Saling Mendukung Bersama Bergerak Berdaya Menjaga Hutan Indonesia

oleh - Kamis, Agustus 17, 2023

Hutan merupakan kunci utama dalam keseimbangan alam. Tanpa adanya hutan alam tidak akan lestari.

Karena hutan yang akan akan menghalangi adanya pencemaran udara, sehingga membuat semua makhluk yang hidup biza menghirup udara yang segar.

bersama bergerak berdaya menjaga hutan
diolah menggunakan canva

Dalam hukum Islam sendiri, yang terdapat di 

(QS Al A'raf: 56)

Allah SWT berfirman,

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya: "Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah diatur dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat dengan orang-orang yang berbuat baik." )


Surah Al Baqarah Ayat 60

۞ وَاِذِ اسْتَسْقٰى مُوْسٰى لِقَوْمِهٖ فَقُلْنَا اضْرِبْ بِّعَصَاكَ الْحَجَرَۗ فَانْفَجَرَتْ مِنْهُ اثْنَتَا عَشْرَةَ عَيْنًا ۗ قَدْ عَلِمَ كُلُّ اُنَاسٍ مَّشْرَبَهُمْ ۗ كُلُوْا وَاشْرَبُوْا مِنْ رِّزْقِ اللّٰهِ وَلَا تَعْثَوْا فِى الْاَرْضِ مُفْسِدِيْنَ

Artinya: "(Ingatlah) ketika Musa memohon (curahan) air untuk kaumnya. Lalu, Kami berfirman, "Pukullah batu itu dengan tongkatmu!" Maka, memancarlah darinya (batu itu) dua belas mata air. Setiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing). Makan dan minumlah rezeki (yang diberikan) Allah dan janganlah melakukan kejahatan di bumi dengan berbuat kerusakan." (QS Al Baqarah: 60)

Di dalam agama Islam memang sudah diberikan penjelasan bahwa manusia tidak boleh melakukan kejahatan terutama untuk merusak alam yang membuat lingkungan tidak terjaga dengan baik.

Saling Mendukung Bersama Bergerak Berdaya Menjaga Hutan Indonesia

Ketika musim kemarau sudah tiba dan hutan banyak yang ditebang maka akan membuat kerusakan akan sering terjadu bencana seperti tanah longsor, banjir kebakaran dll.

Sebelum itu terjadi yang harus kita lakukan adalah Saling Mendukung Bersama Bergerak Berdaya Menjaga Hutan Indonesia.

Hutan itu sebagai sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, dan memelihara kesuburan menurut UU Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan.

Fungsi utama hutan sangat berkaitan dengan penjagaan keseimbangan kondisi lingkungan dan ekosistem. Sudah terdapat larangan keras membuka lahan untuk ladang, menebang pohon dengan liar, membakar lahan, mendirikan bangunan, berburu dan aktivitas yang mengancam ekosistem yang ada di dalam hutan.

Manfaat Hutan Bagi Kehidupan

Hutan termasuk sebagai sumber mata air ketika sedang mengalami kekeringan. Maka dari itu kita harus bisa menjaga hutan, jika tidak bisa menjaga sebaiknya dengan tidak merusak.

Hutan juga termasuk karya seni alam yang sangat indah. Makanya jika kita bisa menjaga hutan anak cucu kita akan tetap bisa menikmati keindahan alam. Jika hutan musnah, kehidupan di bumi juga akan mengalami kepunahan.

Apa saja sih manfaat hutan untuk kehidupan? Berikut penjelasannya :

Hutan sebagai Paru-Paru Dunia

Hutan memang sangat berperan penting dam penghasil oksigen terbesar di dunia. Karena di dalam hutan memiliki banyak tumbuhan hijau yang bisa menyerap dan mengubah karbondioksida menjadi oksigen. 

Oksigen termasuk kebutuhan pokok dalam kehidupan seluruh makhluk hidup, baik itu manusia maupun hewan untuk tetap bertahan hidup. Jika oksigen yang diberikan tidak baik maka makhluk hidup tidak bisa hidup dengan tenang.

Hutan sebagai Sumber Keanekaragaman Hayati

Berbagai macam tumbuhan dan satwa liar yang ada di dalam hutan, yang membuat kebermanfaatan untuk manusia dalam menjaga keseimbangan alam.

Manfaat utama sebagai sumber makanan atau sumber obat-obatan. Karena di dalam hutan terdapat 60.000 spesies pohon yang berbeda dan hidup di dalamnya 80% dari spesies amfibi, 75% dari spesies burung, dan 68% dari spesies mamalia di bumi.

Tempat tinggal bagi Masyarakat Adat

Di dalam hutan memang masih ada masyarakat yang bergantung hidup pada keberadaan hutan.

Menurut sebagian dari mereka menjaga hutan itu termasuk sakral. Sebagai bentuk cerita dan adat istiadat yang diturunkan turun-temurun yang berguna untuk menjaga keanekaragaman hayati asli hutan.

Hutan sebagai sumber air mineral

Manfaat yang penting dari hutan termasuk sebagai pengendali daur air ketika cuaca hujan ataupun kemarau. Jadi tidak hanya sekedar menyediakan air bersih, tetapi juga berperan dalam pengendalian bencana seperti adanya erosi dan banjir.

Mulai dari akar, daun dan batangnya akan membantu dalam proses terbentuknya air dan bisa menjaga lingkungan hidup yang lainnya.

Membantu menjaga Kesuburan Tanah

Manfaat hutan bukan hanya menyuplai terbentuknya oksigen, seluruh tumbuh-tumbuhan yang ada di dalam hutan juga ikut berperan dalam menyuburkan tanah.

Melalui daun-daun yang berguguran lalu membusuk dan terurai di atas permukaan maka akan membantu menyuburkan tanah. Jika tanah subur, maka akan membuat lahan pohon tumbuh kembali.

Cara Menjaga dan Melestarikan Hutan

Bagaimana caranya untuk menjaga kelestarian hutan itu sendiri? Berikut penjelasan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan.

Tidak boleh merusak hutan

Menebang hutan sembarangan sangat membahayakan lingkungan dan sekitarnya. Jika melakukan penebangan sembarangan maka akan sering terjadi bencana.

Merusak hutan memang tidak diperbolehkan, jika hutan sudah rusak maka ekosistem dan lingkungan yang ada di dalam hutan akan terganggu.

Menanam pohon

Menanam pohon dan tumbuhan sangat penting, karena itu termasuk salah satu untuk menjaga kelestarian hutan. Menanam pohon dapat mengganti pohon yang sudah mati ataupun pohon yang sudah ditebang sebelumnya.

Menanam pohon dapat dilakukan dalam skala kecil ataupun besar. Untuk penanaman dengan jumlah besar disebut dengan reboisasi atau penghijauan kembali hutan yang telah gundul.

Merawat hutan

Merawat hutan juga salah satu sikap yang harus dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan. Merawat hutan itu cukup mudah, seperti tidak membuang sampah di hutan, tidak merusak tumbuhan dan pohon, tidak melakukan pembakaran hutan.

Ketika hutan terawat dan terjaga dengan baik, maka makhluk hidup yang tinggal di hutan akan aman dan nyaman. Karena rumah tempat tinggalnya tidak terganggu akibat hutan yang tidak dijaga dengan baik.

Melakukan tebang pilih

Kebutuhan manusia akan kayu akan selalu ada, tapi kelestarian hutan tetap harus dijaga. Dengan melakukan tebang pilih pohon termasuk solusi dari menjaga hutan. 

Dengan adanya metode tebang pilih pohon membuat hutan tetap Lestari, jadi tidak boleh asal menebang pohon yang masih muda agar tetap berkembang. Sebaiknya menebang pohon yang sudah tua dengan diameter dan tinggi yang cukup.

Mendukung konservasi sumber daya alam

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya menyebutkan konservasi sumber daya alam hayati adalah pengelolaan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediannya dengan tetao memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya.

Adanya konservasi sumber daya alam sudah termasuk salah satu cara untuk melestarikan hutan. Contoh konservasi sumber daya alam itu seperti adanya kawasan suaka alam seperti cagar alam dan suaka margasatwa, juga kawasan pelestarian alam seperti taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam yang lainnya.

Banyak sekali manfaat dari hutan bagi seluruh makhluk hidup, terutama kehidupan manusia.

Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban kita harus berpartisipasi  dalam menjaga kelestarian hutan di Indonesia, agar anak cucu kita bisa merasakan kesegaran udara dan melihat tentang keindahan alam.

Apalagi negara kita Indonesia menduduki peringkat ketiga pemilik hutan tropis terbesar di dunia. Yuk #BersamaBergerakBerdaya menjaga hutan!

#BersamaBergerakBerdaya #UntukmuBumiku

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.