5 Manfaat dan Peluang Side Hustle yang Produktif untuk Berkarir

oleh - Kamis, Januari 20, 2022

Istiqomahsweet.com -  Semua orang pastinya membutuhkan pekerjaan, untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi di era milienal ini, membuat stigma di masyarakat untuk meningkatkan financial dibatasan usia 25 harus matang dalam berkarir.

Maka dari itu banyak orang untuk memillih berkarir baik laki-laki ataupun perempuan, pastinya agar perekonomian bisa stabil, bisa memiliki rumah, bisa membeli ini dan itu sehingga bisa mempermudah financial goals.

Maka dari itu untuk bisa meningkatkan financial tambahan dengan side hustle Jadi di sini saya menjelaskan tentang penegertian Side Hustle dan 5 manfaat side hustle yang produktif untuk berkarir. Agar bisa memiliki karir untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang lain.

5 Manfaat dan Peluang Side Hustle


Apa itu Site Hustle?

Bagi orang yang tidak mengetahui apa sih site hustle itu? Pastinya bingung dan bertanya-tanya, jadi Site hustle merupakan sebuah aktivitas/kesibukan yang bisa dilakukan disela-sela pekerjaan yang lain untuk meningkatkkan produktivitas dan kreativitas seseorang.

Tapi tidak semua orang bisa menyibukan diri untuk melakukan aktivitas yang lain dalam pekerjaannya, karena site hustle sendiri dilakukan untuk mengembangkan passion yang dimiliki.

Bagi saya site hustle ini membuat kepuasan tersendiri, karena bisa melakukan kesibukan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Apalagi site hustle bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Tapi untuk saat jika ingin mengembangkan passion memang harus memiliki skill yang diminati. Seperti saya sendiri sangat menyukai dunia literasi, dengan menulis saya sudah melakukan site hustle.

Produktivitas yang Sudah Dilakukan

Berawal dari hobby membaca kemudian mengikuti challenge menulis sampai saya bisa memiliki beberapa karya antologi, membuat saya tidak berhenti melakukan site hustle dengan menulis.

Saya sebagai seorang wanita yang baru saja menikah, bukan berarti pekerjaan saya hanya sebagai seorang Ibu Rumah Tangga yang dilakukan oleh wanita pada umumnya. Tapi saya juga bekerja secara offline di luaran, mengajar dan juga bekerja secara online dari mana saja.

Semua aktivitas itu sudah membuat saya aktif, namun saya juga masih melakukan site hustle seperti kesibukan saya di dalam dunia literasi. Karena hobby ini juga sudah lama saya tekuni sampai saat ini, sehingga saya tetap aktif dan bisa fokus dengan passion saya.

Melakukan site hustle memang akan membiasakan seseorang untuk bisa tetap produktif dan bisa meraih kesuksesannya dibidang yang disukai. Tapi tetap harus melakukan pekerjaan yang utama dan membagi waktu untuk melakukan site hustle itu sendiri.

Salah satu rahasia sukses dan produktif seseorang adalah dengan membiasakan diri kamu untuk melakukan side hustle. Karena saya sendiri juga sudah merasakan site hustle membuat produktivitas, kreativitas dan skill saya jadi bertambah.

Jadi saat ini saya juga sedang mendalami dunia blogger, ternyata begitu luas jika ditelusuri secara perlahan. Membuat saya tidak berhenti untuk meningkatkan passion saya di dalam dunia literasi ini, agar tetap mendapatkan penghasilan dari site hustle.

Macam-macam site hustle 

Memulai usaha meski kecil di sela-sela kesibukan akan membantu seseorang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi di serba digital seperti saat ini, sangat memudahkan dalam melakukan site hustle.

Hanya bermodal smartphone dan jaringan internet, seseorang sudah mendapatkan penghasilan sesuai yang diminati. Buat yang ingin meningkatkan skill dan mendapatkan passion melalui site hustle, berikut akan saya jelaskan macam-macam site hustle :

1. Penulis Freelance

Menjadi penulis freelance juga sudah ditekuni oleh banyak orang, jadi penulis freelance ini termasuk salah satu site hustle yang sudah saya lakukan. Teknologi semakin meningkat, membuat kebutuhan menulis melalui internet semakin dibutuhkan.

Penulis freelance sendiri seperti ghostwriter, blogger, creative writing, reviewer, penerjemah bahasa asing dan masih banyak penulis yang sesuai dengan yang diminati. 

Menulis konten seperti membuat artikel untuk media online, untuk website bisnis, untuk blog, untuk social media dan masih banyak kebutuhan konten menulis lainnya. Jadi yang bisa dilakukan menulis melalui beberapa platform online yang sudah tersedia dalam sebuah proyek ataupun lowongan penulis.

Side hustle ini sangat cocok yang suka menulis dan fleksibilitas dalam bekerja. Jadi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, disela-sela kesibukan yang lainnya. Untuk pembayaran biasanya dilakukan ketika beberapa project bisa terselesaikan dengan deadline yang sudah ditentukan.

2. Influencer

Profesi influencer ini salah satu site hustle yang menjanjikan, jika bisa melakukannya secara konsisten membuat review suatu produk. Hanya bermodal membuat konten dan memiliki banyak followers, seorang influencer mempromosikan suatu produk sehingga bisa menarik banyak orang untuk ikut menikmati dan membeli produk yang ditawarkan.

Tidak ada kalangan artis saja yang bisa menjadi influencer, tapi dari orang biasa ataupun Ibu rumah tangga juga mendapatkan kesempatan yang sama. Tidak hanya mendapatkan berupa produk, para influencer juga mendapat bayaran sesuai dengan ketenaran yang dia miliki.

Kalau bahasa kekiniannya itu para influencer mendapatkan endors, produknya bisa berupa makanan, barang ataupun lainnya. Ada yang berupa foto dan caption, seperti yang sudah pernah saya lakukan di postingan blog saya, ada juga yang berupa video.

Jika konsisten membesarkan akun media sosial dengan personal branding yang berisi konten produk, review makanan dan lain sebagainya. Akan menarik banyak follower dan tawaran kerja sama endorsment semakin besar, sehingga peluang mendapatkan penghasilan terbuka lebar. 

3. Vlogger

Melakukan sebuah passion, kalau bisa jangan sampai sebatas hoby tapi tetap lakukan dengan site hustle. Seperti suka berpetualang, suka kulineran atau memasak, suka  merias diri atau merias orang lain dengan make up, atau suka dengan hal lainnya dengan membuat konten berupa video.

Site hustle apapun yang disukai bisa berpeluang menjadi ladang penghasilan yang lumayan. Pastinya untuk ke sana, perlu waktu dan melakukan banyak usaha. Misalnya, secara konsisten membuat konten video tutorial memasak, tutorial menggunakan make up atau skincare, melalui Youtube dan Instagram.

4. Bisnis JasTip (Personal Shopper)

Jika suka dengan travelling, maka melakukan bisnis Jastip bisa banget. Hanya bermodal share dan membuat informasi apa saja yang bisa dilakukan dijual dan masih bisa bertahan dengan waktu lama. Seperti makanan daerah setempat, barang-barang khas daerah setempat.

Dari hobby jalan-jalan bisa berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan melalui jasa titip ini, dengan mematok harga sesuai yang diinginkan. Jadi sangat mudah bukan? Melakukan site hustle yang satu ini.

5. Home Decor

Sudah banyak orang mencari inspirasi dalam acara tunangan, pernikahan, penataan rumah idaman, dan acara lainnya melalui media sosial, seperti Instagram atau Facebook. Nah, jadi melakukan home decor yang bisa menginspirasi orang lain dan menarik menggunakan jasa yang dimiliki.

Meskipun tidak setiap hari akan selalu ada, namun sangat cocok sekali jika dilakukan di sela-sela kesibukan. Karena acara memang musiman dan bisa di atur sendiri waktunya sesuai kerja sama antar kedua belah pihak.


Iya itulah peluang macam-macam site hustle yang bisa dijadikan sebagai peluang penghasilan tambahan. Sangat menarik bukan? Apa yang disukai dilakukan secara konsisten memang akan membuat peluang mendapatkan kesempatan yang sama.
 

Manfaat Site Hustle yang Produktif untuk Berkarir

Menjadi Ibu Rumah Tangga bukan berarti tidak bisa berkarir, saya sendiri melakukan site hustle dari duduk dibangku sekolah, akhirnya sampai saat ini saya bisa konsisten hingga berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan.

Melakukan site hustle bisa dijalankan oleh siapa saja  sesuai dengan passion. Lalu apa manfaat dari side hustle sendiri? Berikut akan saya jelaskan :

1. Mendapatkan Penghasilan Tambahan


2. Mengasah Potensi dan Menambah Skill


3. Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas


4. Menjadi Partner Suami dalam Segala Hal


5. Meningkatkan Percaya Diri menjadi Lebih Peka


Kesimpulan

Side hustle merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan utama. Dengan cara ini, saya juga dapat menghasilkan uang tambahan di luar gaji pokok yang saya terima di tempat kerja. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, memiliki side hustle juga nyatanya memberikan manfaat lebih untuk skill yang dimiliki.

Adanya pekerjaan sampingan memang akan mengembangkan keterampilan baru, personal brand dan portofolio. Sehingga, bisa lebih bebas dalam berekspresi. Jadikan pekerjaan sampingan ini sebagai wadah untuk menyalurkan hobi. Terutama di bidang online dengan memiliki sebuah website bisa membeli hosting murah di Sahabat Hosting

Mungkin Kamu Suka

36 Komentar

  1. Aktifitas yang kreatif dan perlu ditingkatkan agar meraih produktifitas karya

    BalasHapus
  2. Awalnya aq mikir apa sih side hustle ini tapi setelah baca panjang lebar jadi tercerahkan, emang iya sih mbak, melakukan pekerjaan disela2 pekerjaan lainnya itu menyenangkan asal bisa mengatur waktu, selain itu kita juga bisa dapat tambahan cuan ya

    BalasHapus
  3. Mbak istiqomah keren euy. Sudah banyak ditemui hustle kayaknya. Saya merasa masih belum cerdas membagi waktunya ini untuk site hustle, setelah membaca bisa memilih dari yang paling mudah untuk dicoba, nih. Sukses terus, mbak.

    BalasHapus
  4. Jadi IRT bener" sibuk, tapi site hustle itu bisa bikin IRT lebih berdaya. Lagi mencoba buat mendalami dunia kepenulisan

    BalasHapus
  5. Sama nih, aku juga side hustle-nya tulis-menulis deh. Bisa ngeblog atau nulis buku. Asyik aja, waktunya bisa diatur dan bisa dilakukan dari rumah...
    Toss kita...

    BalasHapus
  6. Wah, aku baru tahu nih istilahnya side hustle. Masalahnya penulis freelance itu juga jadi kerjaan utama hahahaha. Mungkin bisa coba cari side hustle lainnya biar work life balance ya kak

    BalasHapus
  7. Jadi freelancer kayaknya paling mungkin dilakukan untuk aku yang karyawan ini. Benar-benar side hustle yang nyaman. Nggak ganggu kerjaan pula..Aku juga langganan Sahabat Hosting nih...

    BalasHapus
  8. Yah aku juga beberapa tahun belakangan sedang menikmati menjadi freelancer, part time blogger yang hasilnya pun sebenarnya menjanjikan bila ditekuni.

    BalasHapus
  9. Saya baru tahu istilah side hustle ini. Jadi bisa dibilang side hustle itu sama dengan pekerjaan sampingan ya mbak? Memungkinkan bisa dapat penghasilan juga. Jadi ada penghasilan dari pekerjaan utama dan juga penghasilan dari kerjaan sampingan

    BalasHapus
  10. Menarik, ya, Mbak. Baru kenal istilah side hustle. Bersyukur bisa bekerja dan menghasilkan dari hobi tanpa perlu keluar rumah. Ternyata, bagi IRT seperti saya, ada banyak peluang yang bahkan sampai sekarang kadang masih merasa takjub aja bisa ngejalaninnya. Ternyata begini dan begitu bisa menghasilkan.

    BalasHapus
  11. Termasuk aku nih sering mikirin kerjaan lain selain kerjaan utama, klo g gitu g dapet cuan e mbak hihi

    BalasHapus
  12. Zaman now memang sangat memudahkan semua orang berkarya dari mana aja ya, tanpa terkendala jarak dan waktu. Mau dijadikan sebagai kerja sampingan atau full time tidak masalah karena penghasilannya pun gak main-main. Contohnya, jadi YouTuber dengan monetisasi jutaan rupiah.

    BalasHapus
  13. Side hustle emang paling cocok buat emak/bapak yang masih harus berjibaku dengan urusan rumah tangga. Selain menghasilkan, side hustle juga bisa jadi pelepas penat, semacam me time gitu..
    Tapi nggak menutup kemungkinan buat pekerja kantoran atau full time job lainnya, dong.. Kesannya suka-suka tapi ada pemasukan.. ya, nggak sih.. 😁

    BalasHapus
  14. Aku baru merambah dunia blogger. Awalnya juga karna aku suka menulis, Mbak.

    BalasHapus
  15. Side hustle ini emang kece banget perannya, Mba. Saya pribadi menjadikan side hustle sebagai healing. Emang perlu banget ada di samping kerjaan utama. Klo urusan blogging saya juga pakai jasa sahabat hosting. Toss, Mba 😊

    BalasHapus
  16. Side hustle perlu ini. Bagus kalo dicoba. Sy sedikit nya sudah mengembangkan kebiasaan side hustle. Dan bermanfaat banget deh. Zamannya pandemi ini perlu langsung segera dilakukan. Karena sukses itu ada ditangan sendiri.

    BalasHapus
  17. Masyaa Allah menginspirasi sekali. Saya pun juga sedang belajar menekuni side hustle bidang kepenulisan nih.. bismillah..

    BalasHapus
  18. keren, mba Isti sudah bisa memiliki side hustle sejak di bangku sekolah, kreativ dan inovatif. saya juga mulai suka cari cari side hustle. bikin tambah pengalaman. thank you for sharing, mba.

    BalasHapus
  19. Aku baru tahu istilahnya Mba. Padahal hal-hal tersebut yang aku lakukan. Dasar aku kudet...hahaha. Terima kasih atas ulasannya ya Mba. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  20. Site hustle menarik sekali ya, hari gini semua bisa jadi cuan kata orang kreatif...

    BalasHapus
  21. penting banget sih buat emak-emak punya side hustle, selain untuk bantu suami juga untuk diri sendiri.

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah saya juga menjalani side hustle ini, baik dulu waktu masih bekerja apalagi sekarang yang emang pure kembali ke ranah domestik rumah tangga aja aka IRT, tetap menulis di blog juga untuk menghasilkan cuan sendiri :D

    BalasHapus
  23. side hustle ini menarik ya.. bisa dibilang hobi yang menghasilkan, bukan yg utama tapi menjanjikan

    BalasHapus
  24. saya untuk saat ini side hustle-nya masih dari dunia blogging sih. pengennya nanti bisa ketemu side hustle lain seperti dari berjualan online gitu

    BalasHapus
  25. Istilahnya sidw hustle ya? I did it too.. lumayan kalau gajian dari side hustle ini, kalau dikelola dengan baik bahkan bisa jadi main hustle ya?

    BalasHapus
  26. Artikelnya menarik.ternyata yang saya lakukan selama ini adalah side hustle.tapi makin kesini makin banyak tambahan sude hustle🤭.

    BalasHapus
  27. wah....penjelasan nya bermanfaat bgt mnak,awalnya q gak tahu side hustle itu untuk apa, klo bgni mah kudu ngencengin semangat lagi ya mbak. Ngomong2 cara kirim ke bebrapa side hustle itu gmn ya mbak?

    BalasHapus
  28. wa ternyata side hustlenya lebih banyak dari yang sy tahu sebelumnya, terima kasih infonya, jadi tercerahkan nih dan tambah semangat untuk ngeblog

    BalasHapus
  29. Saat ini, apa yang kujadikan side hustle kemarin menjadi pekerjaan utama. Ya gimana dong. Udah resign. Tapi, aku merasa bersyukur mempunyai side hustle saat bekerja dulu.

    BalasHapus
  30. Saya pun baru paham akan istilah ini. Artinya sebagai blogger saya juga punya side hustle ini ya mbak. Karena blogger merupakan pekerjaan sampingan saya.

    BalasHapus
  31. Awalnya side-hustle ini memang dilakukan untuk mengisi waktu luang. Namun kalau ditekuni dan banyak menghasilkan cuan, biasanya posisinya berjejer dengan pekerjaan utama. Hehe

    BalasHapus
  32. Baru ngeh dengan istide side hustle, ternyata itu pekerjaan sampingan yang sesuai dengan passionnya kita ya, di luar pekerjaan utama. Dan yah untuk saat ini saya merasa cukup dengan side hustle sebagai blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Upst saya sempat typo ya di sini maksud saya istilah. Paling enak memang kalau punya side hustle sesuai dengan passion atau hobinya kita.

      Hapus
  33. aku baru tahu juga nih istilah side hustle, oh pekerjaan sampingan yang bisa dapat pundi2. Aku setuju mbak, dengan menulis kita juga bisa dapat cuan kan hehe

    BalasHapus
  34. peluang side hustle kini makin luas mba, aku pun merasakan dampak dan manfaatnya, alhamdulillah, bisa nmbah saldo tabungan terus dengan side hustle yang diseriusi

    BalasHapus
  35. Betul bgt kaaak, pekerjaan yg bisa membuat kita mendapatkan penghasilan dan pengalaman yg lebih

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar. Bisa untuk dibagikan juga. Semoga bermanfaat.