3 Makanan Tradisional Lontong yang Ada di Gresik

Istiqomahsweet.com - Siapa yang tidak menyukai kuliner? pasti jawabannya tidak ada. Karena hampir setiap orang menyukai.

Hanya saja memiliki cita rasa kuliner yang berbeda setiap orangnya. Indonesia sendiri terkenal dengan khas makanannya yang bernama lontong, ini kebanggaan kotaku. Dimana olahan lontong ini berasal dari beras, hanya saja cara pengolahannya berbeda dan termasuk hidangan penggantinya nasi.


3 Makanan Tradisional Lontong yang Ada di Gresik
3 Makanan Tradisional Lontong yang Ada di Gresik



Di sini saya akan menjelaskan tentang kuliner tradisional lontong yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya Surabaya dan Gresik.

Karena saya tinggal di Gresik, jadi untuk lokasi dan harga dari 3 Makanan Tradisional Lontong yang Ada di Gresik, berikut penjelasannya :


Lontong Balap Songo Limo
Lontong Balap Songo Limo/Dok Pribadi

1. Lontong Balap Songo Limo Gresik

Bagi masyrakat Gresik lontong balap bukanlah makanan yang asing, bahkan di sela-sela kesibukan di siang hari pasti menyempatkan untuk menyantap makanan khas Jawa Timur yang satu ini.

Lontong balap ini terdiri dari lontong, taoge, tahu, lentho. Nah, adanya lentho yang menjadikan cita rasa makanan lontong ini yang berbeda, lentho terbuat dari kacang kedelai yang dibuat bulat dengan adonan tepung.

Kemudian lontong disiram dengan kuah dan diberikan sambal petis yang pedas di atasnya ditaburi dengan bawang goreng. Tapi tidak lengkap rasanya jika tidak disantap bersama sate kerang.

Untuk harga lontong balap setiap porsinya hanya Rp.13.000. Sedangkan sate kerangnya Rp.2.000/tusuknya.

Tidak lupa memesan es teh atau es jeruk untuk minumannya sebagai penambah dahaga, dengan harga Rp.3.000/gelasnya.

Lontong balap paling enak menurut saya yaitu lontong balap songo limo, yang dulunya berlokasi di Alun-Alun Gresik, tapi saat ini Lontong Balap songo limo berlokasi di Ruko KIG Jl. Tri Darma Gresik.


Lontong Kupang Alun-Alun Gresik
Lontong Kupang Alun-Alun Gresik/Dok Pribadi

2. Lontong Kupang Alun-Alun Gresik

Lontong Kupang ini tersedia di wilayah Jawa Timur khususnya di Sidoarjo, Surabaya dan juga Gresik.

Hidangan lontong ini bersama kerang kecil-kecil yang bernama kupang, diberikan irisan cabe, bawang putih dan juga petis yang sudah menjadi ciri khasnya, lalu di siram dengan kuah kaldu kupang yang sangat menggugah selera. Tidak ketinggalan sate kerangnya, sebagai pelengkap hidangan.

Tapi untuk makanan lontong jenis kerang ini, tidak semua orang bisa menikmati. Terkadang ada yang alergi dengan makanan seafood jenis kuliner yang satu ini, jika ingin menikmatinya bisa didampingi dengan minuman degan ijo atau air kelapa muda sebagai penawar, jadi tidak timbul alergi yang berkelanjutan.

Untuk harga setiap porsi lontong kupang seharga Rp.10.000. Sedangkan sate kerangnya seharga Rp.1.000/tusuk.

Masyarakat Gresik jika ingin menikmati lontong kupang ini bisa langsung ke Alun-Alun Gresik. Dimana pedagang lontong kupang ini bersandar di pinggir jalan, biasanya di depan DPRD atau di depan Masjid Jami' dengan menggunakan gerobak yang dipikul.

Lontong Mie Pasar Gresik
Lontong Mie Pasar Gresik/Dok Pribadi

3. Lontong Mie Pasar Gresik

Nah, bagi sebagian orang mungkin melihat lontong bersama dengan mie terlihat asing bukan? Tapi tidak untuk wilayah Surabaya dan Gresik, yang sudah biasa menikmati kuliner yang satu ini.

Lontong mie ini terdiri dari lontong, udang, tahu atau tempe, taoge dan pastinya mie kuning sebagai pelengkapnya tidak lupa dengan irisan cabe, bawang putih goreng, dan juga petis yang di uleg secara bersamaan sebagai bumbu khasnya. Setelah itu disiram kuah kaldu mie, taoge dan udang di atasnya ditaburi dengan bawang goreng.

Lontong mie ini dapat disajikan sebagai makan pagi, makan siang atau makan malam. Sehingga sangat cocok dimakan kapan saja.

Untuk satu porsi lontong mie ini seharga Rp.10.000. Disantap dengan kerupuk mie kuning lebih nikmat lagi.

Jika ingin menikmati lontong mie ini, yang berlokasi di Pasar Gresik bagian tengah yang berdampingan dengan para penjual makanan lainnya.

Itulah penjelasan makanan favorit di kotaku. Bagi kalian yang di luar daerah, wajib untuk mencoba 3 Makanan tradisional lontong yang ada di Gresik.

Artikel yang terdapat pada blog ini merupakan sebuah karya yang sudah saya ikutkan event blog yang sudah di adakan oleh EsaUnggul membuat sebuah perlombaan blog yang sangat bermanfaat bagi para blogger untuk tetap berkarya.

Maka dari itu di era milineal yang serba digital ini buat teman-teman semua harus tetap belajar dan berkembang dalam dunia pendidikan. Jika ingin mengentahui info lebih lanjut mengenai pendaftaran pendidikan kuliah lebih lanjut Di Esa Unggul ini dapat di klik di sini.

Selamat membaca, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk dibagikan.

#inikotaku #esaunggul #inikebanggaankotaku #kulinerkhasjawatimur #kulinerkhasgresik

Lailatul Istiqomah, S.M

My Life is All about Writer. Travelling, Culinary, Writing Coach, Ghostwriter, Book Author. This blog www.istiqomahsweet.com

47 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.

  1. Bagus sekali reviewnya. Sukses lombanya๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ

    BalasHapus
  2. Wah menggoda selera. Terimakasih mbak, sudah berbagi

    BalasHapus
  3. lontong, makanan yang tiada duanya, selalu enak ketika lapar melanda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak. hehehhe kuliner lontong hanya di Indonesia

      Hapus
  4. Wah, baru ini saya tau lontong dimakan dengan kerang, Mbak. Terima kasih infonya. Semoga sukses di lombanya ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau blm tahu bisa di coba kak hehehhe. Amiin Allahuma Amiin. Terima kasih kak.

      Hapus
  5. Auto laperrr nih. Next time kalau ke sana wajib nyoba nihhh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pandemi selesai bisa menjelajah ke Jawa Timur kak dan mencoba kak hehehhe

      Hapus
  6. Wah mbak jd laper niih. Makasiih ulasannya smoga bisa lekas sampe Gresik . Amiin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin Ya Rabb, pasti bisa suatu saat kak. Hheheh di tunggu kedatangannya kak hihihih

      Hapus
  7. Jadi mau coba Lontong Mie Pasar Gresik nya. Sepertinya enak hihihi. Terima kasih info kulinernya๐Ÿ˜Š๐Ÿ™
    Semangatt & Sukses Kak! ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk bisa di coba, datang langsung ke lokasinya kak hhhehe. Amiin terima kasih kak. Sukses juga buat kakak di sana.

      Hapus
  8. Baru tau gresik ada aneka mkanan lontong bgini. Itu kupang bneran hrganya 10rb? Sate kerangnya 1rb? Di Sby ga dpt sih hrga segitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak masih Rp.10.000 kerangnya juga 1rb. Masih terjangkau hehehhe.

      Hapus
  9. Ah mantap mbak, good reviewer... Kesukaanku tuh lontong balap๐Ÿ˜‚ lihat gambar ini malah ngiler nya menjadi"

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya nih, enak banget kan, yang di Ruko KIG wajib di coba hehhhe

      Hapus
  10. Baca ini siang2, bikin laper deh ๐Ÿคญ terima kasih rekomendasinya, mbak. Kapan2 kalau pas kesana, siap icip2 deh

    BalasHapus
  11. Wah tulisan dan foto makanannya cukup membuat aku lapar kembali nihh

    BalasHapus
  12. Terimakasih Kak artikelnya, semoga sukses, jadi pengen coba makanan2nya... Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin Allahuma amiin. Semangat juga buat kakak.

      Hapus
  13. Surabaya dan sekitarnya wisata dan kulinernya patut jadi tempat untuk dikunjungi. Semoga suatu saat bisa kesana salaha satunya bisa makanan khas dari sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga pandemi lekas usai kak. Biar bisa travelling ke sini kak. Hhehehhe

      Hapus
  14. Wohoooo, porsinya gede ya Lontong balapan itu, kenyang pasti nih makannya.. lontong mie nya juga.

    Anyway sukses ya tuk lombanya, mantap nih ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh iya nih kak. Porsinya jumbo. Amiin Allahuma Amiin terima kasih kak.

      Hapus
  15. Semangat berkarya kak. Artikelnya bagus banget ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  16. Tiga2nya bikin ngiler dan kangen kampung, nih. Di jateng enggak gampang carinya.

    BalasHapus
  17. Wah aneka lontong ya, aku sukanya lontong pake sate atau opor gitu kak hehehe

    BalasHapus
  18. Ternyata kalau di Gresik, makanan berbahan lontong bisa diolah dengan menu yang berbeda ya.
    Biasanya yang sering dijumpai tiap lebaran atau acara keagamaan lontong sayur.

    BalasHapus
  19. Tidak perlu menunggu lebaran kalau ingin makan lontong. Gresik mantab.

    BalasHapus
  20. Wah kl ke Gersik wajib bgt cobain lontongnya ya. Soalnya disini jarang makanan pakai lontong, mentok2nya sate madura yg dimakan pakai lontong. Hhh

    BalasHapus
  21. Ketiga lontongnya keliatan enak semua,, harganya murmer lagi...

    BalasHapus
  22. Lontong kupang dan lontong balap ini favorit banget tapi sayang kalau lontong kupang jauh yg jual. Kalau lontong balap di depan kantor tiap hari lewat

    BalasHapus
  23. Enakkkk lontong, saya sangat suka sekali makan lontong

    Jadi penasaran euiii jenis masakan lontong ini karena gak pernah makan

    BalasHapus
  24. Wah, jadi penasaran. Belum pernah nyobain semua... hehehe. Enak semua kayaknya ya Mba.

    BalasHapus
  25. Wah saya juga orang Jawa Timur Mbak tapi belum pernah makan ke 3 makanan itu, patut di coba lah kalau ada kesenpatan.

    Kesukaan saya, kebetulan orang Lamongan, ya Soto Lamongan pakai lontong hehe.

    BalasHapus
  26. Enak banget Mbak, semua lontongnya... ada macem2 juga ya lontong di Gresik, kl di tempatku di kota Medan taunya ada lontong sayur buat sarapan pagi2, sama lontong bumbu sate, ada juga lontong pecel hehe...

    BalasHapus
  27. wah aku penasaran sama lontong kupang gimana ya rasanya? Selama ini kalau makan lontong itu kalau nggak pakai kuah santan ya pakai pecel

    BalasHapus
  28. Wah, olahan lontongnya beda sama di daerahku. Bahkan ada yang pakai mie, jadi penasaran sama rasanya. Kalau ke gresik wajib kulineran lontong nih.

    BalasHapus
  29. Lontong balap songo limo best banget, sih, memang. Sekali ke gresik dan pernah coba makan itu, ternyata di kotaku ada yang kayak gitu, pas coba enak tapi ya beda rasanya sama yang asli di sana ya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  30. lontongnya emang enak banget top dah pokoknya

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama