Green Building Konsep Pembangunan Oleh Sinarmas Land

oleh - Senin, Oktober 23, 2023

Membuat konsep pembangunan untuk jangka panjang sangat penting sekali untuk menggerakkan kemajuan suatu daerah.

Melalui Sinarmas Land yang merupakan pengembang properti terbesar yang ada di Indonesia. Sebuah perusahaan yang memiliki pengalaman dalam bidang properti kurang lebih 40 tahun.


Pembangunan yang dilakukan oleh Sinarmas land dengan konsep greenbuilding menjadi pembangunan yang ramah lingkungan.

Karena kebutuhan akan pembangunan dengan kota yang layak huni akan memberikan mobilitas yang baik, sehingga kualitas hidup juga ikut lebih baik.

Green Building Konsep Pembangunan Oleh Sinarmas Land

Dalam pembangunan infrastruktur harus memiliki 4 pilar yaitu adanya Live (mendukung kebutuhan hidup), Learn (mendukung edukasi), Work (mendukung kebutuhan profesional), dan Play (mendukung kebutuhan emosional).

4 pilar ini akan membantu dalam proses pembangunan infrastruktur dengan baik.
Peran dari Pemerintah Indonesia sendiri untuk membantu proses pembangunan infrastruktur harus memiliki berkomitmen dengan Paris Agreement.

Yang dimaksud dari Paris Agreement itu sebuah kesepakatan lingkungan yang terjalin oleh setiap negara termasuk Indonesia untuk mengatasi perubahan iklim dan dampak dari adanya perubahan iklim.

Nah, untuk bisa mencapai pembangunan infrastruktur ifrastruktur memang harus tahu caranya agar bisa menerapkan aspek yang ada di dalam pembangunan, sebagai berikut :

1. Menerapkan fungsi Quality Infrastructure Investment (QII)

Harus bisa menunjukkan dampak positif infrastruktur demi mencapai pertumbuhan dan pengembangan yang berkelanjutan. Dapat menekan efisiensi ekonomi perihal perspektif life-cycle cost.

Untuk mempertimbangan dampak lingkungan dalam investasi infrastruktur. Membuat perlindungan terhadap potensi bencana alam dan risiko lain.

2. Menerapkan Green Infrastructure

Infrastruktur Hijau merupakan sebuah konsep pembangunan yang ramah lingkungan. Pembangunan tersebut di mulai dari tahap desain, pembangunan, pengoperasian, sampai tahap pemeliharaan di rancang sesuai aspek yang mencakup perlindungan, penghematan,dengan tujuan efisiensi sumber daya alam.

Diantaranya mencakup pengurangan penggunaan sumber daya (lahan, material, air, sumber daya alam dan sumber daya manusia), Efisiensi jumlah limbah, rekontruksi sumber daya yang telah digunakan sebelumnya ataupun hasil daur ulang, perlindungan dan pengelolaan terhadap lingkungan hidup melalui upaya pelestarian.

3. Menerapkan Circular Economy Infrastructure

Circular economy atau sering disebut sebagai "sirkularitas" adalah sistem ekonomi yang bertujuan minimalisir limbah serta pemanfaatan sumber daya dengan sebaik mungkin, sehingga berdampak pada efisiensi jumlah bahan baru yang digunakan dalam pembangunan infrastruktur serta maksimalisasi dari jumlah bahan yang lama yang telah didaur ulang.

Terdapat prinsip utama yang perlu diperhatikan yaitu Rethink, Refuse, Repair, Reduce, Reuse, dan Recycle (6R).

Dengan menerapkan prinsip dari 6R, yang pertama untuk meningkatkan penerapan 'Sirkularitas Infrastruktur' sehingga bisa melalui memanfaatkan sumber daya secara optimal dan minim limbah, serta saling berkaitan dengan prinsip 6R. 

Lalu, fungsi yang kedua untuk meningkatkan penyediaan 'Infrastruktur untuk Sirkularitas', sehingga bisa mendukung pelaksanaan aktivitas dari prinsip 6R itu sendiri.

Maka dari itu adanya kedua peran infrastruktur bisa saling mendukung sirkularitas satu sama lain, sehingga bisa mewujudkan infrastruktur yang berkelanjutan dengan tujuan dari greenbuilding itu yang membuat konsep ramah lingkungan.

Penutup

Adanya penjelasan pembangunan yang dilakukan oleh Sinarmas Land untuk bisa membantu memberikan manfaat terhadap masyarakat dan lingkungan untuk bisa mensejahterakan kehidupan di masa yang akan datang.

Terutama dibidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan sangat diperlukan untuk mewujudkan Implementasi infrastruktur berkelanjutan, sehingga pemerintah Indonesia bisa mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals), sehingga Negera bisa berkembang lebih maju untuk kedepannya.

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.