahulu untuk dapat meng-optimisasi. Banyak sekali penyedia blog gratis yang dapat digunakan yaitu seperti blogspot.com, wordpress.com, dll. Namun jika teman-teman berniat membuat blog dengan domain pribadi (.com, .org, .co.id dll)

Jadi disarankan untuk menggunakan template wordpress.org, silahkan teman-teman mulai membeli hosting pribadi. Hosting pribadi adalah pilihan yang paling baik karena memiliki value yang tinggi dan mudah untuk dioptimisasi serta memiliki hak sepenuhnya untuk kepemilikan file-file host.

Template SEO Friendly

Pilihlah template blog yang seo friendly, biasanya banyak sekali penyedia template blog seo friendly gratisan yang bisa teman-teman pilih dan gunakan, silahkan teman-teman mencari dan download template blog seo friendly yang tampilannya menurut teman-teman cocok untuk blognya.

Template seo friendly sedikit berbeda denga template bawaan yang belum di modifikasi, pada umumnya template blog seo friendly strukturnya sudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan hal-hal yang dianggap disukai oleh mesin pencari, tujuannya adalah agar blog yang menggunakan template tersebut artikelnya lebih disukai oleh robot mesin pencari sehingga akan mudah untuk ditemukan di posisi terbaik.

Membuat Artikel dengan Keyword

Buatlah minimal 5 artikel sebagai dasar utama blog teman-teman. Mulailah untuk membuat artikel yang berkualitas untuk pembaca, mudah dimengerti dan tentunya isi artikel harus sesuai dengan tema untuk blog teman-teman.

Kalo teman-teman mampu disarankan untuk setiap artikel paling tidak memiliki 1000 kata atau lebih, menurut analisa yang pernah dikaji oleh serpIQ, terkait seo, artikel blog memiliki jumlah kata yang banyak yaitu 1500-2000 kata atau lebih itu akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari di urutan terbaik dan bisa bertahan dengan baik.

Judul dan kata kunci adalah penting dalam dunia website, agar Google mudah membaca judul yang kamu buat, perlu diperhatikan dari sisi kata kuncinya. Pikirkan keyword apa yang kemungkinan akan dicari oleh orang-orang, kemudian maksimalkan pada judul yang menarik agar diklik oleh orang yang melihat.

SEO Tools

Daftarkan blog teman-teman ke mesin pencari, mencoba memulai dengan pengaturan SEO Tools, pengaturan SEO Tools adalah hal dasar yang penting dilakukan dalam SEO. SEO Tools ini sebagai pondasi awal yang terdiri dari Google Analytic, Google Keyword Planner, dan Google Webmaster Tools. Lalu apa saja fungsi dari 3 pengaturan SEO Tools itu?

· Google Analytic berfungsi untuk melacak dan menganalisa pengunjung yang mengunjungi websitemu.

· Google Keyword Planner berfungsi untuk menganalisa keyword.

· Google Webmaster Tools dapat memaksimalkan usaha SEO kamu, ada baik kamu membaca terlebih dahulu panduannya.

(Bing yang sudah terintegrasi dengan yahoo dan juga google webmaster tool(GWT), tujuan mendaftarkan blog ke mesin pencari adalah agar blog yang kita miliki lebih mudah untuk dikenali oleh mesin pencari tersebut, bagaimana mesin pencari bisa menemukan blog kita jika mengenal saja belum, tanpa didaftarkan sebenarnya blog kita masi dapat ditemukan google dengan sendirinya tetapi membutuhkan waktu yang lama sampai mesin pencari mengenali halaman blog kita.

Oleh karena itu untuk mempercepat dan mempermudah mesin pencari dalam mengenali blog kita, lebih baik kita daftarkan secara manual dan setelah teman-teman berhasil daftar silahkan submit juga sitemap didalamnya. Nantinya kita dapat mengontrol dan memonitor bagaimana aktivitas robot pencari terhadap halaman blog kita.

Kemudian Submit blog dan setiap artikel blog kemudian submit URL di google. Serta submit ulang sitemap URL blog di google webmaster tool setiap kali selesai membuat artikel, agar bisa optimal dalam melakukan SEO.

Optimasi dengan SEO On Page dan Off Page

Pelajari dan libatkan optimasi SEO onpage dan offpage untuk blog teman-teman. Optimasi SEO onpage adalah segala bentuk upaya optimasi yang kita terapkan dari sisi internal blog itu sendiri. Sebagai panduan teman-teman bisa baca artikel

Nah, sudah tahu kan cara optimasi SEO bagi blogger Pemula, jadi bisa dipelajari lebih dalam lagi Tips Belajar SEO untuk Blogger Pemula

Mungkin Kamu Suka

2 Komentar

  1. Seo tools nya itu yang perlu di catet hihi

    BalasHapus
  2. Keren banget maksud ah bisa utak atik SEO tool dan ini yang jadi PRku mbak hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.