Kelas Gratis BRT Network

oleh - Rabu, Desember 08, 2021

Istiqomahsweet.com -  BRT Network merupakan sebuah tempat berkumpulnya kami para blogger untuk bermain dan belajar agar bisa saling berbagi ilmu pengetahuan dalam dunia blogging sehingga bisa berkembang bersama.


Kelas Gratis BRT Network


Apa itu BRT Network ?

 

BRT Network sendiri singkatan dari Blog Ruang Tunggu. Kesempatan yang sangat luar biasa bisa bergabung bersama BRT Network, terutama saya bisa lolos kelas SEO gratis di BRT Network ini. Sebelumnya memang saya pernah gagal di seleksi kelas gratis yang sudah diadakan tahun lalu, memang belum memiliki blog berbayar TLD, karena yang saya miliki hanyalah blog gratisan jadinya tidak sesuai dengan syarat yang ditentukan.

 

Tapi jangan salah meskipun hanya kelas gratis, karena di BRT Network ini ilmunya sangat luar biasa sekali, tidak mudah bisa bergabung di Kelas gratis BRT Network. Adanya ketentuan seleksi yang ketat, kemauan yang tinggi untuk terus belajar tanpa henti.

 

Alhamdulillah sekarang waktunya untuk fokus belajar bersama di BRT Network, karena kesempatan tidak datang lagi untuk bisa mengikuti kelas blogger gratis ini. Maka dari itu saya akan berbagi pengalaman seputar materi SEO yang sama sekali belum saya ketahui secara mendalam.

 

Ternyata dunia blogger begitu luas, hanya saja saya baru terfokus di tahun ini untuk memiliki sebuah blog dengan website sesuai dengan nama yang sudah lama saya branding yaitu Istiqomah Sweet menjadi blog TLD Istiqomahsweet.com.

 

Meski saya sudah mengenal dunia blog sudah sangat lama sejak tahun 2010 dari mulai masih sekolah SMK, tapi membutuhkan waktu yang cukup lama juga bisa fokus seperti sekarang ini yang saya lakukan. Sangat membanggakan bagi saya bisa mendapatkan kelas blog gratis, karena sangat bermanfaat bagi saya untuk berproses menjadi seorang blogger yang lebih berkembang.

 

Siapa Mentor yang ada di BRT Network ?

Di kelas gratis Blog Ruang Tunggu terdapat 6 mentor, diantaranya :

  • Kak Pewe
  • Kak Monica Anggen
  • Kak Priyo
  • Kak Zen
  • Kak Marita Surya Ningtiyas 
  • Kak Gemaulani

Mereka memberikan kontribusi yang sangat maksimal buat kami para blogger yang ingin berkembang¸ mereka sangat sabar dalam menjelaskan materi yang disampaikan, sehingga materi yang diberikan sangat detail. Semua materi yang disampaikan sangat jelas dari mulai materi yang mudah hingga materi yang sulit bagi kami.


 

Apa saja Materi di Kelas Gratis BRT Network ?

Berikut penjelasan materi yang sudah diberikan oleh para mentor antara lain :

1. Merapikan Struktur META SEO

Saya belum pernah mengecek struktur blogger menggunakan add ons META SEO inspector 1 Click. Sehingga struktur blog saya sangat berantakan. Tapi di kelas ini, saya diajarkan untuk menggunakan add ons META SEO Inspector.

 

Alhamdulillah sudah mulai rapi, menggunakan kode html dan coding, seperti yang pernah di ajarkan waktu saya masih duduk dibangku SMK IT. Tapi saya tidak terlalu memikirkan dengan serius waktu itu hahahah. Ternyata saaat ini digunakan kembali dalam dunia kerja, sehingga menurut saya terbilang cukup mudah jika saya fokus dan teliti ketika belajar bersama kelas gratis BRT Network.

 

2. Cek Identitas Blog (Meta Content, Meta Deskripsi, Dll)

Meta content saya masi belum rapi, terdapat double meta deskripsi sehingga saya perlu mengoprek kode html yang ada pada blog saya. Karena meta deskripsi ini termasuk penting karena sebagai identitas blog yang sudah saya miliki.

 

Identitas blog ini salah satunya termasuk nama blog, deskripsi blog, judul blog, asal negara, dan masih terdapat lainnya. Sempat ditertawakan oleh mentor, karena template bawaan saya berantakan. Tapi dengan kesabaran dan ketelitian akhirnya saya mencoba untuk merubah beberapa kode agar terlihat rapi.


3. 18 Parameter SEO On Page

Sangat menarik ketika tiba pada materi ini, karena saya benar-benar tidak mengerti tentang 18 parameter yang di ajarkan oleh kak Pewe. Saya menulis hanya sekedar menulis, ternyata menulis juga ada teknik dan rumusnya seperti matematika hihihihi.


Apa sajakah 18 parameter SEO On Page yang harus diterapkan? Berikut penjelasannya :

1.      Parameter 1 (Ada Keyword di Judul dan panjang meta judul 55 Karakter)

2.      Paremeter 2 (Judul Sebaiknya diawal)

3.      Paramteer 3 (Ada Keyword di Permalink dan Panjang Permalink maks 75 Karakter)

4.      Parameter 4 (Ada Keyword di Meta Deskripsi dan maks 155 Karakter)

5.      Parameter 5 (Ada Keyword di 150 karakter paragraf awal)

6.      Parameter 6 (Keyword tidak perlu di Bold, Italic, Underline)

7.      Parameter 7 (Selalu ada Kesimpulan/konklusi)

8.      Parameter 8 (Jumlah Kata Pada Artikel sebaiknya lebih banyak daripada kompetitor)

9.      Parameter 9 (Paragraf tidak perlu Panjang)

10.  Parameter 10 (Ada H1, H2 dan H3 (urut))

11.  Parameter 11 (Keyword ada di H2 dan H3)

12.  Parameter 12 (Keyword di nama image pakai strip (-))

13.  Parameter 13 (Alt Image/Video)

14.  Parameter 14 (Internal Link menuju ke Artikel yang Relevan)

15.  Parameter 15 (Gunakan LSI Keyword)

16.  Parameter 16 (Share di media sosial (FB/Twitter/dll))

17.  Parameter 17 (Inspect URL di Google Search Console)

18.  Parameter 18 (Besar file image)

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai 18 parameter SEO On Page yang harus saya terapkan. Tapi yang masih banyak kesalahan masih terdapat pada tulisan gambar, dengan belajar tanpa henti untuk bisa memperbaiki blog yang saya miliki saat ini.

 

4. Google Analytics dan Google Search Console

Sebenarnya saya sudah pasang Google Search Console dan Google Analytics, tapi saya masih bingung kelanjutan pasang Google Analytics. Saya sangat bersyukur berada di kelas gratis blogger kali ini, karena di kelas gratis BRT Network ini apa yang saya butuhkan ternyata dijelaskan secara detail.

 

Saat ini blog saya sudah terpasang Google Search Console dan Google Analytics dengan baik. Akhirnya saya bisa mengetahui titik kesalahan saya sebelum pasang Google Analytics. Materi yang disampaikan sangat jelas bagi saya, asalkan saya juga teliti dalam membaca dan belajar. Sehingga saya bisa melihat perkembangan blog saya melalui Google Search Console dan Google Analytics yang sudah terpasang.

 

5. Pasang kode HTML baru di Kelas Gratis BRT Network

Saya sebenarnya bisa utak-atik html, oprek html mengcoding berbekal basic di waktu sekolah IT namun tidak serius mendalami. Karena saya takut semua blog saya jadi berantakan, akhirnya tidak memberanikan diri untuk merubah yang sekiranya tidak ada mentor yang bisa membantu saya.

 

Namun di kelas blogger gratis ini, saya berani oprek html blog saya, para mentor memberikan solusi untuk bisa membetulkan kode html yang masih berantakan. Akhirnya perlahan saya bisa memperbaiki kesalahan yang ada di blog saya dengan baik.


Apa Saja Suka dan Duka Mengikuti Kelas Gratis BRT Network ?

Pengalaman yang sangat luar biasa bagi saya, karena apa yang saya impikan terwujud dengan perlahan melalui kelas blog gratis di BRT Network ini. Tidak mudah bisa lolos tahap kelas gratis yang ilmunya benar-benar berisi seperti ini dan tidak maen-maen hasilnya jika serius belajar.

 

Tapi ternyata ada suka dan ada dukanya. Sukanya apa sih? Saya bisa mendapatkan ilmu SEO yang bisa saya terapkan secara terus-menerus. Saya juga suka ada tugas kelompok, sehingga bisa menambah relasi baru dan bisa lebih dekat berkembang bersama.

 

Untuk dukanya apa sih? Baru ini saya mengikuti ya takut kalau saya tidak berhasil menyelesaikan tugas yang dibeirkan sehingga saya dikeluarkan dari grup di kelas blogger gratis ini. Ilmu yang saya miliki masih sangat kurang dari kata bisa. Itulah suka duka di kelas gratis BRT Network. Semoga saya bisa bertahan sampai akhir.


Apa Saja Pendapat Rekan Blogger Tentang Kelas Gratis BRT Network ?

Pendapat dari kak Munasyaroh Fadhilah :

"Awalnya ngeblog buat senang senang dan untuk menyimpan karya waktu kuliah tahun 2010, lalu di tahun 2016 bikin blog TLD agar bisa menghasilkan uang. Awal masuk BRT karena lagi butuh banyak temen ataupun komunitas yang profesinya sama, waktu ada pendaftaran anggota baru saya masuk.


Masuk kelas BRT karena keinginan sendiri untuk upgrade diri. Di kelas sebelumnya tidak bisa ikut karena banyak kesibukan. Khusus di kelas ini mencoba meluangkan semua waktu pertama bingung dan deg-deg an tapi akhirnya bisa ada rasa senang yang luar biasa. Sekarang ini usaha tetep ikut kelasnya walaupun lagi di Rumah Sakit menemani adik. Semuanya berkesan karena masing-masing memberikan ilmu tanpa ada tumpang tindih antara satu dengan yang lainnya."

 

Pendapat dari kak Nova Violita :

"Awal ngeblog saya tahun 2012. Awalnya hanya iseng buat curhat nggak jelas. Makin kesini niat buat merapikan blog. Awalnya karena ikut beberapa campaign dari BRT. Akhirnya ikutan grup. Pengalaman sampai saat ini  ya positif senang lah ya, itu sukanya peforma blog jadi lebih baik.


Suka semua coach mereka menjelaskan sesuai bagian mereka jadi semuanya harus diapreaiasi. Kelas lain saat ini tidak ada. Dulu ada sih ikut kelas gratis, tapi udah lama. Alasan ikut kelas BRT, ingin membuat performa blog lebih baik dapat pengarahan atau bimbingan dari para coach yang benar-benar paham dalam dunia blogger."


Always Learning, Keep Spirit

Bagi saya menjadi seorang blogger bukanlah hal yang mudah, tapi saya menikmati proses yang sudah lama saya tekuni. Karena apa yang di impikan perlahan akan terwujud seiring berjalannya waktu.

 

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mewujudkan impiannya. Dari sini saya faham, asal ada niat dan kemauan yang tinggi akan ada jalan yang bisa ditempuh. Dahulu saya hanya sekedar mengetahui ilmu sekadarnya, tapi saat ini saya semakin semangat untuk terus mengembangkan skill yang saya miliki.

 

Adanya kelas blogger gratis di BRT Networking ini sudah salah bentuk ikhtiar yang bisa saya lakukan. Harapan saya, bisa berkembang lebih baik lagi bersama para blogger ternama yang ilmunya sudah diberikan seperti sekarang.

 

Semoga di kelas blogger ini saya bisa menyelesaikannya sampai tuntas dan bisa mendapatkan kelulusan. Tapi setelah itu saya tidak akan berhenti belajar, akan terus mengembangkan skill untuk bisa menggapai sebuah impian. Always learning and keep spirit.

Mungkin Kamu Suka

76 Komentar

  1. MasyaaAllah materinya mantap. Terimakasih atas sharingnya

    BalasHapus
  2. Wah keren. Kelasnya sepertinya menarik banget apalagi buat pemula. Tetap semangat kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat menarik dan keren banget kelasnya. Semoga bermanfaat kak.

      Hapus
  3. Semangat menjalani proses ka jangan lupa berbagi ilmu bila sukses. Selamat ya.

    BalasHapus
  4. Wah keren mbak. Smga saya juga suatu saat bisa ikutan belajar tentang nge blog ya. Semangat mbak💪

    BalasHapus
  5. Masya Allah, Mba. Keren banget ilmu yang bertaburan di kelas ini, ya. Walaupun belum berkesempatan ikut seleksi kali ini, saya merasa mendapatkan banyak alasan untuk daftar jika ada kesempatan berikutnya. Semoga Mba Isti lulus dengan hasil terbaik, ya.

    BalasHapus
  6. Masyaa Allah, kelas yang very Awesome ❤️❤️

    BalasHapus
  7. Semangat mbak
    Maju terus pantang mundur👏👏👍👍💪💪

    BalasHapus
  8. Aku juga punya blog, tetapi baru nulis ya nulis saja. Soal SEO sama coding-codingan gitu enggak ngerti. 🤭 Ajarin, ya.

    BalasHapus
  9. Informatif sekali untuk saya yang mulai berkecimpung di dunia blogger.

    BalasHapus
  10. Kelasnya keren, ilmu baru buat saya yang awam.

    BalasHapus
  11. Maasyaallah. Keren, Kak Isti. Barakallah. Sukses selalu buat Kak Isti.

    BalasHapus
  12. wah mantaffff sekali ilmunya yang sangat bermanfaat semangat kak

    BalasHapus
  13. wa mantaff kak ilmu nya sangat bermanfaat sekali, sukses dan semangat terus kak

    BalasHapus
  14. Salut melihat semangatnya.
    Sukses untuk blognya ya ....

    BalasHapus
  15. wah, keren banget. jadi pengin ikut deh. semangat terus ya, kak.

    BalasHapus
  16. Kereen.. saya baru paham SEO dan strukturnya dari sini

    BalasHapus
  17. Luar biasa. Jadi penasaran dan ingin ikut kelas ini juga. Semoga masih ada kesempatan untuk bisa menjadi bagian BRT ini. Sukses kak Isti😍👍

    BalasHapus
  18. Selamat ya , dek. Sukses dan semangat🥰

    BalasHapus
  19. Keren kelasnya, isinya mantap, gratis pula. Semangat terus ngeblognya Mbak. Semoga makin sukses

    BalasHapus
  20. Semoga berhasil lulus dari kelas ini ya. Saya ikut menyerap semua ilmunya juga
    Ditunggu reportase lainnya
    Saya gak ikut kelas ini soalnya cuma punya satu blog saja

    BalasHapus
  21. Mantap. Semangat menikmati proses, Kak.

    BalasHapus
  22. Wah bagus kak,semoga aku juga bisa seperti Kaka yak jdi blogger

    BalasHapus
  23. Wah tulisan yang menarik. Masih perlu belajar banyak di dunia literasi

    BalasHapus
  24. Belajar dan terus belajar. Keren mbak

    Ayo Gresik Bisa !

    BalasHapus
  25. Masyaallah sharingnya luar biasa sekali, Kak. Sukses selalu :)

    BalasHapus
  26. Maa syaa Allah, barakallahu fiik kakak. Mantap materinya.

    BalasHapus
  27. Sangat bermanfaat. Semoga lancar dan sukses selalu 🥰

    BalasHapus
  28. Wah, terima kasih sharingnya, Kak. Sukses ya. :)

    BalasHapus
  29. Ternyata nggak asal nulis y. Hehehe

    BalasHapus
  30. Wah keren banget 😍😍😍

    BalasHapus
  31. Keren kak 🥰 saya blogger pemula banyak belajar dari tulisan kakak 🙏😊

    BalasHapus
  32. Nice info, jadi lebih tau lagi arahnya kemana untuk dunia blog yg baru ini buat aku.

    BalasHapus
  33. Keren banget ya, sesuai dengan zamannya. Semangat dan sukses 👍💪

    BalasHapus
  34. Tabarakallah mbak, semoga ilmu dan kebaikannya mengalir terus. Tetap semangat berkarya yaaa... Caiyyooo

    BalasHapus
  35. Masya Allah, kelas yang sangat berkelas. Sukses Mbak.

    BalasHapus
  36. banyak banget ya ternyata yang harus dicek biar blog kita SEO Friendly. pastinya mereka yang ikutan kelas ini banyak banget dapat ilmu baru yang baca tulisan ini juga kecipratan ilmunya. hehe

    BalasHapus
  37. Wow seru banget ya bacanya jadi nambah ilmu biar blog nya makin memesona

    BalasHapus
  38. 18 parameter SEO on page nya mantul banget nih kak, bisa dipraktikkin nih dari sekarang setiap nulis blog

    BalasHapus
  39. 18 parameter SEO on page nya mantul banget nih kak, bisa dipraktikkin nih dari sekarang setiap nulis blog

    BalasHapus
  40. ya ampun pusing ya belajar seo, tapi ini kalo udah bisa keren banget, apalagi buat meraup adsense, wah enak bgt nih

    BalasHapus
  41. Kelas gratis, tapi materinya daging banget, ya. Pastinya kesempatan yang snagat berharga bisa belajar begini

    BalasHapus
  42. Gimana joinnya, Kak. Jadi penasaran pengen ikutan belajar di sana.

    BalasHapus
  43. Tetap semangat, berkarya. Jangan lupa terus di asah skillnya. Biar semakin baik karyanya.

    BalasHapus
  44. Kereeenn, masalahnya bs ga yaa? G ngerti sama sekaliiii tp pgn ikutaan

    BalasHapus
  45. Keren tulisannya. Semoga lebih baik lagi karyanya.

    BalasHapus
  46. Kak Lailatul Istiqomah... woooow... kereeeeeen. Semoga setelah belajar di kelas BRT, tulisan di blog semakin bagus dan rapi.
    Waaah, jadi pengen ikutan belajar nih kak. Caranya gimana?

    BalasHapus
  47. Sukses ya isti bagus banget
    Semangat terus berbagi ilmu 💪💪💪

    BalasHapus
  48. Thank you for sharing materinya kak, sepertinya kelasnya asik dan seru banget.

    BalasHapus
  49. Selamat buat mbk Isti yang terus lanjut di kelasnya, karena kurang telaten aq gak bisa ikut belajar lagi.
    Bagi bagi ilmu ya mbk

    BalasHapus
  50. Mantaaap... Kelas ini emang keren banget. Semoga bertahan hingga akhir mba..

    BalasHapus
  51. wah sangat bermanfaat sekali kak infonya, jadi tertarik nih gabung ke kelas tersebut

    BalasHapus
  52. Selalu suka kelas ini meskipun syaratnya nggak mudah untuk lolos.

    BalasHapus
  53. Wah seru banget ya bisa bergabung kedalam kelas ini, apalagi gratis lagi. Semoga saya bisa tergabung juga nanti dan ikut kelas BRT Network ini..

    BalasHapus
  54. aada banyak juga ya parameternya kak.. berarti untuk membetulkan itu semua ya harus nyediakan waktu luang banget nih, apalagi kalau ada beberapa yg belum paham heheh

    BalasHapus
  55. jadi ingat waktu awal mula Isti berdomain, saya yang komporin yaa di chat, padahal kita waktu itu baru kenal, hihih.
    akhirnya kita bisa sekelas bareng ya Isti, walau sama-sama belum berhasil lulus dapat Ijazah BRT heheheh.
    senang banget deh bisa belajar di Kelas Desember BRT ini :)

    BalasHapus
  56. MasyaAllah tulisannya komplit, nih.
    Sukses selalu ya Kak Isti....

    BalasHapus
  57. Review kelasnya lengkap mbak..
    Moga makin sukses bloggingnya ya mbak

    BalasHapus
  58. kelasnya bikin kangen ya mbak hahahah ilmunya daging banget sih ini. semoga ada kelas ini lagi deh tahun depan ya

    BalasHapus
  59. Pusing melototin html terbayarkan ketika blog menjadi lebih bagus dari segi performance dan powerful di mata google. Keren sekali kelas gratis BRT Network. Coachnya semua sangat berpengalaman di bidang SEO optimizer.

    BalasHapus
  60. Ikut kelas BRT jadi tambah ilmu tentang blogging, apalagi mentornya coach yang berpengalaman. Jadi makin tambah semangat ngeblognya.

    BalasHapus
  61. Kelas yg bikin panikan, deg²an, apalagi menjelang DL selalu ada rasa khawatirnya 🙈
    Tapii asyik sii..

    BalasHapus
  62. Semangat mba. tahun lalu saya ikut kelas BRT selama sebulan. semoga tambah banyak dapet job ya mba :)

    BalasHapus
  63. saya juga ikut kelas ini. Meski nggak sampai session bonus premium, alhamdulillah sampai session 5 off pagenya

    BalasHapus
  64. Kelas BRT memang luar biasa ya. Jadi belajar banyak tentang bagaimana blog itu dan cara memperbaikinya.

    BalasHapus
  65. wah baru tahu ada kelas kursus seo seperti ini. kayaknya ingin bergabung kalau ada kelas lagi. semoga waktunya bisa menyesuaikan. sekalian ingin nge-cek apakah blog saya sudah sedikit bisa mendekatai kriteria seo yang ada. btw, salam kenal.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.