Meningkatkan Traffic Blog Bersama Komunitas Blogwalking Asyik

oleh - Jumat, Desember 03, 2021

Istiqomahsweet.com – Menulis merupakan sebuah hobby yang sudah lama saya lakukan sejak saya masih duduk di bangku sekolah.  Seperti yang pernah saya jelaskan di postingan sebelumnya 5 Alasan Belajar Blog yang Wajib Diterapkan.


Meningkatkan Traffic Blog Bersama Komunitas Blogwalking Asyik

Dahulu saya hanya sekedar  menulis, istilah profesi menjadi seorang blogger juga ketika saya sudah menyelesaikan kuliah, padahal ketika sekolah jurusan IT saya sudah mengetahui blog tapi hanya sekadar tugas sekolah saja tidak menekuni seperti sekarang

 

Saya tetap menulis, sampai saya bisa lebih tahu mengenai dunia teknologi yang selalu berkembang di setiap waktunya seperti dalam dunia blogger ini. Adanya teknologi membuat kemudahan dalam menjangkau apapun seperti komunikasi, bisnis, belanja online, pendidikan dan masih banyak lagi.

 

Dari menulis juga saya mendapatkan passive income, mendapatkan pekerjaan dari hobby, job dari client, bisa memenangkan perlombaan menulis, bisa mengembangkan bisnis dalam menulis dan masih banyak lagi pekerjaan dari menulis.

 

Saya tidak menyangka bisa berhasil memenangkan perlombaan blogger, padahal saya tidak pernah berfikir bisa sampai titik ini bisa dipertemukan dengan salah satu Komunitas Blogwalking Asyik dari salah satu rekan yang juga sebagai pemenang lomba menulis.

 

Akhirnya saya bisa masuk ke dalam Komunitas Blogger Blogwalking Asyik. Di sana saya bisa dipertemukan dengan para blogger hebat dan sudah ternama. Adanya sebuah relasi membuat pengalaman baru, ilmu baru, informasi terbaru bahkan bisa dengan rejeki baru lainnya.

 

Sangat kebetulan saya baru bergabung kemudian langsung mendapatkan materi baru dengan meningkatkan traffic blog. Karena saya masih begitu awam mengenai dunia blogger, akhirnya saya mengikuti materi hingga selesai. Berikut penjelasan materi yang saya dapatkan :

 

1.        Membuat Keyword

Jika sudah mengetahui teknik menulis terutama artikel, jadi bisa menyesuaikan tidak hanya asal menulis berdasarkan ide pribadi saja. Jadi sebelum menulis harus melakukan riset keyword terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan sehingga memudahkan ke dalam pencarian google.

 

Keyword merupakan sebuah kata kunci yang dibuat untuk memudahkan para pencari google, sehingga  bisa meningkatkan traffic website yang dimiliki. Melakukan riset keyword  bisa dengan berbagai cara seperti menggunakan beberapa macam tools yang juga tersedia di google.

 

2.        Menulis Artikel yang Jelas dan Lengkap

Setelah keyword sudah ditentukan bisa langsung menulis dengan jelas dan harus lengkap. Ketentuan jumlah kata yang menjadi faktor pencarian mesin google minimal 700 kata.

 

Jika kurang dari jumlah kata maka akan membuat kesulitan di ranking hasil pencarian, karena google menganggap bahwa artikel yang ditulis tidak jelas dan tidak lengkap, akan membuat kesulitan sehingga tidak bisa menjawab pertanyaan yang dicari oleh para pengguna.

 

3. Membuat Judul Artikel yang Menarik

Judul merupakan artikel yang dilihat pertama kali oleh para pengguna di hasil pencarian. Maka dari itu ketika menulis artikel harus bisa membuat judul artikel yang menarik agar mudah dilirik oleh para pengguna.

 

Jika judul yang dibuat kurang menarik maka akan kalah saing dengan kompetitor-kompetitor yang lebih unggul. Karena para pengguna mencari keyword akan lebih membuka judul artikel yang menarik.

 

4. Menambahkan Visual yang Menarik

Ketika menulis artikel tidak hanya panjang saja, melainkan harus kreatif mengolah konten bisa lebih menarik dengan menambahkan tampilan gambar atau video yang bagus dan menarik. Jika yang ditampilkan hanya tulisan website yang dimiliiki sangat membosankan bagi para pembaca.

 

Jika pembaca tidak lama membaca tulisan yang sudah dibuka akan membuat bounce rate pada website yang dimiliki. Karena bounce rate merupakan salah satu faktor yang dinilai oleh mesin pencari google. Apabila bounce rate tinggi akan menyebabkan ranking website yang dimiliki menurun, akibatnya traffic di hasil pencarian google juga ikut menurun.

 

5. Perbaiki SEO On Page dan Off Page

SEO merupakan kepanjangan dari search engine optimization untuk optimasi website agar bisa mendapatkan ranking teratas di hasil pencarian google. Adanya SEO yang baik bisa meningkatkan traffic website yang dimiliki.

 

SEO sendiri ada dua pilihan, yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page merupakan optimasi yang diterapkan di dalam artikel yang sudah diterbitkan di halaman website seperti, judul artikel, URL & permalink, kualitas isi artikel, heading, meta description dan menu lainnya yang ada dalam artikel.

 

Tidak hanya mengoptimasi yang hanya dalam website melainkan penting juga melakukan optimasi di luar website yang juga disebut sebagai SEO off page. Optimasi yang ada di SEO off page seperti, meningkatkan DA dan PA, membuat link building.

 

Jika ingin meningkatkan traffic SEO off page bisa didapatkan dari media sosial, namun traffic organic search tetap harus menjadi prioritas. Agar bisa mengamankan traffic website yang dimiliki memiliki kualitas SEO yang baik.

 

Meningkatkan SEO on page dan SEO off page. SEO on page yang kuat, bisa membuat kredibilitas website yang dimiliki lebih dipercaya oleh google traffic akan meningkat lebih baik lagi.


Banyak sekali ilmu yang sudah saya dapatkan, terima kasih kakak semua yang ada di dalam grup sudah mengizinkan saya bergabung di komunitas Blogwalking Asyik. Harapannya adalah bisa berkembang lebih lagi dalam dunia teknologi terutama seorang blogger dan influencer yang perlu belajar tiada hentinya.

Mungkin Kamu Suka

33 Komentar

  1. Alhamdulillah ... Beruntung sekali aku juga bisa dipertemukan oleh blogger-blogger hebat seperti kalian.
    Salam kenal dari Wiwid di Surabaya ya, mbak.

    BalasHapus
  2. Selamat datang di BWA, Mba Isti. Semoga ilmu perdana ini berdampak luar biasa. Saya juga senang bisa bergabung di BWA dan mengenal teman-teman blogger yang hebat.

    BalasHapus
  3. PRku masih sama, masih belum konsisten riset keyword setiap nulis. Seringnya pas udah selesai nulis, udah publish, baru deh kepikiran buat nyari info mengenai keyword yang aku pake. Alhasil jadi agak bingung sendiri buat update artikelnya. Huhuhu, kayaknya harus aku jadiin bagian penting dalam proses nulis artikel ya. Biar pas udah ditayangkan semuanya tuh udah oke gitu

    BalasHapus
  4. Iya saya juga banyak mendapat ilmu baru semenjak ikut blogwalking

    BalasHapus
  5. Tergabung di group support blog emang menguntungkan banget ya kak buat naikin traffic blog, disamping itu pastinya bisa saling sharing dengan teman yang lain juga.
    Thanks kak udah sharing ilmunya

    BalasHapus
  6. senang banget bisa gabung di WAG BWA, bisa dapat ilmu bermanfaat disana, random tapi relate dengan kehidupan, apalagi ilmu ngeblog gini ya.
    semoga setelah ini traffic jadi naik juga ;)

    BalasHapus
  7. Lewat blog walking wawasan juga jadi bertambah. Membaca blog teman-teman, membuka wawasan ilmu di luar fokus pribadi.

    BalasHapus
  8. Saya masih belum sentuh SEO n-Page dan SEO off-Page karena kelihatannya rumit. Kelihatannya. Semoga ada kelas-kelas lainnya nanti yang bahas dua ini secara spesifik.

    BalasHapus
  9. Wahh, jadi nambah ilmu habis baca ulasan mba Lailatul ini. Secara saya masih banyak awamnya tentang dunia perbloggingan. Masih terbata sekali dalam mengeja istilah2 dalam blogging. Makasih ulasannya mba Lailatul 😊🙏

    BalasHapus
  10. blogwalking saya ibaratkan silaturahmi. banyak silaturahmi banyak rezeki. termasuk nambah trafik dan nambah ilmu. bisa juga jadi jalannya nambah cuan

    BalasHapus
  11. Aku juga udah tergabung di beberapa komunitas blogwalking kak, biar ikut naik juga traffic blog ku saat teman teman mengunjungi artikelku.
    Apalagi kalau tergabung di komunitas bisa sekaligus silahturahmi dengan yang lain dengan latar belakang atau profesi yang berbeda

    BalasHapus
  12. Wah emang blogwalking tuh penting banget apalagi saat deadline laporan hihi dan bisa kenal dengan Blogger lainnya ya kak

    BalasHapus
  13. Wah makasih tipsnya mbak. Saya masih pemula, masih banyak belajar

    BalasHapus
  14. Ilmu yg menarik sekali bagi blogger pemula seperti saya.

    BalasHapus
  15. Bagi blogger, memperbaiki kesehatan blog jd PR yaa. Kudu terus dicek karena kalo enggak ntar kayak blog saya nih yg peeformanya menurun. Huhu .. belajar lagi deh soal seo onpage dan offpage

    BalasHapus
  16. Membaca ini jadi nostalgia awal mula ngeblog... Tipsnya betul banget dan perlu diterapkan agar blog semakin berkembang. Harapannya sama saya pun Mudah-mudahan bisa terus belajar dan lebih baik lagi

    BalasHapus
  17. Ya, banyak manfaat dengan bergabung di BWA. Meskipun, obrolannya random banget. Hehe..

    BalasHapus
  18. Kalau mau ikutan komunitasnya gimana caranya mba?

    BalasHapus
  19. Wah seru ya bisa ikutan komunitas BW bisa membuat kita semakin semangat memelihara blog berharga milik kita hehehe

    BalasHapus
  20. makasih mbak sangat membantu buat saya sebagai pemula

    BalasHapus
  21. Mengikuti komunitas blogger seperti blogwalking asyik akan membantu sharing pekerjaan blogging

    BalasHapus
  22. Nama komunitasnya lucu, Blogwalking Asyik :)
    Iya ya mbak, makin lama jadi bloger makin sadar masih banyak ilmu yg kurang.

    BalasHapus
  23. ikut komunitas blogger emang selalu seru ya mbak

    BalasHapus
  24. meningkatkan traffic blog ini juga masih PR banget buatku, Alhamdulillah syukurnya bisa dikasih kesempatan belajar juga nih di BWA, banyak obrolan yang bisa diserap jadi ilmu disana, gak cuma blog tapi apa ajaa juga ada :)

    BalasHapus
  25. Ngeblog memang tidak hanya mampu mengisi blog dengan berbagai tulisan, tapi juga perlu belajar ilmu SEO. Baca ini jadi ada tambahan ilmu SEO nih. Makasih Mbak.

    BalasHapus
  26. Wah, asik banget punya support system untuk saling BW ya, mb. Gimana caranya kalau mau gabung?

    BalasHapus
  27. Sebenarnya tips meningkatkan traffic ini udah sering banget kulihat, tapi kadang suka lupa nerapinnya. SEO juga masih belajar belajar nih, soal keyword itu padahal dasar banget tapi kadang suka males riset. Harus mulai berbenah nih

    BalasHapus
  28. halo mbak laily ternyata kita satu grup ya, aku nyimak materinya bang doel waktu itu. masyaallah ya luar biasa ilmunya

    BalasHapus
  29. Aku masih lemah nih di banyak hal tentang teknik penulisan artikel di blog, selama ini pengen nulis ya nulis aja, belum menerapkan teknik kyeword maupun SEO

    BalasHapus
  30. Bersyukur banget bisa gabung di BWA. Apalagi isi grupnya gak sekedar tentang blog tapi juga curhat2an yang kadang itu juga masalah kita. Walaupun ada nyeseknya juga sih. Pas liat teman2 yg sering juara. Pengen juga tapi blum bisa2. Hehehe

    BalasHapus
  31. Terkadang, aku pun masih ngga terlalu mikir SEO (on page) yang musti bagaimana, karena ya percaya aja sama plugin YOAST (untuk Wordpress).

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.