Cara Membangun Blog Planner Bersama BRT

oleh - Rabu, Desember 15, 2021

Istiqomahsweet.com – Membuat sebuah perencanaan ternyata bukan hanya di kehidupan secara nyata, melainkan di semua aktivitas apapun seperti membuat content di dalam sebuah blog.

Maka dari itu seorang blogger harus bisa mengetahui tata cara membangun blog planner. Adanya blog planner sangat penting untuk konsisten dalam membuat sebuah artikel sehingga menunjang perkembangan blog agar bisa lebih baik.


Blog Planner Bersama BRT

Apakah semuanya sudah mengerti blog planner?? Saya juga baru mengetahui blog planner dari Kelas gratis BRT ini. Dahulu saya hanya menulis tanpa menggunakan teknik, iya saya mengira menulis itu iya sekedar menulis mengalir begitu saja, tapi saya juga memiliki alasan untuk belajar blog.


Ternyata tidak semudah itu jika ingin menulis di dalam sebuah artikel terutama menjadi seorang blogger, maka dari itu di sini akan saya jelaskan mengenai tata cara membangun blog planner bersama BRT.

 

Pengertian Blog Planner :

Blog planner merupakan sebuah perencanaan blog. Adanya sebuah perencanaan dari seorang blogger untuk membangun pengembangan sebuah content blog agar tujuan akhir bisa mendapatkan kesuksesan.

 

Bagi seorang pemula memang tidak mudah melakukan blog planner, karena kebingungan merasa buntu tidak menemukan ide ketika menulis akhirnya gagal posting artikel. Sehingga adanya blog planner ini akan membantu seorang blogger.

 

Karena saya menyukai dunia literasi, bagi saya menemukan passion menjadi penulis seorang blogger bukan hal mudah=dan saat ini menjadi seorang blogger, maka sekalian saya menekuni lebih dalam.

.

Adanya blog planner ini akan memudahkan dalam mengatur isi konten secara rutin dan terarah. Blog planner ini terdiri dari tujuan blog planner, manfaat blog planner, niche atau kategori tulisan artikel, jadwal posting artikel, ide konten dan membuat outline artikel yang dibutuhkan.


Tujuan Membuat Blog Planner :

Apa tujuan membuat blog? Apakah hanya sekedar menyalurkan hobby menulis? Apa hanya sekedar mengeluarkan isi kepala untuk berbagi cerita? Atau ingin medapatkan penghasilan dari menulis artikel di blog?

Bagi saya semuanya itu tepat, menyalurkan hobby yang sudah menjadi profesi. Berikut penjelasan tujuan membuat blog planner :

Membuat Artikel tentang Travelling

Membuat Artikel tentang Culinary

Membuat Artikel tentang Lifestyle

Membuat Artikel tentang Blog Competition

Membuat Artikel tentang Sponsored Post

Mendapatkan Sertifikasi Menulis

Bisa Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Bisa Meningkatkan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority)

Bisa meningkatkan PV (Page Views)

      Bisa Menjadi Seorang Travel Blogger

 

Manfaat Blog Planner :

1.  Merencanakan Konten yang Teratur

Merencanakan postingan dengan teratur sangat diperlukan, agar perkembangan blog jauh lebih baik dari sebelumnya. Sehingga perlunya membuat blog planner, untuk bisa update blog setiap saat.


2. Membuat Postingan Konten Lebih Terarah

Membuat Konten yang baik harus berhubungan dan saling melengkapi. Sehingga ada keterkaitan antara konten satu dengan yang lain sesuai dengan niche dan kategori masing-masing blog.

 

3. Mempersiapkan Konten yang Sesuai

Adanya perencanaan blog planner, saya bisa menyesuaikan postingan dikemudian hari. Sehingga tidak mendadak dan terburu-buru dalam membuat konten yang berkaitan. Karena sudah mempersiapkan materi jauh-jauh hari saat membuat blog planner.

 

4. Memilih Ide dan Menghindari Writer's Block

Saat membuat content plan kita bisa pikirkan matang-matang dan lakukan riset terlebih dahulu apa saja yang akan kita buat. Content plan membantu kita untuk memutuskan mana ide terbaik yang akan diposting terlebih dahulu.


Seperti sudah saya singgung di awal, dengan membuat content plan kita akan jauh dari kebuntuan saat akan menulis. Karena sudah dipersiapkan secara khusus di awal, jadi sebelum jadwal posting kita tinggal menulis dengan tema dan bahan riset yang sudah dipersiapkan sebelumnya.


5. Menghemat waktu

Membuat blog planner terlihat seperti membuang-buang waktu. Padahal dengan adanya perencanaan di awal justru akan lebih menghemat waktu pada saat memposting artikel. Hanya pelru meluangkan satu waktu khusus di awal, untuk merencanakan konten selama satu hari, satu pekan, dan satu bulan.

Jenis Blog Planner :

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari blog planner diatas, pastinya jadi semakin semangat untuk membuat blog planner sesegera mungkin. Dari materi terakhir kelas Blogspedia, ada empat jenis blog plan yang membantu blog kita agar lebih tepat sasaran dan makin optimal.


Scedule Blog Planner

Yearly Blog Planner

Membuat blog planner tahunan saya hanya membutuhkan evaluasi saja, seperti :

  • Bisa meningkatkan traffic yang ingin dicapai, DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) yang ingin dicapai, angka DR yang ingin diraih, bisa meningkatkan PV (Page Views)
  • Mendaftar adsense dan mendapatkan penghasilan tambahan yang lain.
  • Hal-hal yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan: jadwal posting, update artikel lama, membenahi struktur blog, dsb.
  • Agenda upgrade diri dengan mengikuti kelas SEO, mengikuti kelas menulis dan lain sebagainya

 

Monthly Blog Planner

Setelah kita tentukan goals blog kita, saatnya kita susun perencanaan yang lebih detail untuk satu bulan ke depan. Berbeda dengan yearly blog plan, untuk perencanaan bulanan berisi tentang :


  • merencanakan jumlah artikel yang akan dihasilkan pada bulan tersebut.
  • merencanakan jadwal postingan setiap hari atau berapa kali dalam sepekan.
  • mencatat hari-hari besar di bulan itu, apakah akan membuat postingan dengan tema tersebut.


Weekly Blog Planner

Dari monthly blog plan di atas, bisa di breakdown lebih detail lagi menjadi seperti berikut :


  • menetapkan tanggal posting
  • merencanakan kategori dan tema postingan
  • menuliskan tujuan: misal ada lomba blog di pekan tersebut
  • mencatat hal-hal yang harus dilakukan pekan itu: mencari referensi tulisan, menyiapkan infografis, wawancara narasumber, dsb.


Daily Blog Plan

Daily plan untuk blog itu semacam outline dari setiap artikel yang akan diterbitkan. Outline ini akan membuat tulisan kita lebih runut dan menjawab pertanyaan dari pembaca. Dalam kerangka tulisan atau outline kita bisa tentukan terlebih dahulu:

  • Tema tulisan
  • Keyword
  • Judul
  • Permalink
  • Kalimat pembuka
  • Sub Judul 1
  • --- Sub sub judul 1
  • --- Sub sub judul 2
  • --- Sub sub judul 3, dst
  • Sub Judul 2
  • Sub Judul 3, dst
  • Penutup (kesimpulan)
  • Referensi/ Daftar Pustaka

Setelah outline jadi, maka akan lebih lancar menulis dan isi tulisan tidak melebar kemana-mana sehingga membuat pembaca malas membaca artikel yang sudah ditulis.


Memperluas Relasi :

Adanya kelas blog BRT gratis ini membuat saya bisa memperluas relasi, tidak hanya sekedar ilmu yang dibeirkan melainkan menemukan sebuah jaringan dalam pertemanan yang luas juga sangat dibutuhkan.


Memperluas Relasi



Kak Vicky Laurentina

"Kak Vicky ternyata salah satu pengisi seminar branding di instagram yang baru saja saya ikuti, ternyata sekarang menjadi salah satu tim saya di kelas blog Gratis BRT. Dimana beliau ternyata salah seorang food blogger yang memiliki blog planner yang sangat terstruktur yang bisa dibuat sebagai acuhan."



"Saya sudah mengenal kak Ross juga tidak begitu lama, tapi saya merasa kenal beliau begitu lama. Kak Ross sangat menginpirasi saya untuk bisa lebih baik, apa yang tidak saya ketahui bisa dijawab sangat baik penuh dengan kesabaran oleh beliau.

Ternyata beliau memiliki hobby travelling, sempat pernah bermimpi travelling bersama Kak Ross. hihihi nggak nyangka, sampai kebawa mimpi bisa travelling bersama Kak Ross salah seorang teman blogger yang ternyata sekarang menjadi satu tim di kelas gratis BRT ini."





"Sudah lama kenal Kak Bening di salah satu komunitas menulis lainnya, sebelum saya bisa mengenal dan memberanikan diri untuk memiliki blog TLD yang tidak gratisan, Karena merasa sangat awam, saya sempat menanyakan seputar pemasangan domain dan hosting.

Eh nggak nyangka kita bertemu dalam satu tim di kelas gratis BRT Network. Dari Kak Bening saya juga belajar berani show up seperti sekarang ini memiliki blog dengan branding istiqomahsweet.com."



Kak Ajeng 

"Saya baru mengenal kak Ajeng dari kelas blog gratis BRT Network. Salut bisa kenal beliau di tim saya kali ini, meskipun memiliki keluarga dan sudah dikarunai seorang anak.

Semangat beliau untuk berkembang lebih baik sangat bisa dicontoh. Membagi waktu dalam belajar dan bisa mengurus semuanya."

Mungkin Kamu Suka

12 Komentar

  1. Sangat mengispiratif sekali 🥰 sukses terus kak

    BalasHapus
  2. Bagian yang memperluas relasi ini aku sepakat banget, mbak.
    Makin banyak kenalan, bisa belajar dari mana aja dan dari siapa aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kak. Semakin memperluas jaringan. Ilmunya jadi semakin luas dan pengalaman semakin bertambah.

      Hapus
  3. Aku mengenali grafis Aktivitas Blog Planner itu. Itu bikinnya pakek Canva yaaa..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak betul sekali, pakai canva soalnya anti ribet heheheh

      Hapus
  4. Semangat, selalu menebarkan kebaikan melalui tulisan ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.