Mengatasi Isu Perubahan Iklim dan Perlindungan Hutan

oleh - Kamis, Oktober 19, 2023

Saat ini kalian merasakan suhu yang saat panas tidak? Ternyata adanya cuaca panas ini salah satunya disebabkan dari adanya perubahan iklim.

isu perubahan iklim
Design canva

Dampak dari adanya pemanasan global sangat mempengaruhi lapisan atmosfer, sehingga bumi tidak memiliki lapisan yang baik seperti dahulu.

Perubahan iklim ini tidak hanya dirasakan Indonesia saja. Hampir semua negara juga merasakan dampaknya.

Dampaknya sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Perubahan iklim ini meningkat secara terus-menerus ini disebabkan dari faktor internal dan eksternal.

Penyebabnya bisa terjadi karena perubahan bencana dari alam seperti erupsi vulkanik, karena ulah manusia seperti pembakaran hutan, dll.

Apa saja faktor penyebab perubahan iklim?

Efek dari rumah kaca

Adanya pemanasan global

Pembuangan gas dari industri

Penebangan hutan sembarangan

Dampak dari adanya perubahan iklim yaitu menyebabkan,

Musim kemarau berkepanjangan

Peningkatan debit air karena mencairnya es di kutub

Curah hujan bisa tinggi

Adanya bencana gempa bumi kebanjiran, puting beliung, tanah longsor 

Beberapa spesies bisa punah

Kualitas dan kuantitas hutan jadi menurun

Terdapat wabah penyakit

Harapan Muda Indonesia

Sebagai harapan muda Indonesia #UntukmuBumiku kami berharap antusias dalam mengurangi isu perubahan iklim melalui kesadaran diri untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Kita semua memang harus menyadari bahwa mencari sumber masalah adalah untuk mengatasi dalam perubahan iklim.

Setelah tahu sumber masalahnya, kita harus bisa menutup masalahnya. Seperti permasalah adanya penebangan hutan secara sembarangan, maka sebaiknya harus bisa perbanyak melakukan tanam pohon di lahan kosomg agar mencegah hutan dari kerusakan bencana alam.

Fakta Perubahan Iklim

Faktanya kondisi saat ini memang panas yang sangat menyengat. Seperti matahari berada tepat di atas kepala.

Musim kemarau berkepanjangan menyebabkan sulitnya air dalam melakukan kehidupan sehari-hari.

Banyaknya kebakaran di lingkungan. Padahal ketika panas seperti ini, kita tidak diperbolehkan melakukan pembakaran. Karena angin akan mudah menyebarkan titik api ke tempat lain yang mudah terbakar.

Solusi  Mengatasi Isu Perubahan Iklim

Ketika sudah tahu penyebab dampak dan akibat adanya perubahan iklim. Maka kita harus sadar untuk bisa menghatasi permasalahan.

Membuat Mitigasi dengan melakukan pengelolaan sampah dan limbah. Jadi jangan membuang sampah sembarangan, sehingga sampah bisa didaur ulang dengan baik.

Mengajak orang atau bergabung dalam komunitas untuk melakukan gerakan menanam pohon bersama

Menggunakan energi dengan hemat dari rumah, seperti tidak membuang air jika tidak digunakan, menggunakan listrik seperlunya.

Perbanyak makanan sehat dengan sayur, buah, daging dan susu. Dengan makanan 4 sehat 5 sempurna membantu ramah lingkungan, jadi jangan terlalu sering makanan junkfood.

Melakukan olahraga juga membantu mengatasi terjadinya perubahan iklim, sehingga badan juga ikut sehat.

Menggunakan transportasi umum, juga salah satu upaya dalam mengatasi perubahan iklim. Sehingga tidak banyak kendaraan yang mengeluarkan polusi.

Kami salah satu dari #TeamUpForImpact mencoba untuk membantu dalam mengupayakan perlindungan hutan untuk anak cucu kita kedepannya.

Sebagai #MudaMudiBumi memang harus sadar dalam mengatasi permasalahan dari perubahan iklim.

Kami #BersamaBergerakBerdaya membantu menyuarakan dalam pencegahan dalam kerusakan iklim yang ada di bumi. Agar bumi tetap dalam kondisi yang baik.

Itulah dampak dan cara mengatasi adanya isu perubahan iklim dan melakukan perlindungan hutan. Gerakan kecil akan membantu menyelamatkan bumi.

Semakin banyak yang menyuarakan dalam meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan. Maka akan membantu melindungi dan menyelamatkan bumi.

Jadi gimana teman-teman menurut kalian tentang penanganan isu perubahan iklim dan perlindungan hutan? Yuk share mimpi kamu terhadap penanganan isu perubahan iklim dan perlindungan hutan!

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.