Butuh Dana Tambahan? Ini Cara Optimalkan Pinjaman Modal untuk Usaha

oleh - Rabu, September 07, 2022

Istiqomahsweet.com - Ketika membicarakan masalah bisnis, sudah pasti tidak jauh-jauh dari modal. Modal menjadi hal yang penting agar dapat menjaga kelangsungan bisnis. Bila terkendala masalah modal, pinjaman modal usaha tanpa jaminan dapat dijadikan sebagai pilihan.


pinjaman modal usaha tanpa jaminan
https://www.pexels.com/id-id/foto/jaket-dan-celana-jas-hitam-pria-937481/

Sayangnya, tidak semua pengusaha bisa menggunakan modal ini secara maksimal. Bahkan, tidak sedikit pengusaha yang menggunakan modal tersebut untuk berbagai hal yang berada di luar bisnis, dan akhirnya tujuan utama peminjaman modal tidak tercapai dengan baik.
 

cari pinjaman modal usaha
https://www.pexels.com/id-id/foto/pengusaha-tanaman-memberikan-kontrak-kepada-perempuan-untuk-ditandatangani-3760067/

Tips Optimalkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Agar dapat memaksimalkan pinjaman dari bank untuk kebutuhan bisnis sehingga hasilnya menjadi maksimal, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan, seperti :

pinjaman modal usaha tanpa jaminan
https://www.pexels.com/id-id/foto/terminal-pembayaran-hitam-2988232/

Sesuaikan Modal dengan Jenis Bisnis

Besaran modal yang diperlukan tergantung dari jenis bisnis yang nantinya dijalankan. Contohnya saja untuk bisnis coffee shop serta retail, modal yang diperlukan bisa mencapai ratusan juta jumlahnya.

Dengan mengetahui apa jenis bisnis yang akan dilakukan, Anda dapat melakukan estimasi besaran pinjaman sehingga bisnis bisa beroperasi secara lancar. Selain itu Anda juga harus memahami untuk apa saja pinjaman tersebut dilakukan, sehingga terkesan tidak asal meminjam.

Jangan Gunakan Modal untuk Kebutuhan Lain

Bukan menjadi sebuah rahasia jika pebisnis menggunakan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dimilikinya. Sebenarnya, ini menjadi kesalahan yang harus dicegah, karena akan berdampak pada kelangsungan keuangan yang Anda miliki.

Pengajuan pinjaman yang sesuai serta digunakan menurut fungsinya yakni untuk bisnis, bukan digunakan untuk kebutuhan lain. Kebutuhan bisnis ini seperti mengembangkan produk, membayar iklan, hingga merekrut karyawan.

Jangan pernah ada penyelewengan dana, hal tersebut dilakukan agar Anda dapat lebih disiplin untuk menggunakan pinjaman yang diberikan bank, akhirnya Anda menjadi semakin disiplin dengan pinjaman lainnya.

Alokasikan Keuntungan untuk Ekspansi

Setiap bisnis tentu saja memiliki keuntungan. Nominal keuntungan ini bergantung dari jenis bisnis yang dilakukan. Hal yang pasti, keuntungan dapat mencapai 50% dari modal jika bisnis dilakukan dengan baik dan benar.

Berapa saja keuntungan yang diperoleh, pastikan mengusahakan untuk tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal kurang penting. Akan lebih baik jika Anda menyimpan uang tersebut sedikit demi sedikit.

Anda juga dapat menggunakannya untuk ekspansi bisnis jika jumlahnya sudah banyak. Jika sudah begini, Anda tidak harus meminjam maupun menggunakan dana pribadi untuk ekspansi bisnis di lain waktu, karena Anda sudah memiliki alokasi khusus untuk tujuan ini.

Tabung Keuntungan

Salah satu aktivitas keuangan yang tidak boleh terlewatkan adalah menabung. Terutama ketika Anda sedang menjalankan aktivitas bisnis. Keuntungan yang bisa ditabung nantinya dapat digunakan untuk hal yang berkaitan dengan bisnis.

Contohnya saja seperti melakukan ekspansi yang memerlukan modal besar. tetapi, Anda dapat menggunakan keuntungan yang telah ditabung dari awal untuk melakukan ekspansi, sehingga tidak harus kembali mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan.

Persentase keuntungan yang akan ditabung tidak perlu ditentukan persentasenya. Anda hanya perlu menyisihkannya saja. Lebih-lebih sekarang ini keuntungan dalam bisnis kurang stabil, bisa lebih kecil dan besar. keuntungan yang diperoleh bulan ini mungkin berbeda dari bulan yang sebelumnya.

Bayar Cicilan Secara Tepat Waktu

Ketika pinjaman sudah disetujui oleh bank, tentu kita akan sangat senang. Tetapi, hal yang harus diperhatikan adalah, rasa senang tersebut diimbangi dengan tanggungjawab. Apalagi jika bukan mencicil pinjaman setiap bulan.

Usahakan mencicil pinjaman sebelum masuk jatuh tempo, sehingga pinjaman bisa segera lunas seiring berjalannya waktu. Selain itu melakukan pembayaran cicilan dengan tepat waktu bisa menjauhkan Anda dari berbagai kemungkinan buruk.

Contohnya saja, Anda dapat menjauhkan diri dari menumpuknya hutang, beban bunga yang menumpuk atau riwayat kredit macet. Agar tidak lupa, Anda dapat membuat pengingat, sehingga pembayaran cicilan tidak akan lewat dari waktu yang telah ditetapkan.

Anda juga dapat menggunakan sistem autodebet, sehingga nantinya pembayaran akan langsung masuk di bank yang bersangkutan dan terhindar dari kredit macet.

Ajukan Pinjaman Ketika Dibutuhkan

Apakah Anda sebelumnya sudah pernah mengajukan pinjaman tetapi pinjaman sebelumnya masih kurang? Atau saat ini modal yang Anda miliki kurang untuk kebutuhan ekspansi bisnis?

Jika demikian, Anda dapat mengajukan pinjaman baru, asalkan pinjaman tersebut dapat mempermudah jalannya ekspansi bisnis. Karena pinjaman adalah hal yang berisiko, lebih baik hati-hati ketika menentukan nominal yang nantinya dipinjam.

Lebih-lebih jika pinjaman yang sebelumnya masih belum lunasi dibayarkan, dan potensi kredit macet bisa diminimalisir. Hal yang tidak kalah penting ialah, ajukan pinjaman pada bank yang berbeda dari bank sebelumnya.

Pengajuan pinjaman yang berbeda dari bank sebelumnya mempunyai peluang lebih besar untuk memperoleh modal tambahan untuk kebutuhan bisnis.

DBS KTA, Solusi Pinjaman untuk Kembangkan Bisnis

Cari pinjaman modal usaha tanpa jaminan memang tidak semudah seperti kelihatannya. Namun, jika Anda membutuhkan modal dalam nominal yang besar serta tidak memerlukan jaminan, DBS KTA dapat dijadikan sebagai pilihan.

Sebagai salah satu produk KTA yang banyak direkomendasikan, DBS KTA memiliki sejumlah keunggulan seperti :

Pinjaman Mencapai Rp300 Juta

Dengan jumlah pinjaman ini, Anda dapat melakukan ekspansi bisnis sesuai kebutuhan.

Bunga Flat

Anda akan memperoleh bunga flat mulai dari 0,88% per bulan.

Cicilan Mencapai 36 Bulan

Dengan tenor yang panjang, Anda bisa lebih mudah mengaturnya.

Syarat Mudah

Anda hanya harus memastikan jika berdomisili di Jabodetabek, mempunyai NPWP serta e-KTP, selain itu minimal penghasilan sebesar Rp5 juta serta memiliki kartu kredit bank lain Rp10 juta minimal.

Dengan sejumlah keunggulan tersebut, yakin tidak ingin memilih pinjaman modal usaha tanpa jaminan dari DBS KTA? Jadi, jangan ragu untuk ajukan sekarang juga demi kelancaran usaha Anda! Informasi lebih lanjut Anda bisa klik link ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page.





Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.