5 Alasan Belajar Blog yang Wajib Diterapkan

oleh - Kamis, Juni 10, 2021

Istiqomahsweet.com - Sebenarnya saya mengenal dunia blog dari tahun 2011-2012, dimana saya masih sekolah SMK, namun ternyata waktu itu saya belajar blog tidak terlalu mendalam.




5 Alasan Belajar Blog yang Wajib Diterapkan



Sehingga belum mengetahui alasan saya yang sesungguhnya untuk membuat blog, hanya sekadar iseng untuk memiliki blog dan juga karena mengikuti lomba yang di perintahkan oleh salah satu guru saya waktu itu, bersama salah seorang teman sekolah untuk mewakili sekolah di kelas saya.

Tapi biasanya, setiap orang memiliki alasan tersendiri untuk membuat blog, terutama saya sendiri ingin menjadi seorang blogger untuk kedepannya, karena didalamnya memiliki potensi lain yang jauh lebih dahsyat, bukan hanya bagi saya sebagai penulis, namun juga bagi pembaca.

Dalam artikel saya akan mengulas alasan saya membuat blog yang tidak diketahui oleh banyak orang. Saya jelaskan sedikit, selain bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan, membuat blog juga bisa digunakan untuk membangun jaringan dan menghasilkan , berikut penjelasannya 5 Alasan Belajar Blog yang Wajib Diterapkan :
 
1. Berbagi Pengetahuan

Karena saya sangat suka sekali bercerita, jadi apa yang saya ketahui dan pengalaman yang saya miliki dapat dibagikan melalui blog yang sudag dibuat ini. Memang tidak mudah membagikan sebuah pengalaman dan pengetahuan kepada sebagian orang.

Karena belum tentu orang-orang sekitar saya juga tertarik dengan apa yang saya katakan. Maka dari itu alasan saya membuat blog agar saya bisa tepat sasaran menuju pembaca yang tertarik dengan apa yang saya ceritakan.
 
2. Mengasah Kemampuan Menulis

Jika ingin menjadi seorang blogger, cara yang utama yaitu dengan menulis artikel dalam topik tertentu secara rutin pada blog yang sudah dibuat. Karena hanya cara ini yang dilakukan oleh para blogger, untuk menghabiskan waktunya dengan menulis.

Maka dari itu semakin saya sering menulis, semakin baik tulisan yang saya hasilkan. Jika tidak menulis lantas apa yang hasil apa yang akan diberikan untuk para pembaca.
 
3. Belajar Menghasilkan Uang Secara Online

Selain berbagi pengetahuan dan pengalaman, alasan yang saya inginkan dimana saya bisa mencari tambahan pemasukan, dengan cara membuat blog ini. Karena sudah saya ketahui, jika ingin menghasilkan uang melalui sebuah blog seringkali tidak langsung terlihat hasilnya.

Jadi saya harus bisa mengasuh blog dengan sebuah ketekunan dalam menulis serta menerbitkan artikel secara rutin. Setelah pengunjung saya bertambah banyak, untuk mendapatkan pemasukan saya dapat memasang layanan iklan seperti Google AdSense maupun Audience Network.
 
4. Membangun Jaringan

Membangun jaringan secara offline, ketika ingin membuat sebuah blog tentu tidak mudah. Maka dari itu ketika saya berkeinginan untuk memperdalam dunia blog. Ternyata saya dipertemukan dengan grup BNB (Beranda Nulis dan Bisnis), sehingga saya mengikuti kelas membuat blog.

Salah satu mentor yang bisa memberikan sebuah ilmu lebih dalam mengenai dunia blogger yaitu Kak Reffi Dhinnar dimana beliau juga seorang blogger yang sudah sangat Hitz. Itulah alasan saya membuat blog saya bisa menemukan relasi yang sesuai dengan passion saya.
 
5. Menjual Produk

Alasan saya yang terakhir adalah, saya ingin memiliki sebuah bisnis/usaha yang dapat dipasang pada blog sehingga memperoleh lebih banyak pelanggan setiap harinya.

Cara ini dapat menyiasati lokasi tempat usaha yang kurang strategis di lingkungan saya maka dari itu alasan saya agar bisa menjangkau pasar lebih luas.

Iya itulah 5 alasan belajar blog bagi pemula yang wajib diterapkan saya untuk menjadi seorang blogger, jika ingin berbagi mengenai alasan blog yang lain. Jangan ragu untuk menambahkannya pada kolom komentar yang sudah disediakan. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Mungkin Kamu Suka

41 Komentar

  1. Semangat mba..
    Aku senang sekali membacanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tabarakallah. Terima kasih atas apresiasinya kak. Semoga sama-sama bisa berkarya ya.

      Hapus
  2. Selalu semangat 😁.. Moga bisnisnya lekas terealisasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin Allahuma Aamiin. Semoga suatu saaat, bisnisnya bisa terealisasi kak. Semangat juga buat kakak.

      Hapus
  3. Semangat terus mbk, semoga mengalir terus ide menulisnya 😁

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Kakak juga kereen. Terima kasih kak. Semangat juga.

      Hapus
  5. Nomor 5 nih saya yang belum, ingin juga suatu saat bisa dagang permanen lewat blog, semangat terus menulis ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti bisa kak berbisnis melalui blog. Semangat juga kak, sukses bisnisnya.

      Hapus
  6. Keren nih. Apalah aku yg awalnya niat ngeblog cuma jadi tempat curhat aja. Wkwkwk
    Tp ternyata dr ngeblog terbuka pintu rezeki satu2. Alhmdulillah. Semangat yuk kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tabarakallah kak. Semoga nanti saya bisa juga seperti itu kak.

      Hapus
  7. Wah, terima kasih Mbak. Belum kefikiran berbisnis lewat blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh. Apapun itu semoga dimudahkan ya kak. Semangat

      Hapus
  8. Kalau saya menyimpan semua yang tak tersimpan di kepala, sebagai memory external ingatan. Jadi ketika nanti saya sudah mati, setidaknya ada peninggalan² saya di blog, syukur² bisa dilanjutkan terus dan diwariskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masha Allah. Jadi memberikan manfaat ya kak. Semoga terus mengalir ilmunya kak.

      Hapus
  9. Duuuhh... aku dulu bikin blog karena disuruh teman, kwkwkwk *parahhhh.
    Lucunya, sekarang saat aku jadi bloger, malah temanku pindah ke kanal YouTube dan TikTok. :D Yah, rezeki dan jalan setiap orang memang berbeda, ya. Mana kusangka bisa punya blog benaran seperti saat ini.
    Semangattt terus, Kak Istiqomah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih cepat youtube mungkin ya kak. Teman saya juga banyak yang youtuber tapi saya menulis saja hehhe. Biar skill menulisnya tidak hilang. Terima kasih kak. Semangat juga kak, terus berkarya heheh.

      Hapus
  10. Ketemu teman baru, nambah ilmu dan uang memang menyenangkan ya kak, semangat terus ngeblog ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat juga buat Kakak. Semoga dilancarkan juga kak.

      Hapus
  11. Saya juga, Mbak. Bikin blog untuk meningkatkan kemampuan menulis karena dulu suka nulis, tapi nggak punya wadah. Blog kayaknya tepat banget. Sekarang, ternyata bisa menghasilkan juga dan sebagai branding dan portfolio.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saya juga tetap bisa berkarya seperti kak Muyas. Bisa memberikan manfaat.

      Hapus
  12. Awal menulis hanya ingin berbagi, terus alhamdulillah sedikit demi sedikit bisa menambah pundi-pundi. Insyaallah kalau konsisten bisa. Kembali lagi ke niatnya biar dilurusin dulu. Ngeblog pun jadi berkah buat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah benar sekali kak, memang harus konsisten juga nih.

      Hapus
  13. Dulu awal netas-nya blog saya karena putus cinta, setiap hari galau nggak jelas, na untuk penghibur dan melupakan si dia saya nulis di blog.

    Memang sih sebelumnya saya hobi nulis, saya sangat bersukur dg si mantan berkat si dia saya punya blog, dan sekarang mulai menghasilkan walau masih receh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. widih hehehee jadi blog termasuk self healing ya kak. bisa berbagi pengalaman jadinya

      Hapus
  14. Wah mantap Mbak sharingnya.
    Saya dulu awal punya blog juga karena iseng untuk curhat aja, hehe.
    Alhamdulillah sekarang blog-nya bisa bermanfaat.
    Saya pun suka ikut kelasnya Mbak Reffi Dhinar. Setelah ikut beberapa kelas tentang blog, memang jadi makin bersemangat untuk mengisi blog.
    Yuk, semangat merawat dan mengisi blog ya, Mbak.

    BalasHapus
  15. Setuju dengan lima poin di atas. Walau online memiliki jaringan itu penting apalagi yang satu circle jadi kalau ada apa-apa bisa tanya. Sebagai blogger banyak banget manfaatnya dengan membangun jaringan seperti buat branding, bisa dapat teman baru dan bisa dapat info job juga. Hehe

    BalasHapus
  16. wah betul banget itu, kalau saya lebih menyalurkan ke hobby menulis dan alhamdulillah bisa mendatangkan cuan kak hehehe

    BalasHapus
  17. Zaman pandemi gini apalai sedang PPKM ya di Jawa Bali, yang namanya menghasilkan uang dari dunia digital ngehits lg deh, termasuk dari ngeblog. Cuma di rumah aja kita bs terima transferan

    BalasHapus
  18. Ngeblog awalnya untuk melatih kemampuan menulis dan akhirnya menikmati. Semoga bisa terus semangat nulis jadi bisa dapat manfaat lainnya juga, deh.

    BalasHapus
  19. Point ke tiga aku suka ni, hihihi menambah penghasilan dari ngeblog ya kak, sukses selalu ngeblognya kak, semoga cuannya juga banyak dari ngeblog

    BalasHapus
  20. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari ngeblog ya. Apalagi di zaman serba digital ini. Jadi nggak ada ruginya sama sekali belajar blog yang ada malah untung karena bisa menghasilkan cuan kalau diseriusi dengan benar. Yuk semangat ngeblog, hehe.

    BalasHapus
  21. Sekarang ada juga bikin blog karena tugas sekolah atau tugas kuliah. Hehehe... Bahkan ada teman saya yg mau melamar kerja dan sebagai salah satu syarat harus punya blog, maka buatlah blog dadakan dulu. Hehehe

    BalasHapus
  22. Semangat selalu ya kak semoga harapannya bisa terealisasikan, dilancarkan terus ide menulisnya..

    BalasHapus
  23. Saya membuat blog karena keharusan juga dulunya. Ternyata blog jauh lebih menarik ketimbang yg menjadi alasannya dulu, walau sering hiatus, blog selalu memanggil lagi.

    Keren alasan belajar ngeblognya, semoga yg nomor 5 kesampaian. Berbisnis dengan hobi menulis, luar biasa.

    BalasHapus
  24. Dulunya aku nulis di blog karena pengen nulis tentang review² buku aja. Tapi Alhamdulillah sekarang uda mulai paham bbrp manfaat yg di dpt dr blog.
    Dan ternyata seseruuu ituuu heheh

    BalasHapus
  25. Inget banget awal-awal nge-blog...
    Asli hanya menuliskan apa yang ingin dituliskan tanpa kerangka.
    Jadilah kalau dibaca-baca lagi sekarang, berasa cupu.
    Hehhee...

    Semoga dengan nge-blog, kita bisa berbagi banyak hal kepada dunia luar yang bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, eheheh saya juga demikian. memang harus terus update skill menulis ya kak

      Hapus
  26. saya sudah tahu lama dunia bloging mbak, cuma baru-baru ini mulai mau terjun di dunia bloging. dan saya merasa banyak waktu yang terlewatkn gara2 terlambat terjun di dunia bloging

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama nih kak, saya juga terlambat untuk belajar ngeblognya. tapi bukan berarti harus berhenti belajar juga ya.

      Hapus

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.