Manfaat Internet dalam Melestarikan Budaya Pencak Silat Melalui Tulisan

oleh - Senin, Mei 01, 2023

Olahraga adalah salah satu hobi yang sudah saya lakukan sejak kecil. Berbagai lomba olahraga sudah saya lakukan seperti lari, tolak peluru dan perlombaan terakhir yang masih bertahan masih saya geluti hingga saat ini adalah pencak silat.

Setelah saat ini menjadi seorang Istri dan seorang Ibu, perlombaan olahraga yang dahulunya sering dilakukan dalam sebuah pertandingan, saat ini hanya dijadikan sebagai kenangan. Perkembangan teknologi membuatku ingin bisa melakukan dalam melestarikan budaya Indonesia melalui tulisan.

budaya pencak silat
Doc Pribadi : Diolah menggunakan canva


Bagi saya melalui tulisan tidak hanya mengabadikan momennya, melainkan saya bisa menyampaikannya dan menjaga kelestarian untuk terus bisa berkarya dari skill menulis. Karena bagi saya berprestasi tidak hanya dibidang non akademik olahraga saja, tapi saya ingin bisa mengenalkan bidang olahraga melalui tulisan agar lebih dikenang sepanjang masa.

Dengan kegigihan saya mengikuti berbagai kegiatan, beberapa kelas dan melakukan riset sebelum menulis secara online, memang bukanlah hal yang mudah bagi saya yang masih pemula. Karena memang tidak mudah untuk bisa beralih menjadi seorang penulis.


Perkembangan Teknologi Membantu Menggapai Impian

Namun saya terbantu adanya perkembangan teknologi dengan internet yang mendukung dan memfasilitasi setiap usaha dan langkah dalam menggapai impian dan tetap berprestasi dibidang yang lain seperti menulis, menjadi seorang creator sehingga bisa bekerja darimana saja meskipun saat ini hanya seorang Ibu Rumah Tangga. 


Saya bisa menjadi seorang creator melalui online

Sebenarnya impian saya adalah ingin bisa bekerja di salah satu stasiun TV tapi belum terwujud. Jadi saya mencoba mencari tahu tentang banyak hal melalui internet, akhirnya saya memutuskan untuk menjadi seorang creator.

Bagiku menjadi seorang creator ini sama seperti bekerja di stasiun TV. Meskipun berbeda rana, saya mengganggapnya sama. Iya, sama dalam hal membuat kreativitas dan mencurahkan ide dalam bentuk tulisan, foto ataupun dalam bentuk video.

Hobi foto selalu dijadikan dokumentasi kemudian dipromosikan menjadi karya, salah satunya juga untuk membranding sosmed dan mengenalkan content dalam bentuk foto secara luas, Karena saya juga suka bikin konten video, akhirnya saya membuat content video dengan editing sendiri yang masih berproses,  lalu tinggal di unggah. 

Adanya internet online semuanya bisa semudah itu sekarang, karena jika mencari referensi  content hanya tinggal mencari dan klik, lalu buat ATM (Amati, Tiru dan Modifikas) Itu kata salah satu Guru dan Dosen saya ketika mengajar.


Saya bisa sekolah informal dengan mengikuti berbagai kelas online untuk tetap belajar

Karena memiliki cita-cita bisa bekerja sesuai dengan passion, saya mencoba untuk mengikuti berbagai kelas online agar bisa mewujudkan impian. Alhamdulillah sudah mengikuti kelas dan menerapkan ilmunya secara perlahan akhirnya pekerjaan yang saya impikan sudah mulai tercapai. Meskipun masih berproses dengan bermodal yakin, hasil akhir nantinya pasti akan menemukan jalan.


Saya bisa selalu riset dengan mencari sumber artikel, video dan fitur-fitur online lainnya

Ketika ingin mencari sesuatu hanya tinggal klik dengan mudah. Perkembangan teknologi memangg sangat ampuh dalam mencai sesuatu yang dibutuhkan. Modal healing tidak hanya traveling bisa langsung menuju lokasi, melainkan bermain secara online dengan menonton channel youtube, sosmed dll.

Biasanya saya juga mencari tahu tentang anak, tentang ilmu parenting, mencari resep masak dan masih banyak hal yang lainnya yang saya cari. Memang adanya internet saat ini bisa dengan sekali klik semuanya muncul. Wawasan bisa semakin lebih luas lagi berkat adanya media online.

Saya bisa menulis belasan buku antologi semuanya berjalan secara daring
buku antologi perjalananku

Doc Pribadi : Salah satu karya buku antologi perjalananku


buku antologi perjalananku
Doc Pribadi : Salah satu karya tulis antologi perjalananku


Proses yang sudah saya lakukan ini berkat perkembangan teknologi, dengan adanya internet sangat membantu sekali. Karena berawal dari online membuat impian yang dahulu pernah terpendam mulai terwujud. Adanya peluang dan bisa mendapatkan kesempatan bekerja darimana saja, sekaligus berkarya dengan melestarikan budaya melalui tulisan, meski hanya dari rumah.

Semua yang saya lakukan memang dari online, hasilnya adalah  bisa memiliki belasan buku antologi. Bisa menulis di media cetak, bisa menulis di website online. Bisa melanjutkan menulis melalui blog pribadi. Tapi saya tidak boleh merasa puas, tidak boleh pupus harapan dan tidak putus asa dalam meraih apapun agar bisa memberikan manfaat untuk yang lainnya.


Solusi Internet Cepat, Berkelas, dan Cerdas untuk Aktivitas Tanpa Batas

Sebagai generasi penerus harus bisa melestarikan budaya indonesia khususnya pencak silat. Internet yang berkelas melalui IndiHome memang sangat membantu sekali dalam memberikan informasi tentang budaya pencak silat itu sendiri.

 

internet IndiHome
Doc Pribadi :  foto IndiHome sendiri

IndiHome sebagai penyedia layanan internet terbesar nasional yang dapat memberikan solusi untuk bisa membantu melestarikan budaya pencak silat melalui media tulisan secara online. IndiHome internet provider yang perlu digunakan darimana saja.

Karena saat ini yang dibutuhkan oleh semua kalangan anak muda penerus budaya bangsa tidak hanya faham dalam gerakan secara nyata, melainkan harus bisa mengembangkan pelestarian budaya melalui media tulisan. IndiHome Telkom Indonesia memang solusi internet cepat, nerkelas, dan cerdas untuk aktivitas tanpa batas.


Apa sih Pencak Silat itu? 

Pencak silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara (Indonesia).

Unsur-unsur untuk membela diri dengan seni bela diri, yaitu dengan menggunakan pukulan dan tendangan. Pencak silat merupakan bela diri yang banyak diminati oleh banyak orang terutama masyarakat Indonesia.

Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Organisasi yang mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara adalah Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (Persilat), yang dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Pencak silat adalah olahraga bela diri yang memerlukan banyak konsentrasi. Biasanya setiap daerah di Indonesia mempunyai aliran pencak silat yang khas. Misalnya, daerah Jawa Barat terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong, di Jawa Tengah ada aliran Merpati Putih dan di Jawa Timur ada aliran Pagar Nusa, PSHT, Perisai Diri dan masih banyak lagi perguruan Pencak Silat yang ada di Indonesia.

Setiap empat tahun di Indonesia ada pertandingan pencak silat tingkat nasional dalam Pekan Olahraga Nasional (PON). Pencak silat juga dipertandingkan dalam ajang Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) sejak tahun 1987. Di luar Indonesia juga ada banyak penggemar pencak silat seperti di Australia, Belanda, Jerman, dan Amerika.

Di tingkat nasional olahraga melalui permainan dan olahraga pencak silat menjadi salah satu alat pemersatu nusantara, bahkan untuk mengharumkan nama bangsa, dan menjadi identitas bangsa. Olahraga pencak silat sudah dipertandingkan di skala internasional.

Pada 13 Desember 2019, Pencak Silat ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia (Intangible Cultural World Heritage). Hal ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam memajukan pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia.

Manfaat Pencak Silat yang diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia adalah mendapat pengakuan dunia internasional, memiliki peluang dipertandingkan dalam cabang olahraga di Olimpiade dan menggali nilai budaya yang terkandung dalam silat.


Apa itu IPSI?

Di dalam pencak silat sendirei terdapat wadah khusus semua perguruan pencak silat yang ada di Indonesia yaitu Ikatan Pencak Silat Indonesia atau disingkat IPSI adalah wadah organisasi bagi seluruh jajaran pencak silat Indonesia. IPSI didirikan pada tanggal 18 Mei 1948 di Surakarta, Jawa Tengah.

IPSI didirikan dengan maksud mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan kegiatan pencak silat di dalam pelestarian, pengembangan, dan peningkatan kualitas seni dan budaya serta prestasi pencak silat secara menyeluruh dan berkesinambungan.

IPSI bertujuan mempersatukan, membina persaudaraan dan kesetiakawanan antar perguruan pencak silat dalam rangka meningkatkan peran serta pencak silat untuk membangun Indonesia seutuhnya, serta mengangkat harkat dan martabat bangsa.

IPSI bersifat kekeluargaan, persaudaraan, kebersamaan, dan kesetiakawanan, dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, nirlaba, serta tidak berafiliasi, berorientasi, dan berfungsi politik.

Upaya untuk mempersatukan pencak silat sebenarnya sudah dimulai pada masa penjajahan Belanda. Pada tahun 1922 di Sagalaherang, Subang, Jawa Barat, didirikan Perhimpoenan Pentjak Silat Indonesia untuk menggabungkan aliran pencak Jawa Barat yang tersebar di seluruh kepulauan nusantara. Pada masa pendudukan Jepang, Presiden Soekarno pernah menjadi pelindungnya.


Pengalaman Sebagai Atllit Generasi Penerus Bangsa

Dahulu awalnya saya mencoba untuk melakukan hafalan jurus seni, karena dalam pertandingan pencak silat sendiri terdapat dua kategori yaitu kategori seni dan kategori tanding. Sedangkan kategori sendi dipisah lagi menjadi tiga kategori, yaitu seni tunggal, seni ganda dan seni beregu.

Setelah saya mencoba untuk menghafalkan jurus seni tunggal itu sendiri, ternyata bagi saya pemula waktu itu sedikit sulit untuk menyesukaikan jurusnya. Akhirnya saya dialihkan menjadi petarung, ternyata keberuntungan saya menjadi seorang atlit tanding putri.

Meskipun pernah menjadi atlit tidak smpai ke tingkat PON (Tingkat Olahraga Nasional) tapi saya tetap bangga menjadi bagian dari TIM IPSI Kab Gresik menjadi atlit tingkat PORPROV (Pekan Olahraga Provinsi).

Kategori tunggal dan kategori tanding dalam Pencak Silat dan ditampilkan dalam waktu tiga menit tepat (3:00) sehingga perlu dilakukan analisis efektivitas waktu per jurus dan per bagian untuk mencapai ketepatan waktu penampilan.

Dari beberapa data analisis dan referensi yang saya temukan dari hasil penetlian yang dilakukan oleh Raka Muhammad Nurul Huda, Kurniati Rahayuni, Yulingga Nanda Hanief dari Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, Indonesia 

 
Terdapat 50 video penampilan atlet elite pada kegiatan di tingkat daerah dan nasional meliputi Porprov, Kejurda, Kejurnas Perti, Pomnas, Pra Pon, Kejurnas Prabowo Cup dan PON, ditemukan 40% atlet (24 atlet) menampilkan gerakan jurus tunggal tepat waktu tiga 3 menit tepat, 28% kurang 1 detik, 12% lebih 1 detik, 6% kurang 2 detik, 4% lebih 2 detik, dan 2% kurang 5 detik. 

Dari 50 video penampilan tidak ada yang melebihi batas toleransi dan tidak mendapat pengurangan nilai sehingga hasil persentase ketepatan waktu 50 video penampilan atlet dapat dijadikan tolok ukur efektivitas waktu penampilan per jurus dan per bagian.

Untuk durasi yang ditentukan adalah mengacu untuk seluruh atlit yang bertanding di dalam kategori IPSI, sehingga semuanya dilakukan secara menyeluruh. Namun biasanya bisa berubah sesuai dengan hasil rapat dan keputusan sewaktu-waktu.

Sebagai atlit harus rutin melakukan setiap harinya, jika ingin menjadi sang jawara. Sama halnya seperti menulis, harus dilakukan secara rutin jika ingin mendapatkan kualitas tulisa yang baik.

Jika tidak berlatih dengan sungguh-sungguh tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena adanya proses itu tidak akan menghianati hasil. Semua usaha yang dilakukan harus maksmimal. Untuk hasil akhirnya pasrahkan kepada Allah SWT,

Jadi dulu ketika menjadi atlit hampir latihan 4 kali sehari. Sudah seperti minum obat saja ya ihihihihi. Padahal minum obat hanya 3 kali heheheh. Ketika masih sekolah sampai sudah bekerja setiap ada waktu senggang harus menyempatkan untuk terus berlatih. 

Pagi fisik dengan jogging dan latihan pukulan tendangan ringan

Siangnya melakukan olahraga ditempat seperti push up, sit up, dll. N

Sore dengan jogging lagi dan latihan pukulan tendangan

Malam hari latian fisik dan full teknik bersama atlit yang lainnya

Jika ingin menjadi sang jawara perlu usaha dan tekad yang keras. Tidak mudah menjadi seorang atlit. Nah, sama halnya menjadi seorang penulis seperti sekarang ini. Butuh banyak waktu untuk dikorbankan seperti menjadi atlit dahulu,


Cara Saya Melestarikan Budaya Melalui Content dan Tulisan

Bagi saya untuk melestarikan budaya itu tidak hanya diperagakan dalam dunia nyata saja. Melainkan harus bisa dikembangkan dengan mengikuti teknologi yaitu dengan membuat content entah dalam bentuk video, tulisan ataupun dalam bentuk foto.

Membuat sebuah content bukan hanya untuk sekedar bergaya mengikuti trend. Nah, justru dari sanalah trend harus diikuti untuk bisa mengenalkan budaya secara luas agar bisa dijangkau dimanapaun dan oleh siapapun yang mellihatnya.

Mungkin langkah-langkah yang saya lakukan masih belum terbiasa oleh para penerus budaya pencak silat sendiri, tapi inilah sebagai cara efektif untuk melestarikaan budaya di zaman yang serba digital saat ini.

Jadi tidak hanya sebagai pelatih pencak silat saja, tapi saya ingin bisa menjadikan salah satu contohh untuk terus mengembangkan dan melestarikan budaya pencak silat melalui media online seperti tulisan, foto ataupun dalam bentuk video.


Mengembangkan Budaya Pencak Silat Melalui Internet dengan 3 Langkah

Ketika semua serba digital yang harus dilakukan dalam mengembangkan budaya pencak silat dengan 3 hal. Sehingga semua kebutuhan dan informasi bisa dijangkau secara luas dan menyeluruh. Berikut tiga cara yang saya lakukan, selama proses yang saya lakukan saat ini dengan mengandalkan internet, dalam menulis mengembangkan budaya pencak silat itu sendiri :

1. Membuat Content Tulisan

Untuk melestarikan budaya pencak silat dengan menulis tetap harus dilakukan. Karena dengan menulis juga bisa memberikan gambaran lebih dalam dan lebih bisa diresapi. Meskipun pencak silat ini harus menggunakan praktek secara langsung,

Tapi penerapan dalam bentuk tulisan juga bisa dilakukan, seperti bagaiamana cara agar tetap bertahan dalam menjaga ideal tubuh seorang atlit, bagaimana caranya bisa agar kuat dalam kuda-kuda dasar di pencak silat dan masih banyak hal lainnya yang bisa digali dalam bentuk tulisan,

Karena biasanya para peneliti juga membutuhkan rujukan tulisan yang kuuat di dalam artikel website, terdapat juga e-journal dan e-book. Sehingga diperlukan data-data statistik atau hasil survei yang biasanya terangkum dalam format laporan tulisan.

Membuat content tulisan dilakukan salah satunya juga sebagai media berita agar masyarat yang belum tahu bisa mengetahui informasi yang sudah disampaikan. Saat ini sudah banyak sekali media online membuat tulisannya melalui website.

Nah, inilah yang jarang dilakukan oleh setiap kontingen pencak silat dalam membuat sebuah website untuk melakukan penyebaran informasi melalui media tulisan online. Sehingga saya mencoba untuk membuat peluang tentang informasi untuk melestarikan budaya pencak silat itu sendiri.


2. Membuat Content Foto


Hobi foto memang sudah saya lakukan sebelum saya terjun ke dunia modelling, Setelah terjun ke dunia modelling. Jadi untuk bisa melestarikan budaya pencak silat sendiri bisa dilakukan dengan metode fotografi dengan gaya bervariasi dengan teknik pencak silat itu sendiri.

Pecintaanku kepada hobbi fotografi dan dunia modelling, saya alihkan ke dalam hobbi olahraga pencak silat ini. Inilah salah satu langkah dan cara saya untuk melestarikan budaya asli Indonesia dengan membuat content foto yang sesuai dengan karakteristik.

Karena terkadang masih ada yang mengambil informasi selain dari foto untuk dijadikan sebagai banner dalam suatu acara. Maka dari itu dibutuhkannya skill fotografi untuk bisa melestarikan budaya dalam bentuk karya foto.

Tapi alangkah baiknya jika mengambil karya orang lain dalam bentuk foto ataupun dalam bentuk lainnya, sebaiknya meminta izin kepada pemilik foto ataupun  bisa mencantumkan sumber asal foto yang bersangkutan. Agar tidak terkena hal yang tidak diinginkan, seperti plagiarism ataupun copyright. Sehingga untuk memiliki etika yang baik dan menjaga kredibilitas.


3. Content Video


Perkembangan teknologi melalui channel YouTube saat ini sudah sangat trend sekali.. Bahkan media lainnya juga tidak mau kalah. Kalau untuk membuat content video sudah banyak yang membuatnya. Kata anak sekarang sih buat JJ video hehehhe, 

Terkadang saya mencari video perihal jurus seni tunggal, seni ganda beregu ataupun pertandingan sekelas SEA GAMES yang terbaru. Ketika tidak bisa melihat pertandingan secara langsung saya coba mengikuti Live Streaming yang sudah dibuatkan oleh tim penyelanggara. Sehingga saya berhasil melihat secara virtual tanpa harus menuju lokasinya hehehe nontonnya juga bisa sambil rebahan,

Iya itulah 3 langkah yang bisa diperhatikan untuk mengembangkan dan melestarikan budaya pencak silat secara online.Berkat adanya online ini, saya bisa membuat content menghasilkan karya sekaligus melestarikan budaya pencak silat, Adanya teknologi tidak memang tidak membuat aku ketinggalan informasi apapun khususnya tentang pertandingan pencak silat yang terbaru.

Manfaat internet Untuk Melestarikan Budaya Internetnya Indonesia IndiHome

Masya Allah. Beruntung sekali ada IndiHome internet provider terbaik untuk mendukung dalam melestarikan budaya pencak silat melalui online. Ketika saya harus melakukan pekerjaan yang cepat dan memiliki sinyal yang stabil sehingga pekerjaan bisa selesai dengan tepat waktu.

Jika ingin mencari sesuatu yang dibutuhkan di internet, informasi bisa muncul dengan cepat. Telkom Indonesia memang terbaik dalam urusan perkembangan internet. Sehingga memudahkan saya untuk bisa bekerja darimana saja akhirnya tercapai.

Dahulu slogan yang lagi trend adalah "Buku adalah Jendela Dunia" Tapi Telkom Indonesia memiliki slogan "The Wordl In Your Hand"

Jadi tinggal sekali klik bisa mengetahui seluruh informasi di penjuru dunia. Menggunakan internet provider dari IndiHome ini sangat bermanfaat.


Internetnya Negeriku untuk Budaya Indonesia IndiHome

Di Era Digital ini memang perlu yang namanya internet.  Karena adanya internet itu untuk mencari sumber informasi, mendapatkan informasi, untuk bisa mengolah data, berkomunikasi satu sama lain, hingga bertransaksi apapun.

Sehingga untuk melestarikan budaya pencak silat juga memerlukan digitalisasi. Saat ini pertandingan pencak silat untuk data-datanya perlahan sudah brealih digital, sehingga lebih memudahkan pengolahan data. Karena banyaknya atlit yang harus dipetandingkan, adanya digitalisasi lebih mempersingkat waktu yang membuat pekerjaan selesai dengan cepat dan tepat.

Saya kagum dengan inovasi-inovasi dari IndiHome membuat kemudahan bagi para penggunanya. Seperti saya yang bisa bekerja darimana saja, salah satunya upaya melestarikan Budaya Pencak Silat melalui internet.. Karena saya masih ingin untuk menggapai impian semoga bisa tercapai bersama IndiHome Telkom Indonesia.

Apa itu IndiHome?

Layanan digital yang menyediakan internet, telepon rumah, dan TV interaktif dengan beragam pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Saat ini, jaringan IndiHome internet provider dari Telkom Indonesia ini memang sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan selalu berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Jaringan IndiHome sudah menggunakan fiber optik yang bisa menjangkau ke pelosok daerah. IndiHome di setiap waktunya selalu meningkatkan customer experience, pada aspek layanan digital connectivity dan customer loyality.

 

Menggunakan IndiHome Internetnya Indonesia

Saya memilih layanan internet dari IndiHome ini. Karena paket yang dimiliki terjangkau banget. Koneksi internetnya yang sangat stabil dengan 50 - 300 mbps yang bisa digunakan hingga kapasitas sampai belasan sekitar 13 device.

Di IndiHome sendiri memiliki fitur menarik seperti Pause & Rewind, VoD dan lain-lain. Tidak hanya layanan internet saja lho. IndiHome juga memiliki laynana bebas nelpon hingga 1000 menit sesuai pilihan paket

IndiHome bagi saya itu amazing karena sangat mendukufng hobi menulis dan bisa bekerja darimana saja untuk tetap bisa standby bersama si kecil di rumah, manfaat menggunakan IndiHome ini :


1. Kemudahan Akses internet

Ketika mencari sesuatu ataupun melaukan pekerjaan memang dibutuhkan internet yang memadai seperti layanan internet dari IndiHome ini memberikan kemudahan akses bagi para penggunanya. Jadi tidak perlu khawatir dalam menggunakan internet provider dari Telkom Indonesia.

 

2. Internet Cepat dan Stabil

Internet IndiHome ini loading nya memang cepat dan sangat stabil jika digunakan oleh para penggunanya yang sedang dikejar deadline pekerjaan, lho. Jadi sangat cocok buat saya yang memang sehari-hari harus menggunakan internet untuk menulis dan membuat kerjaan content.

3. Memiliki Kuota Unlimited

Jangan khawatir tentang kuota internet yang kehabisan, karena internet IndiHome ini memberikan kuoata unlimited, tanpa ada batasan kuota.membuat saya bebas dalam menggunakan internet tanpa memikiran kuota yang jebol alias boros hihihihi

4. Jaringan Luas Hingga Ke Pelosok

Kebutuhan internet sekarang adalah hal yang wajib bagi setiap orang. Karena memang internet ini adalah perantara alat komunikasi yang utama. Jadi akses internet ini wajib ada, maka dari itu Telkom Indonesia memberikan pelayanan terbaik untuk interner provider untuk akses internet ke pelosok daerah.

Sehingga layanan internet dari IndiHome ini bisa diakses ke seluruh Indonesia, jadi tidak perlu khawatir susah sinyal karena tidak bisa mengakses internet. Indihome pastinya memberikan kemudahan banget buat saya yang kadang traveling tanpa ada sinyal, tapi harus bisa menulis ataupun membuat kerjaan content.

5. Terdapat Pilihan Paket

IndiHome memiliki berbagai macam pilihan paket yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Ada paket Single Play, Dual Play dan Triple Play. Selain itu terdapat pilihan paket gamer, study, music, dan entertainment. 

Tidak hanya paket internet saja, internet provider IndiHome memiliki beberapa layanan Add-on sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda seperti adanya,

 

layanan add on IndiHome
Doc Pribadi : Diolah menggunakan canva


Netflix

Nonton netflix tanpa perlu pake kartu kredit, dalam satu tagihan IndiHome. Yuk, rasain serunya nonton film, drama series, TV series, hingga Netflix Original, sekarang.Info detail >


Speed on Demand

Tambah kecepatan internet secara temporer sesuai dengan keinginan Anda.Info detail >


Upgrade Speed

Upgrade Speed internet cepat Anda secara permanen sesuai dengan kebutuhan Anda.Info detail >


Minipack IndiHome TV

Tambah beragam channel-channel favorit sesuai dengan keinginan Anda.Info detail > 

IndiHome keren sekali bukan? Memiliki berbagai macam layanan yang pastinya membuat pelanggannya sangat puas menggunakan.layanan internet dari Telkom Indonesia.

Penutup

Saya mendapat informasi apapun seperti informasi menulis, mencari pekerjaan yang sesuai itu melalui online. Proses saya menulis dahulu hingga sekarang sudah mulai berubah. Seperti naskah tulisan saya yang bisa terbit di media cetak, untuk semua komunikasinya melalui virtual.

 

majalah media cetak
Doc Pribadi : Foto hasil cetak karya tulis media

Saat ini yang bisa saya lakukan untuk membantu melestarikan budaya pencak silat tidak hanya menjadi seorang pelatih dengan praktek gerak tubuh, melainkan saya berupaya untuk menggunakannya melalui media online.

 

pencak silat
Doc Pribadi : Juara 1 IPSI Gresik

Berkarya dan berprestasi tidak hanya dibidang olahraga, semua itu akan ada masanya. Masa dimana saya sudah tidak menjadi atlit lagi, sehingga ilmu yang saya miliki bisa diterapkan untuk si kecil kedepannya. Semoga saya dan suami selalu diberikan kesehatan, keberkahan usia.

Karena impian saya masih ada yang belum tercapai, salah satunya itu ingin terus berprestasi dibibidang yang saya sukai, bisa berkarya dibidang yang membuat saya selalu bahagia setiap saat. Melalui internetnya Indonesia IndiHome membantu menggapai mimpi untuk negeri. IndiHome memang memberikan layanan internet terbaik dengan aktivitas tanpa batas.

Marilah kita saling mendukung apapun kepada orang lain, seperti dalam melestarikan budaya. Setiap orang pasti memiliki perannya masing-masing. Memulai dengan hal kecil seperti ini, menikmati prosesnya akan memudahkan untuk kedepannya.

IndiHome untuk negeriku termasuk internetnya Indonesia siap mendukung setiap cara unik kita untuk memberi yang terbaik kepada negeri ini. Yuk, sama-sama menggunakan layanan Internet IndiHome agar semua orang bisa mendapatkan akses internet yang bagus.


Referensi :

telkom.co.id

indihome.co.id

https://id.wikipedia.org/wiki/Ikatan_Pencak_Silat_Indonesia

https://id.wikipedia.org/wiki/Pencak_silat

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.