3 BIG WHY Menulis di Blog dan Tips Mengatur Waktunya

oleh - Rabu, Mei 25, 2022

Istiqomahsweet.com - Setiap orang pasti memiliki Big Why dalam melakukan sesuatu, seperti
Big Why saya dalam menulis di Blog. Sebagai seorang blogger pemula, saya juga memerlukan banyak belajar. Maka dari itu saya harus banyak menulis, agar Big Why bisa terwujud perlahan. Karena jika kurang pengetahuan dan pengalaman dalam dunia blog, membuat Big Why tidak akan bisa terwujud.

Mengikuti berbagai tantangan menulis blog salah satunya adalah agar saya bisa menulis dengan konsisten. Tantangan yang saya lakukan ini bersama Blogspedia, saya bisa mengikuti hingga selesai. Pada akhirnya saya bisa lolos ke dalam kelas yang di mentori oleh kak Marita. Kali ini saya akan berbagi 3 BIG WHY Menulis di Blog.

Adanya kelas Blogspedia yang dibuat oleh kak Marita, benar-benar membantu saya mewujudkan Big Why yang saya miliki. Kelas ini memang gratis, tapi tidak semua blogger pemula seperti saya bisa mendapatkan kesempatan emas ini. Sebenarnya sebelumnya sudah pernah saya tulis 5 Alasan Belajar Blog. Tapi kali ini saya akan menulis lagi 3 BIG WHY Menulis di Blog, yaitu :


Personal Branding

Menulis memang sudah menjadi hobby saya, tapi saya masih belum mengetahui kemana tulisan ini saya bawa. Lalu saya mengenal dunia blog, meski saya sudah mengenal sejak dibangku sekolah saya belum mengetahui fungsi yang tepat seperti sekarang ini.

Dahulu ada beberepa teman penulis yang mengatakan bahwa menulis blog itu untuk personal branding jika ingin dikenal sebagai seorang penulis. Baru saya mencoba untuk mendalami blog dengan kemampuan saya yang jauh dari para bloggger yang sudah berpengalaman.

Personal Branding ini penting, pastinya untuk menambah personality atau fortofolio tulisan yang sudah dibuat. Apalagi saya ingin dikenal sebagai seorang traveller, karena saya sendiri menyukai traveling. Maka dari itu dengan menulis blog salah satunya untuk bisa menulis tentang semua perjalanan.

Karena di awal branding saya sudah membuat nama pena yaitu istiqomahsweet akhirnya saya membuat blog saya dengan nama itu. Jadi perlahan beberapa orang sudah kenal dengan nama pena ini. Meski saya tidak tahu seluk beluk blog dan berapa pengeluaran selanjutnya untuk membayar domain selanjutnya, saya harus memberanikan diri untuk bisa meraih apa yang saya impikan di masa depan.

Berbagi Informasi

Tulisan yang pertama saya buat memang 5 Alasan Belajar Blog. Dari saya saya lebih semangat dalam mendalami blog, agar saya bisa seperti para blogger lainnya. Nama blog saya buat dengan Istiqomahsweet - Travel Blogger, karena saya ingin berbagi pengalaman tentang dunia traveling.

Saya tidak berpikir ini akan sesuai untuk suatu tema, tapi menjadi seorang travel blogger sudah menjadi impian saya. Meskipun saat ini tulisan saya tidak semuanya tentang traveling, paling tidak saya bisa memberikan informasi tentang berbagai hal yang saya ketahui.

Salah satu Big Why menulis blog, agar tulisan yang saya buat bisa bermanfaat bagi orang lain. Saya telah mengubah nama situs web. Saya memberikan informasi dari pengalaman dan artikel yang telah saya baca agar bisa mendapatkan lebih banyak referensi.

Mendapatkan Penghasilan

Tujuan yang terakhir ini memang saya ingin mendapatkan uang dalam hobby saya menulis, agar bisa mendapatkan penghasilan dari mana saja. Ketika saya sudah terjun kemudian saya bertekad membuat situs web.

Tampaknya ada banyak blogger senior yang ingin menghasilkan uang. Sehingga Big Why sendiri membuat saya tertarik untuk membuat blog, karena banyak penulis dapat mencari nafkah dari pekerjaan mereka sebagai seorang blogger.


Tips Manajemen Waktu Blogger

Saat ini saya sudah menjadi ibu rumah tangga tanpa asisten, sehingga harus bisa mengatur waktu dengan baik. Apalagi saya baru memiliki anak baru satu bulan, meski saya masih newmom jadi waktunya ini terbilang masih berantakan. Dimana saya harus terbangun sepanjang malam untuk menyusui si debay, belum lagi bsonya pekerjaan seperti guncangan gunung, memasak sekaligus mencuci piring, dan serangkaian pekerjaan lain yang terasa seperti 24 jam masih kurang.

Pekerjaan itu terasa tidak terbatas untuk masalah rumah tangga dan keluarga. Pada saat yang sama, bekerja dari rumah, sebagai seorang istri dan sebagai soerang ibu. Jadi pekerjaan akan terus meningkat karena tenggat waktu yang harus diselesaikan. Tidak ada pengecualian untuk Momblogger. Ketika Anda ingin menjadi seorang profesional atau minimalblogger yang dapat menghasilkan uang dari blog, menulis dan berbagi melalui blog hanyalah cara berbagi tanpa target.

Untuk menjadi seorang blogger, harus bisa meluangkan waktunya agar tetap konsisten menulis di blognya. Apalagi blog yang dimiliki sudah TLD (Top Level Domain) alias sudah berbayar dalam setiap tahunnya. Apa tidak sayang,jika terbuang sia-sia. Lalu bagaimana tips mengelola waktu? Beberapa cara saya mengatur waktu dapat membantu saya menyelesaikan pekerjaan saya.

1. Membuat daftar pekerjaan harian

Untuk membuat daftar pekerjaan sehari -hari adalah cara termudah untuk tidak bingung tentang pekerjaan apa yang akan dilakukan. Daftar pekerjaan ini akan memberi tahu Anda jika pekerjaan utama adalah pekerjaan sekunder atau jika itu akan menyebabkan efek yang buruk.

2. Ada daftar prioritas harian

Biasanya saya bangun. Saya akan membuat jadwal untuk hari ini. Saya harus menyelesaikannya sebelum saya pindah ke pekerjaan lain karena saya dikejar oleh tenggat waktu. Melakukan pekerjaan lain menjadi tenang jika tenggat waktu telah dipenuhi.

3. Mengurangi waktu penundaan pekerjaan

Saya biasanya menunda untuk melakukannya lain kali karena ada pekerjaan yang tidak perlu dilakukan hari ini. Jika hari ini tidak terlalu lelah atau lelah, Anda bisa mencuci pakaian. Saya akan membayarnya keesokan harinya.

Mengatur waktu seperti di atas bisa dilakukan oleh semua orang., jadi tidak hanya dilakukan oleh ibu rumah tangga saja. Apa yang dilakukan bisa lebih berguna dengan waktu yang berkualitas. Iya itulah penjelasan 3 BIG WHY Menulis di Blog dan Tips Mengatur Waktunya. Semoga bermanfaat.

Mungkin Kamu Suka

11 Komentar

  1. Wah bener banget, Mbak. Sayang kalau bayar TLD eh disia-siakan (didiemin blognya).

    Btw, untuk tips pengaturan waktunya okay buat dipraktikkan baik sebelumnya ditulis di selembar kertas, dalam catatan digital, maupun hanya diingat saja dalam benak.

    Maklum, tiap orang punya gayanya sendiri dalam memanajemen hidupnya, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih kak, jadi harus produktif kalau blognya sudah TLD biar gk rugi di waktu dan uang. Jadi dimanfaatkan dengan baik hehhehe

      Hapus
  2. Mari tetap bersemangat mom sebagai momblogger yg ingin mendapat penghasilan dr blog. Saya juga tau betul rasanya harus membagi2 waktu antara keinginan menulis dengan pekerjaan nyata sehari2 sebagai ibu dan istri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya kak, saya baru merasakan nih hehhee. Apalagi sebagai newmom kayak saya. Masih serba bingung dan harus bisa menyesuaikan. Semangat buat kita para mak mak ya mom.

      Hapus
  3. wah mba, saya salah fokus, template blognya bagus dan simpel :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah. Terima kasih kak. hehehe masih perlu banyak perbaikan lagi kok ini.

      Hapus
  4. Kalau udah bisa berpenghasilan enak ya mbak, blogger bisa kerja dimana aja 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih kak, enak banget kalau uda ada cuannya. Apalagi kalau uda setiap saat berpenghasilan. Masya Allah beruntung sekali. Itu yg saya harapkan kak hihihih

      Hapus
  5. Bener banget mbak, masih peer banget buat manajemen waktu, kayak kalo capek ntaran aja deh belum jadi prioritas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, kadang jadi moms memang susah susah gampang kalau tidak membuat scedule mana prioritas yang harus didahulukan hehhe

      Hapus
  6. Iya mbak, setuju banget. Kalau udah TLD eman2 nggak dimanfaatkan bloganya, sayang fulusnya yak? Wkwk.

    Semangat yuk ngeblognya. Semoga kita semua lulus coachingnyaa

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.