BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM di Indonesia

oleh - Senin, Juni 20, 2022

Istiqomahsweet.com - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun jangkauan dari BPR sendiri hanya meliputi Kabupaten saja. Meski terbatas jangkaunnya, masyarakat bisa menggunakan untuk memulai usaha UMKM yang dimiliki.

BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM di Indonesia. Jadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) ini memberikan solusi pinjaman Praktis di PT BPR Mitra Parahyangan. Masyarakat akan diberikan fasilitas yang baik dari adanya produk dari Bank Perkreditan Rakyat.

Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
 BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM di Indonesia (Canva)

Apa itu Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Menurut UUD Perbankan Nomor 10 Tahun 1998 (pasal 1) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional, sebagai penghimpun dana dari masyarakat berbentuk simpanan seperti tabungan deposito, tabungan berjangka, sertifikat deposito, tabungan biasa, memberikan kredit dan bisa menyalurkan dana simpanan masyarakat kepada para pengusaha.

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Parahyangan

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Parahyangan memiliki ruang lingkup layanan di Jawa Barat, lebih tepatnya layanannya sendiri lebih difokuskan di area Bandung. Sebelum berubah nama menjadi BPR Mitra Parahyangan pada tanggal 3 Juli 2014, BPR ini telah beroperasi sejak tanggal 6 November 1991 dengan nama BPR Anditta Mitra Usaha.


Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Parahyangan
  Visi Misi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Parahyangan


Visi yang dimiliki PT. BPR Mitra Parahyangan memiliki visi "Menjadi BPR yang kuat dan terpercaya di Bandung dan sekitarnya". Sedangkan misinya adalah "Mensejahterakan para stake holder baik owner, karyawan, deposan, maupun kreditur".

Kebanyakan para kreditur berasal dari UMKM skala mikro dan ultra mikro. BPR Mitra Parahyangan bantu UMKM dengan melakukan pendampingan secara langsung ke masyarakat. Tujuan Bank Perkreditan Rakyat agar para kredit usaha untuk mengembangkan usahanya lebih baik lagi.

Pendampingan Usaha UMKM dari BPR Mitra Parahyangan ini berupa model manajemen sederhana yang bisa diterapkan oleh pelaku UMKM sehingga usahanya bisa berjalan dengan baik. Seperti kebiasaan untuk melakukan pencatatan atau pembukuan keuangan usaha.

Modal Usaha Melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Parahyangan

Saat ini para pelaku usaha UMKM sudah tidak perlu khawatir lagi jika ingin mencari modal untuk memulai usaha UMKM yang akan dibangun. Karena adanya Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Parahyangan bantu UMKM yang akan membantu cara cepat dapat pinjaman usaha.

Karena adanya UMKM sendiri membantu meningkatkan perekonomian yang ada di Indonesia. Jadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) PT. Mitra Parahyangan bisa memberikan solusi terbaik dalam membangun para pelaku UMKM.

Produk dari Bank Perkreditan Rakyat yang menjadi keunggulan lainnya, yakni Tabungan Mitra, Tabungan Parahyangan, Deposito Berjangka, Kredit Modal Kerja dan Investasi, Kredit Serbaguna, Kredit Kepemilikan Rumah, Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Pembiayaan Haji, serta Kredit Konsumtif Karyawan.

Untuk fasilitas pinjaman modal dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) ini memiliki syarat serta bunga yang ringan. Sehingga para pelaku usaha UMKM tidak perlu takut lagi akan adanya besaran bunga yang tinggi. Bank Perkreditan Rakyat, salah satunya PT. BPR Mitra Parahyangan yang memberikan solusi cepat dan mudah pinjaman untuk usaha UMKM.

Keuntungan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Parahyangan

Keuntungan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Parahyangan
Keuntungan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Parahyangan

Sebelum melakukan pengajuan pinjaman usaha, sebaiknya harus tahu keuntungan yang ada di Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Agar bisa memilih pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan tidak terjebak dalam situasi yang tidak diinginkan. Berikut keuntungan meminjam uang di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) :

First Trust

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) ini sangat mengutamakan kepercayaan, karena untuk memudahkan pinjaman dana ke nasabah yang sebelumnya pernah pinjam. Jika reputasi nasabah baik, maka Bank Perkreditan Rakyat (BPR) akan dengan segan memberikan dana pinjaman kembali.
 

Jaminan yang Disyaratkan Mudah

Jika ingin mengajukan pinjaman ke Bank Perkreditan Rakyat (BPR) tidak perlu merasa kesulitan dengan syarat-syaratnya. Karena Bank Perkreditan Rakyat (BPR) memberikan kemudahan kepada para peminjam. Justru yang dilihat syaratnya hanya prospek kemajuan usaha yang dibuat dalam jangka panjang. Jadi tidak perlu khawatir mendapatkan modal di Bank Perkreditan Rakyat (BPR), jika tidak memiliki aset yang berharga.

Memiliki Sistem Marketting yang Baik

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) membangun sistem marketting dengan baik aar sesuai dengan misi yang dimiliki yaitu, membantu mendukung pengembangan usaha UMKM dari segi modal. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) berusaha menjangkau UMKM sampai ke pelosok daerah terpencil, agar calon peminjam bisa terjangkau dengan merata.

Pencairan Dana Cepat dan mudah

Tujuan dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) itu sendiri salah satunya membantu para pelaku usaha UMKM dalam mendapatkan modal usaha. Dana yang akan dipinjam dapat dicairkan dengan mudah dalam waktu yang cepat berkisar dua sampai tiga hari kerja, dengan catatan semua persyaratannya sudah lengkap dan terpenuhi.

Jangkauan Wilayah dan Layanan Pinjaman Kredit Terbatas

Jangkauan wilayah dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) memang terbatas, hanya terdapat di Kabupaten saja. Sehingga bisa menjangkau para pelaku usaha UMKM yang tinggal di pelosok daerah. Jadi calon peminjam tidak perlu jauh-jauh mencari pinjaman dari tempat tinggalnya.

Untuk nominal peminjaman dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) ini terbatas, karena memang berbeda dari bank konvensioanl pada umumnya yang bisa memberikan pinjaman hingga puluhan milyar. Jadi di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menyesuaikan dengan jenis pinjaman yang ada dan bisa mengajukan kredit seperti yang dibutuhkan.

Jika sudah mengetahui keuntungan meminjam modal usaha ke Bank Perkreditan Rakyat (BPR), semoga menjadi bahan pertimbangan dengan baik ketika hendak mengajukan pinjaman. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) tetap mengutamakan calon nasabah yang jujur, agar pinjaman di kemudian hari dapat dimudahkan lagi dan tidak di blacklist. Semoga bermanfaat.

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.